x

Ulangi Kesalahan vs Korea Utara Berujung Kalah, Indra Sjafri Bela Pemain Timnas U-24

Senin, 25 September 2023 17:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Starting eleven Timnas Indonesia U-24 saat menghadapi Chinese Taipe pada laga kedua fase grup F Asian Games 2022, Kamis (21/09/23).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-24, Indra Sjafri mengatakan para pemain sudah memberikan penampilan maksimal saat kalah 0-1 lawan Korea Utara di laga terakhir Grup F Asian Games 2022, Minggu (24/09/23).

Timnas Indonesia U-24 kebobolan menit ke-40 melalui aksi Kim Yusong. Gol itu terjadi setelah ada kemelut di depan gawang pasca situasi sepak pojok.

Baca Juga

Menurut Indra Sjafri, gol tersebut seharusnya bisa dicegah karena sudah ada evaluasi yang dilakukan semua pemain dan tim pelatih.

Namun di dalam lapangan, Rizky Ridho dan kawan-kawan masih saja mudah kehilangan konsentrasi jelang akhir babak pertama.

“Pertandingan terakhir fase grup, pemain sudah kerja maksimal, dimana kami satu kali menang dan dua kalah,” buka Indra Sjafri.

“Buat laga hari ini (vs Korea Utara) apa yang kami rancang atau game plan sudah memenuhi keinginan dan berjalan baik, sama kaya laga Kirgistan, tapi kami lalai di bola servis, ada corner yang seharusnya tak jadi gol,” tambahnya.

Baca Juga

Lanjut Indra Sjari, kesalahan ini hampir sama ketika pertandingan pertama melawan Kirgistan. Meski begitu, Timnas U-24 saat ini mampu menang dengan skor 2-0.

“Itu kesalahan yang sama seperti saat lawan Kirgistan dan tetap terjadi, di sepak bola sering terjadi. Tapi secara pertandingan saya apresiasi pemain,” ucap pelatih 60 tahun itu.

Timnas U-24 telah menyelesaikan babak penyisihan Grup F Asian Games 2022. Tim Merah Putih meraih sekali kemenangan atas Kirgistan (2-0) dan dua kali kalah dari Taiwan (0-1) serta Korea Utara (0-1).

Hasil tersebut mendapat banyak kritik dari penggemar terutama di media sosial, karena Timnas U-24 seharusnya bisa tampil lebih baik. Pemainan skuad Garuda disebut berantakan, padahal dihuni para pemain yang sering jadi starter di klub.

Baca Juga

1. Sudah Berjuang Keras

Timnas Indonesia U-24 jelang duel kontra Kirgistan di grup F Asian Games 2022 (19/09/23). (Foto: Naif Al'as/NOC Indonesia)

Menanggapi kesalahan para pemainnya, Indra Sjafri memberikan pembelaan. Dia mengatakan 20 pemain yang dibawa ke Asian Games 2022 sudah berjuang habis-habisan.

Secara hasil, memang kurang memuaskan karena masih ada kesalahan yang terjadi. Indra Sjafri menegaskan, hal hal itu tidak boleh terjadi lagi saat jalani pertandingan selanjutnya.

Baca Juga

“Kesalahan seperti ini karena tim baru gabung tiga hari. Saya yakin kalau ada pertandingan lagi, kami akan lebih baik saya,” ujarnya.

“Saya apresiasi kinerja para pemain dari tiga kali pertandingan. Ada hal yang harus diperbaiki dan itu jadi catatan,” imbuh pelatih asal Sumatera Barat itu.

“Tim yang datang ke sini sudah berjuang dengan baik, kami lakukan apapun untuk dapatkan hasil terbaik, tapi hasilnya sekali menang dan dua kali kalah,” tuntas Indra Sjafri.

Baca Juga

Meski hanya tempati urutan ketiga Grup F, Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022, sebagai peringkat tiga terbaik.

Di babak 16 besar nanti, Indonesia diperkirakan akan melawan Uzbekistan, laga itu digelar pada 28 September mendatang.

Indra SjafriKorea UtaraAsian Games 2022Timnas Indonesia U-24