x

Pelatih Marian Mihail Ajukan Pengunduran Diri, Ada Apa dengan PSS Sleman?

Minggu, 24 September 2023 08:12 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih PSS Sleman, Marian Mihail.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari pelatih asal Rumania, Marian Mihail, yang mengajukan pengunduran diri ke PSS Sleman. Laga pekan ke-13 Liga 1 Indonesia 2023/24 kontra Madura United, Minggu (24/9/23), menjadi penutupnya.

Mihail merupakan sosok berpengalaman di Rumania. Ia mencoba berkarier di Indonesia setelah menjelajah dunia sebagai pelatih profesional.

Baca Juga

PSS menjadi tim pilihannya. Meski awalnya kurang meyakinkan, sentuhan Mihail belakangan mulai terasa dengan perolehan 17 poin dari 12 laga, sekaligus membuka kans bersaing di papan atas Liga 1.

Namun, Mihail merasa perjalanannya sudah harus diakhiri. Ada rentetan situasi yang membuatnya mengajukan pengunduran diri ke manajemen tim Elang Jawa.

Hal ini disampaikan Mihail jelang laga melawan Madura United di Stadion Maguwoharjo. Dia telah mengutus perwakilan untuk menyampaikan pesan ke manajemen PSS.

"Saya sudah menyampaikan ke pemain bahwa saya memberitahu perwakilan saya untuk meminta manajemen mengakhiri kontrak saya," ujar Marian  Mihail dalam sesi jumpa pers, Sabu (23/9/23).

Baca Juga

"Mungkin hari ini adalah latihan terakhir dan besok adalah pertandingan terakhir. Sungguh perjalanan yang baik. Saya meninggalkan pondasi yang baik untuk tim ini," lanjutnya.

Perlakuan suporter diyakini menjadi alasan utama Marian Mihail berniat hengkang dari Sleman. Dia pernah didatangi oknum suporter saat sedang jumpa pers di ruang media dalam pramusim lalu.

Kemudian, beberapa oknum suporter juga sempat turun ke lapangan usai kekalahan atas Persija Jakarta. Kekalahan menyakitkan atas Borneo FC membuatnya dikritik lagi.

"Saya tidak ingin menjadi bagian dari situasi tidak baik dari fans, karena fans tidak pernah mendukung saya, tidak pernah menerima cara saya melatih," tutur Mihail.

"Itulah mengapa, di mana pun saya bekerja, saya selalu senang dan memberikan kemampuan yang saya miliki dengan seluruh hati saya," cetusnya.

Baca Juga

Turunkan Ridwan

Salah satu kritikan suporter meyasar kebijakan Mihail selalu menurunkan Anthony Pinthus. Padahal, kiper asal Filipina itu beberapa kali membuat kesalahan fatal.

Marian Mihail sudah memastikan bahwa Ridwan akan tampil melawan Madura United. Begitu juga dengan Todd Rivaldo Ferre yang juga disuarakan para suporter.

Namun, Mihail menegaskan hal itu tak ada hubungannya dengan desakan suporter. Dia dengan tegas menyebut tidak selalu menerima permintaan dari suporter.

"Masalah ini yang cukup sensitif. Yang jelas saya tidak bisa selalu mengikuti perkataan fans, karena fans terkadang tidak tahu apa yang terjadi di lapangan. Tapi terkadang saya juga mendengarkan apa yang fans katakan," ungkap Mihail.

Baca Juga

"Saya mengira Ridwan sudah siap dimainkan. Saya sudah berdiskusi dengan kapten Kim (Kurniawan), untuk kemungkinan Ridwan bisa tampil, tapi ini bukan karena fans berkata Ridwan harus bermain, tapi karena memang dia layak dimainkan dan berpengalaman," tandasnya.

Manajemen PSS Sleman belum memberikan respons setelah sesi jumpa pers tersebut. Namun dari sumber INDOSPORT, belum ada ketok palu terkait pengunduran diri Marian Mihail.

Kemungkinan besar keputusan akan diumumkan setelah laga melawan Madura United. Saat ini, PSS menduduki posisi yang lebih baik dari dua musim terakhir.

Koleksi 17 poin sangat memungkinkan PSS Sleman naik ke posisi atas lagi karena selisih poin sangat mepet. Mereka hanya berjarak tiga poin saja dari Barito Putera yang ada di peringkat ke-6 klasemen sementara Liga 1 2023/24.

Baca Juga
PSS SlemanMadura United FCLiga 1Marian MihailBola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini