x

Statistik Gila Yunus Musah, Buah Transformasi Nekat Pioli Dibalik Kemenangan AC Milan

Senin, 25 September 2023 15:33 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pemain baru AC Milan, Yunus Musah, selepas debut Liga Champions menghadapi Newcastle United.

INDOSPORT.COM Yunus Musah tampil apik saat mengambil alih posisi bek sayap AC Milan dalam laga teranyar Rossoneri di Liga Italia 23/24.

Bertanding di San Siro pada Sabtu (23/09/2023) lalu, AC Milan sebagai tuan rumah berhasil amankan poin penuh saat menjamu Verona dalman lanjutan pekan kelima Liga Italia.

Baca Juga

Setelah telan kekalahan telak 5-1 dari Inter Milan di giornata sebelumnya, AC Milan sukses kembali ke jalur kemenangan dengan tumbangkan Verona 1-0.

Gol semata wayang AC Milan di pertandingan tersebut dicetak oleh Rafael Leao pada menit ke-8’ usai memaksimalkan umpan Olivier Giroud.

Dengan kemenangan ini, AC Milan tetap bertahan di peringkat kedua klasemen Liga Italia lewat torehan 12 poin.

Sedangkan Verona melorot ke urutan 10 usai hanya mengoleksi 7 angka. Mereka hanya terpaut empat poin dari Udinese yang menghuni zona degradasi.

Baca Juga

Terlepas dari kemenangan tipis yang diraih AC Milan, ada satu pemain yang tampil apik dan jadi kunci keberhasilan Rossoneri bisa amankan poin penuh.

Adalah Yunus Musah yang mampu membuktikan kapasitasnya sebagai gelandang serba bisa, bahkan sukses menjalankan peran sebagai bek sayap yang cukup jarang ia mainkan.

Dalam laga menghadapi Verona kemarin, pelatih Stefano Pioli melakukan perubahan cukup drastis di skema permainannya.

Pioli yang sangat paten menggunakan formasi 4-2-3-1, berani ambil resiko dengan menerapkan skema 3-4-3 kontra I Gialloblu.

Baca Juga

1. Nekat Pasang Yunus Musah di Bek

Marco Sportiello (kanan), memberikan apresiasi bersama rekannya selepas laga AC Milan vs Newcastle di Liga Champions, Selasa (19/09/23).

Jika melihat dari komposisi skuat yang ada saat ini, AC Milan memang bisa bermain dengan taktik tiga bek tersebut.

Namun yang jadi sorotan adalah pemilihan starting Pioli, di mana sang pelatih lebih mempercayai Yunus Musah sebagai bek sayap kanan.

Baca Juga

Padahal untuk bek kanan, AC Milan masih punya Davide Calabria yang kondisinya fit dan lebih berpengalaman di posisi tersebut.

Sementara Yunus Musah dalam kariernya hanya sekali bermain sebagai bek sayap, dan itupun cuma 15 menit ketika masih memperkuat Valencia musim 21/22 lalu.

Meski baru kali pertama memainkan peran wingback sejak awal laga, Yunus Musah tak terlihat gugup ataupun mati kutu ketika menghadapi Verona kemarin.

Justru sebaliknya, Yunus Musah begitu cair baik dalam mengantisipasi serangan lawan maupun melakukan overlap untuk membantu build up.

Baca Juga

Melansir dari laman Sofascore, disebutkan bahwa Yunus Musah punya sisi kreativitas serta agresivitas menyerang yang sangat baik.

Selama 90 menit di lapangan, pemain asal Amerika Serikat tersebut melakukan 67 sentuhan bola, serta lepaskan 39 umpan dengan tingkat akurasi mencapai 87%.

Walau posisi bermainnya cenderung lebih kedalam, namun Yunus Musah tetap bisa lepaskan satu keypass dan satu crossing akurat.

Statistik tersebut bahkan lebih baik ketimbang Pulisic yang posisinya adalah winger kanan utama AC Milan di laga kemarin.

Tercatat, Pulisic tak sekalipun ciptakan umpan kunci serta crossing-crossing akurat yang bisa memanjakan ujung tombak AC Milan untuk mencetak gol.

Baca Juga

2. Senjata Baru AC Milan

Pemain baru AC Milan, Yunus Musah, selepas debut Liga Champions menghadapi Newcastle United.

Sebagai seorang bek, Yunus Musah juga punya catatan defensif yang baik saat menghadapi Verona.

Masih dari Sofascore, diketahui bahwa Yunus Musah berhasil melakukan dua kali intersep serta lima kali tekel.

Dirinya juga mampu tujuh kali menang saat ground duels dan sekali menang kala berduel di udara (aerials duels).

Berbekal dari statistik tersebut, Yunus Musah bisa jadi opsi alternatif AC Milan jika mereka ingin bermain menyerang dan memaksimalkan crossing-crossing dari sisi sayap.

Selain itu dengan bekal atribut defensive yang mumpuni, membuat AC Milan punya banyak opsi jika salah satu bek sayap mereka harus absen akibat cedera.

AC MilanHellas VeronaLiga ItaliaYunus Musah

Berita Terkini