x

Federico Gatti, Suksesor Chiellini dengan Gol Bunuh Diri Fenomenal di Juventus

Minggu, 24 September 2023 12:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Federico Gatti dan Weston McKennie di laga Sassuolo vs Juventus, Sabtu (24/09/23). Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

INDOSPORT.COM - Federico Gatti, yang katanya penerus Giorgio Chiellini, tengah jadi bulan-bulanan usai mencetak gol bunuh diri di laga Serie A Liga Italia antara Sassuolo vs Juventus, Sabtu (23/09/23).

Di laga tersebut, Juventus menuai kekalahan 2-4 salah satunya berkat gol bunuh diri Federico Gatti yang terjadi saat detik-detik terakhir.

Baca Juga

Dengan demikian, Juventus pun mencatatkan kekalahan perdanannya musim ini setelah tampil di lima pertandingan Serie A 2023/2024.

Mereka kini bertengger di peringkat 4 klasemen sementara dengan raihan 10 poin, sedangkan Sassuolo terdampar di peringkat 11 dengan 6 poin.

Meski masih berada di 4 besar, Juventus tidak bisa lepas dari fakta bahwa gol Federico Gatti semalam terlihat begitu menggelikan dan memalukan untuk dilihat.

Semua berawal dari umpan yang dikirim kiper Juventus, Wojciech Szczesny, saat kedudukan di papan skor masih bertuliskan 3-2 untuk keunggulan Sassuolo.

Baca Juga

Bola yang sampai ke kaki Federico Gatti pun dikembalikan ke Wojciech Szczesny karena saat itu Juventus sedang ditekan dan terancam oleh pemain lawan.

Namun nahas, bola yang niatnya dikembalikan Federico Gatti malah masuk ke gawang sendiri karena posisi Wojciech Szczesny yang masih cukup jauh.

Bola yang ditendang Federico Gatti menggelinding begitu saja, membuatnya dan Wojciech Szczesny hanya bisa terdiam tanpa bisa berkata-kata.

Bahkan yang membuatnya lebih fenomenal lagi, gol bunuh diri Federico Gatti tersebut diciptakan dengan fenomena no look alias tanpa melihat sama sekali.

Setelah pertandingan, video terkait blunder Federico Gatti itu pun sempat viral di media sosial. Tidak sedikit warganet yang mengejek aksi sang pemain.

Bukan tidak mungkin, blunder kocak ini nantinya bisa dinobatkan sebagai gol bunuh diri Juventus paling epic sepanjang masa!

Baca Juga

1. Tentang Federico Gatti

Federico Gatti dan Weston McKennie di laga Sassuolo vs Juventus, Sabtu (24/09/23). Foto: REUTERS/Alberto Lingria.

Federico Gatti merupakan bek berusia 25 tahun yang baru bergabung dengan Juventus pada 2022 lalu dari Frosinone.

Sebelumnya, ia hanya pernah bermain untuk klub-klub yang levelnya di bawah Juventus termasuk Verbania dan Pro Patria.

Ia melakoni laga debutnya untuk Juventus sekaligus di Serie A Liga Italia pada 31 Agustus 2022, di pertandingan kontra Spezia.

Sebelum viral gara-gara gol bunuh dirinya di laga menghadapi Sassuolo semalam, Federico Gatti juga sempat mencuri perhatian dengan kisah masa lalunya yang inspiratif.

Saat masih usia sekolah, Federico Gatti membantu ayahnya yang pada waktu itu baru saja kehilangan pekerjaan.

Ia pun bekerja sebagai pekerja konstruksi dan sudah harus bersiap-siap sejak pukul 4 pagi. Sore harinya, ia lanjut bermain sepak bola.

Baca Juga

“Saya bekerja sebagai tukang batu, pembuat jendela, dan memperbaiki atap,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Nicola Binda, jurnalis dari La Gazzetta dello Sport.

“Saya bangun saat subuh, saat cuaca dingin, itu sangat sulit. (Tapi) ayah saya berkorban banyak untuk kami dan saya harus membalasnya,” katanya lagi.

Namun kini masa-masa sulit tersebut sudah lewat. Federico Gatti sudah berada di salah satu klub papan atas Italia dan Eropa, Juventus.

Ia menjadi salah satu pemain dengan pengalaman yang sangat kaya di Liga Italia. Sebelum Serie A, ia sudah pernah bermain di Serie C dan D.

Baca Juga

Bahkan, tidak lama setelah mendarat di Juventus dahulu, bek kelahiran Rivoli ini sempat digadang-gadang sebagai calon penerus Giorgio Chiellini.

Giorgio Chiellini yang sempat mendengar hal tersebut pun tidak segan memberi restu agar Federico Gatti bisa menjadi suksesornya di Juventus.

Restu sang legenda itu pun kabarnya disampaikan langsung ke Federico Gatti saat keduanya bertemu secara tatap muka, sebagaimana diungkap oleh ayahnya.

“Ini dia penerus/keturunan saya!” ungkap ayah Federico Gatti saat menirukan ucapan Giorgio Chiellini, seperti diwartakan Tuttosport via ilBianconero.

Meski begitu, Federico Gatti nampaknya masih harus melalui perjalanan panjang untuk menjadi penerus Giorgio Chiellini.

Mungkin, dalam waktu dekat ia harus memperbaiki reputasinya terlebih dahulu, yang baru saja hancur gara-gara gol bunuh diri fenomenal di laga kontra Sassuolo semalam.

Baca Juga
JuventusSassuoloLiga ItaliaIndepthFederico Gatti

Berita Terkini