x

2 Wonderkid Persipura Lolos Timnas Indonesia U-17 ke Jerman, Titisan Boaz Dicoret

Jumat, 22 September 2023 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Reno Salampessy, putra legenda Persipura, Ricardo Salampessy, lolos seleksi timnas indonesia U-17 dan mengikuti TC di Jerman.

INDOSPORT.COM - Dua wonderkid Persipura Jayapura lolos seleksi timnas Indonesia U-17 dan mengikuti pemusatan latihan di Jerman, tetapi titisan Boaz Solossa dicoret.

PSSI merilis daftar pemain yang lolos seleksi timnas Indonesia U-17 dan akan menjalani TC di Jerman. Dua dari 28 pemain terpilih adalah Reno Salampessy dan Tonci Shouter Ramandei.

Baca Juga

Kedua pemain tersebut merupakan jebolan Persipura Jayapura di turnamen Nusantara Open U-16 2022. Bakat mereka terus dipantau oleh pelatih Bima Sakti.

Setelah melalui serangkaian seleksi, Reno Salampessy dan Tonci Ramandei terpilih dalam skuat timnas Indonesia U-17 yang menjalani pemusatan latihan di Jerman. Agenda ini adalah persiapan akhir menjelang Piala Dunia U-17 2023.

"Sebanyak 28 pemain timnas Indonesia U-17 jalani pemusatan latihan di Jerman sebagai persiapan Piala Dunia U-17," tertulis di akun Instagram timnas Indonesia, Rabu (20/9/23).

Rombongan timnas Indonesia U-17 sudah tiba di Jerman pada Senin (18/9/23). Skuat Garuda Muda akan menjalani pemusatan latihan di Negeri Der Panzer hingga 23 Oktober mendatang.

Baca Juga

Reno Salampessy dkk akan latihan di markas Borussia Monchengladbach dan Borussia Dortmund. Mereka juga akan jalani enam laga uji coba melawan tim usia muda.

Selain Reno Salampessy dan Tonci Ramandei, Persipura sebenarnya sempat mengirimkan beberapa pemain lagi untuk seleksi Timnas U-17, tetapi tereliminasi.

Salah satu pemain yang dicoret Bima Sakti adalah Thobias Solossa, anak dari legenda Persipura Ortizan Solossa, alias keponakan dari eks striker langganan timnas Indonesia, Boaz Solossa.

Baca Juga

1. Thobias Ikuti Jejak Boaz Solossa

Thobias Solossa, keponakan Boaz Solossa yang merintis karier jadi pesepak bola profesional (Foto: IG @photosport89 / IG @junior_solossa)

Thobias Junior Solossa masuk radar Bima Sakti untuk seleksi timnas Indonesia U-17 jelang Piala Dunia U-17 2023. Ia tampil gemilang di ajang Garuda International Cup U-17.

Menyebut nama Solossa, tentu banyak yang terkenang akan striker haus gol asal Papua, Boaz Solossa, yang harumkan Timnas Indonesia di berbagai ajang internasional.

Baca Juga

Boaz memiliki kakak yang juga merupakan seorang pesepak bola, Ortizan Solossa. Ia pernah bermain untuk Persipura Jayapura, PSM Makassar, Persija Jakarta, Arema, dll.

Kini, anak Ortizan Solossa, yakni Thobias Solossa juga mengikuti jejak keluarganya menjadi pesepak bola profesional.

Namun, alih-alih mengikuti jejak ayahnya sebagai bek sayap, Thobias Solossa justru ingin mengikuti jejak pamannya, yakni Boaz Solossa, untuk menjadi striker haus gol.

Sayangnya, Thobias Solossa dicoret saat seleksi timnas Indonesia U-17. Namanya tidak masuk dalam skuad Garuda yang berangkat ke Jerman untuk pemusatan latihan.

Baca Juga

Ketika nama Thobias hilang dari skuat timnas Indonesia U-17, klub Liga 2 Persipura Jayapura akhirnya merangkul kembali pemain berusia 17 tahun itu.

Thobias Solossa masuk dalam daftar pemain Persipura Jayapura di Liga 2 2023/24 yang baru saja bergulir kembali. Padahal, Thobias terbilang cukup muda untuk kompetisi ini.

Meski meneruskan posisi Boaz Solossa sebagai juru gedor tim, namun Thobias mengaku tidak terlalu banyak mendapat masukan dari legenda Timnas Indonesia itu.

"Kalau nasihat dari Paman (Boaz) tak terlalu banyak. Kalau nasihat Papa (Ortizan), selalu bilang kepada saya untuk ingat Tuhan," kata Thobias Junior Solossa beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Boaz SolossaPersipura JayapuraTimnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaOrtizan SolossaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini