x

Kiprah Pemain Pinjaman Arema FC di Liga 2, Siapa Layak Dipulangkan?

Rabu, 27 September 2023 14:11 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Arema FC meminjamkan Tito Hamzah (kiri) ke Deltras Sidoarjo untuk Liga 2 musim 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Arema FC menjalani start kurang mulus pada Liga 1 Indonesia 2023/24. Melakoni 13 laga kompetisi, Arema baru meraup 10 poin dan berada di urutan 16 klasemen.

Salah satu faktornya, adalah pergantian pelatih di tengah jalan. Fernando Valente kini menjabat sebagai head coach menggantikan duet Joko Susilo dan I Putu Gede.

Faktor lainnya, adalah perombakan skuat yang dilakukan jelang kick-off Liga 1 bergulir. Tim berjulukan Singo Edan secara dramatis meminjamkan 9 pemainnya ke klub Liga 2.

Dan setelah Liga 2 berjalan 3 pekan, bagaimana kiprah para pemain pinjaman Arema FC? Siapa yang layak dipulangkan pada transfer window periode kedua mendatang?

Baca Juga

Fardan Harahap

Bek kiri berusia 23 tahun ini bisa jadi solusi tepat seiring cederanya Johan Ahmat Farizi. Padahal, sejatinya Fardan diplot sejak awal melapis kapten tim Arema FC itu.

Namun, Arema FC harus melepas pemain kelahiran Serdang Bedagai itu bersama bek tangguh, Joko Susilo ke klub sebelumnya, PSMS Medan jelang Liga 2 bergulir.

"Ada perjanjian antara kedua klub. Semacam klausul khusus untuk dua pemain ini," ucap Manajer Arema FC, Rabu (21/6/23) lalu.

Musim ini, Fardan Harahap kembali jadi tumpuan dalam 2 laga PSMS Medan di Liga 2. Sayang, Tim Ayam Kinantan belum meraih kemenangan setelah 2 kali imbang.

Baca Juga

Tito Hamzah

Arema FC juga patut mempertimbangkan pemain berusia 21 tahun ini setelah tampil taktis dalam masa peminjaman bersama Kevin Armedyah di Sada Sumut FC.

Tito sukses mencetak 1 gol ketika timnya menahan imbang PSMS Medan 1-1. Dia juga tampil saat Sada Sumut FC dikalahkan Sriwijaya FC 0-2.

Kebutuhan untuk menambah lini serang bisa jadi pertimbangan Fernando Valente memulangkan Arek Malang asli yang juga produk akademi klub ini.

Namun, kans Tito untuk pulang ke Malang terbilang tipis. Lantaran posisi winger Tim Singo Edan masih mumpuni untuk bersaing di Liga 1.

Baca Juga

Gufroni Al Maruf

Fernando Valente juga memikirkan kembali untuk memulangkan winger berusia 26 tahun ini. Kendati sejauh ini, perannya belum terlihat di Persikab Bandung.

Gufroni sendiri harus dipinjamkan ke Persikab lantaran penuhnya posisi winger di Arema FC. Diantaranya Dedik Setiawan, Dendi Santoso hingga Charles Lokoli Ngoy.

Eks pemain Dewa United itu baru tampil dalam 1 laga ketika Persikab menahan imbang 0-0 Nusantara United. Saat ini, timnya masih di papan bawah Grup 2 dengan 1 poin.

Baca Juga

Rendra Teddy

Sejauh ini, baru Rendra Teddy yang menjalani kiprah cemerlang dalam masa peminjaman ke klub Liga 2. Dia berkontribusi besar untuk Deltras FC.

Bek berusia 27 tahun ini mengantar The Lobster menduduki posisi runner-up klasemen Grup 3 dengan 5 poin. Deltras FC pun tak terkalahkan dalam 3 laga awal.

Perannya juga krusial di tim asuhan Widodo Cahyono Putro. Dia turut menyumbang gol dalam kemenangan 2-1 atas Gresik United pekan lalu.

Kepulangannya bakal menutup problem Arema FC di sektor pertahanan. Namun peluangnya bisa fifty-fifty, mengingat dia juga menjabat sebagai kapten tim Deltras.

Alasan Arema FC merekrutnya pada awal musim juga tak lepas dari kematangannya di pentas Liga 2. Sebelumnya, dia bermain untuk Putra Delta Sidoarjo, Blitar United dan PSMP Mojokerto.

Baca Juga
Bursa TransferLiga IndonesiaArema FCLiga 1Liga 2Fernando Valente

Berita Terkini