x

Respons Mikel Arteta Usai Arsenal Dikaitkan dengan Ivan Toney, Bakal Angkut?

Kamis, 28 September 2023 04:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ivan Toney, striker Brentford. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

INDOSPORT.COM - Arsenal mengarungi 6 pekan awal Liga Inggris (Premier League) dengan start mulus setelah berada di posisi 5 besar klasemen dengan mengoleksi 14 angka.

The Gunners membuktikan diri layak bersaing kembali di jalur juara Liga Inggris dengan status tak terkalahkan, meraih 4 kali kemenangan, 2 kali imbang dan belum terkalahkan.

Baca Juga

Namun, banyak pengamat EPL bilang bahwa lini serang Arsenal kurang tokcer. Buktinya, Arsenal hanya melesakkan 11 gol dari 5 laga EPL.

Statistik ini paling minim dibandingkan tim-tim penghuni big 5 klasemen EPL. Bahkan, Brighton Hove & Albion jadi tim terproduktif dengan lesakan 18 gol di peringkat 3.

Situasi ini lantas memunculkan isu yang menyebut Arsenal segera berbelanja lagi pada bursa transfer musim dingin, Januari 2024 mendatang.

Salah satu pemain yang kini dikaitkan adalah Ivan Toney. Striker Timnas Inggris yang bermain untuk Brentford itu disebut sebagai opsi yang tepat untuk lini serang Arsenal.

Baca Juga

"Mereka butuh penyerang tengah (target man). Hanya Ivan Toney yang tersedia pada Januari," tutur Paul Merson dalam kolomnya di Sky Sports Selasa (26/9/23).

Indikasi itu tercermin dari bagaimana statistik para striker Arsenal musim ini. Dari 6 striker yang dimiliki, baru 4 pemain yang mencetak gol di EPL.

Bukayo Saka menjadi top skorer tim dengan 3 gol disusul Gabriel Nketieh (2 gol). Sedangkan  Gabriel Jesus dan Trossard menyumbangkan 1 gol. 

"Tidak banyak striker murni di dunia. Pemain di posisi ini tergolong langka. Dan (Ivan) Toney adalah pemain yang bagus," imbuh Paul Merson.

Baca Juga

1. Jawaban Arteta

Mikel Arteta saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool

Mikel Arteta langsung menjawab guliran isu ini secara lugas jelang pertemuan Arsenal kontra Brentford, klub pemilik Ivan Toney pada Piala Liga Inggris.

Juru taktik Arsenal kebangsaan Spanyol itu dengan tegas mengatakan bahwa dia belum memikirkan satu pun rencana transfer pada Januari 2024 mendatang.

Baca Juga

Termasuk salah satunya isu yang mengaitkan The Gunners tepat untuk mendatangkan Ivan Toney. Kebutuhan lini serang masih tertutup untuk timnya.

"Kami sama sekali belum memikirkan itu (rencana terjun di bursa transfer musim dingin)," cetus Arteta seperti dilansir Sky Sports.

Dia juga menjawab perihal sumbangsih para strikernya yang mencetak 7 dari 11 gol di EPL musim ini. Arteta lebih membela keberadaan anak asuhnya saat ini.

Baca Juga

"Ada berbagai cara untuk mencetak gol (tidak hanya striker). Kendati kami seharusnya lebih produktif melalui beberapa peluang gol," imbuh dia.

Di sisi lain, dia tak memungkiri sepak terjang Ivan Toney. Striker Brentford itu mencetak 32 gol di EPL 2 musim terakhir, belum termasuk 33 gol di Championship (2020-2021).

"Ketika Anda melihat Harry Kane, (Erling) Haaland, Ivan Toney dan Mitrovic, Anda punya contoh pemain yang bisa mencetak banyak gol," tandas Arteta.

Baca Juga
Bursa TransferArsenalMikel ArtetaLiga InggrisBerita TransferTransfer PemainIvan Toney

Berita Terkini