x

Timnas Vietnam Jadi 'Badut' Usai Kandas di Asian Games, Kualat ke Park Hang-seo?

Senin, 25 September 2023 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pertandingan antara Vietnam U-23 vs Timnas Indonesia U-23 pada Laga final Piala AFF U-23. Para pemain Vietnam kemudian berjuang di Asian Games 2022. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Vietnam jadi bulan-bulanan di media sosial setelah kandas di babak penyisihan grup Asian Games 2022, sehingga dianggap kualat ke Park Hang-seo.

Timnas Indonesia lolos penyisihan Grup F Asian Games 2022 meski kandas di tangan Chinese Taipei dan Korea Utara, walau harus menghuni peringkat ketiga di klasemen akhir.

Baca Juga

Beda nasib dengan Vietnam yang selama ini menjadi kiblat sepak bola Asia Tenggara, The Golden Stars justru kandas di penyisihan grup usai dipermalukan Iran dan Arab Saudi. 

Vietnam sebenarnya sempat menang besar 4-2 atas Mongolia, tetapi ketika menghadapi tim asal Timur Tengah, skuad besutan Hoang Ahn Tuan justru melempem.

Vietnam kandas dengan skor 0-4 tanpa balas saat menghadapi Iran, kemudian kalah 1-3 saat berjumpa Arab Saudi. Total 9 gol bersarang ke gawang Vietnam.

Hasil ini membuat Vietnam finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup B dengan koleksi 3 poin, capaian yang sama dengan Timnas Indonesia. 

Baca Juga

Beruntung bagi Timnas Indonesia, meski hanya meraih satu kemenangan dan dapat 3 poin, tetapi skuad besutan Indra Sjafri tidak banyak kebobolan, hanya 2 gol saja.

Hasil ini membuat Timnas Vietnam menjadi bulan-bulanan di media sosial. Banyak yang menganggap bahwa The Golden Stars kualat setelah melepas pelatih Park Hang-seo.

Namun, ada pro kontra yang terjadi, karena sebenarnya Vietnam tidak menurunkan skuad utama. Mereka menurunkan skuad U-20 yang belum sepadan dengan lawan-lawannya.

Baca Juga

1. Pro Kontra Vietnam di Asian Games 2022

Pertandingan antara Vietnam U-23 vs Timnas Indonesia U-23 di final Piala AFF U-23. (Foto: PSSI)

Lewat unggahan akun media sosial Instagram @asean.football, banyak kritik pedas hingga komentar bernada bullying yang dilayangkan kepada Timnas Vietnam di Asian Games 2022.

Banyak yang mengaku rindu sentuhan Park Hang-seo, eks pelatih Timnas Vietnam asal Korea Selatan yang sebelumnya sukses membawa The Golden Stars lolos ke semifinal Asian Games 2018 di Indonesia.

Baca Juga

"Karma media Vietnam bilang Indonesia nggak bakal lolos, eh negaranya sendiri yang gag lolos," komentar dari akun IG @fardiz***.

"Vietnam dan Indonesia tanpa Park Hang-seo dan Shin Tae-yong hanya sekelas Laos sama Timor Leste," ledek pemilik akun @rafi.ga***.

"Nguyen tanpa Park Hang-seo hanya sekelas Brunei," balas akun Instagram @freshwa***.

"Wkwk mampus semifinalis Asian Games 2018, eramu bukan Park Hang-seo lagi," komentar dari @guntu*** dengan emoticon tertawa.

Baca Juga

Namun, banyak pula yang membela Vietnam karena menurunkan pemain U-20 dan berada di grup neraka. Sementara Timnas Indonesia berada di grup yang lebih mudah.

"Netizen Indonesia ngejek Vietnam, mereka lupa kalau ini skuat yang didominasi U-20, dan grup Vietnam ini lebih berat ketimbang Indonesia, bahkan mereka mainnya lebih bagus," komentar akun @everybod***.

"Vietnam jauh lebih siap, dari jauh hari kumpulin skuat mereka walau U-20. Lah kita? Sekali manggil langsung ke China," komentar lainnya dari akun @dimas_sa***.

Cabor sepak bola Asian Games 2022 telah mencapai babak 16 besar. Saat ini Timnas Indonesia masih menunggu calon lawannya, antara Uzbekistan atau Hong Kong.

Baca Juga
Asian GamesVietnamBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoBerita Timnas IndonesiaAsian Games 2022Timnas Indonesia U-24

Berita Terkini