x

Bedah XI Terbaik Liverpool Era Premier League Versi Artificial Intelligence

Minggu, 24 September 2023 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Siapa saja yang masuk XI terbaik Liverpool versi AI? Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, memiliki seabrek pemain legendaris yang layak berada di XI terbaik mereka sepanjang era Premier League.

Jika biasanya best XI dipilih oleh pandit atau siapa pun penggiat sepak bola di muka bumi ini, kira-kira siapa saja ya yang bakal dipilih oleh Artificial Intelligence alias AI?

Salah satu percobaan pun sempat dilakukan Mirror Football yang ternyata menghasilkan sejumlah nama menarik, termasuk mereka yang berada di skuad Jurgen Klopp saat ini.

Seperti diwartakan Mirror, kesebelas nama tersebut adalah Alisson; Alexander-Arnold, Carragher, Hyypia, Robertson; Gerrard, Alonso, Henderson; Salah, Suarez, Mane.

Tentu saja, tidak mudah memilih sebelas pemain hebat dari daftar sepanjang masa Liverpool di Premier League yang sudah disinggahi oleh banyak pesepak bola jempolan.

Namun sebelas nama di atas terlihat cukup mumpuni, apalagi ada nama Alisson Becker yang layak menjadi salah satu kiper terbaik The Reds.

Baca Juga

Ia pun mengungguli nama-nama seperti Pepe Reina, bahkan Loris Karius yang fenomenal. Tidak mudah memang, untuk menyaingi Alisson jika membahas kiper terbaik The Reds era Premier League.

Alisson mendarat dari AS Roma pada 2016, dan selama perjalanannya bersama The Reds ia memegang peran penting dalam skuad Jurgen Klopp yang panen gelar juara.

Lalu untuk posisi bek ada Trent Alexander-Arnold, Jamie Carragher, Sami Hyypia, dan Andy Robertson. Ya, ada satu nama yang mungkin dipertanyakan di sini.

Siapa lagi kalau bukan Virgil van Dijk, bek tengah Liverpool yang tidak kalah penting perannya dari Alisson dalam menjaga pertahanan tim.

Baca Juga

Hanya saja, menurut laporan yang dimuat pada laman Mirror, statistik Virgil van Dijk masih kalah dari nama-nama lainnya sehingga ia tidak berada di daftar.

Alih-alih Virgil van Dijk, pos bek tengah Liverpool ditempati oleh dua sosok legendaris, Jamie Carragher dan Sami Hyypia.

Trent Alexander-Arnold, seperti biasa, merupakan pemain andalan di sektor bek kanan. Ia ternyata tidak kehilangan posisi ini.

Begitu pula Andy Robertson. Keduanya merupakan bagian skuad Liverpool saat ini yang turut mencicipi kesuksesan bersama Jurgen Klopp.

Baca Juga

1. Steven Gerrard Wajib Ada

Steven Gerrard tidak boleh luput dari XI terbaik Liverpool era Premier League. Foto: REUTERS/Hannah Mckay.

Beralih ke para gelandang. Tentu saja, AI tidak akan menyingkirkan nama-nama besar seperti Steven Gerrard, Jordan Henderson, dan Xabi Alonso.

Dua nama pertama, bahkan pernah menjadi kapten tim secara beruntun dan mengakhiri kariernya bersama Liverpool dengan nama besar di pundaknya.

Jangankan versi AI, siapa pun yang diminta memilih anggota untuk XI terbaik Liverpool sepanjang masa pasti akan memilih Steven Gerrard.

Selain kualitas teknis yang jempolan sebagai gelandang, Steven Gerrard juga sosok pemimpin di skuad Liverpool yang tidak ada duanya.

Selain itu, ia juga berada di enam besar daftar top skor Liverpool sepanjang masa dengan 186 gol dari 710 pertandingan.

Sepanjang kariernya bersama Liverpool, Steven Gerrard juga mencatat 57.603 menit bermain dan kini berstatus legenda klub.

Baca Juga

Bersamanya dulu, ada Xabi Alonso yang juga layak menyandang status legenda. Keduanya pernah bekerja sama dengan sangat baik di lapangan tengah Liverpool.

Untuk itulah, rasanya akan sangat sayang apabila mereka tidak dimainkan bersama lagi di starting XI terbaik Liverpool sepanjang masa. AI saja paham.

Kemudian, untuk melengkapi kombinasi di sektor gelandang, Steven Gerrard dan Xabi Alonso bakal ditemani oleh kapten fantastik lainnya, Jordan Henderson.

Jordan Henderson sejauh ini sudah melakukan tugasnya dengan baik sebagai kapten suksesor Steven Gerrard.

Baca Juga

Ia meninggalkan Liverpool dengan nama besar dan seabrek gelar dalam genggaman. Kini, Jordan Henderson dan Steven Gerrard bereuni di Al Ettifaq.

Di pos penyerang, Mohamed Salah nampaknya belum bisa tergantikan. Ia merupakan salah satu yang terbaik di Liverpool sepanjang era Premier League berlangsung.

Selain menyabet Golden Boot Liga Inggris dan memecahkan banyak rekor, ia juga menyalip Steven Gerrard di daftar top skor Liverpool sepanjang masa.

Sementara itu, Luis Suarez akan menjadi predator gol yang tidak kalah ganas, meski perangainya sempat sangat kontroversial kala berseragam Liverpool. Ia bahkan dikenal suka menggigit orang.

XI terbaik Liverpool versi AI pun dilengkapi dengan Sadio Mane, yang secara statistik untuk sekarang masih unggul di atas Luis Diaz.

Fernando Torres? Sayangnya dia tidak termasuk di daftar ini.

Baca Juga
LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisIndepth

Berita Terkini