x

3 Tim Serie B yang Berpeluang Gantikan AS Roma Jika Degradasi, Ada Klub Orang Indonesia

Jumat, 29 September 2023 15:23 WIB
Editor: Juni Adi
Pelatih AS Roma Jose Mourinho memberikan arahan kepada para pemain Roma saat istirahat pertandingan melawan AC Milan pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - AS Roma terancam degradasi ke Liga Italia kasta kedua atau Serie B jika mereka terus mengalami performa buruk hingga pertengahan atau akhri musim. Berikut tiga tim yang berpeluang menggantikannya.

AS Roma menuai hasil mengejutkan kala bertandang ke markas Genoa di Stadion Luigi Ferraris dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-6 pada Jumat (29/09/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Giallorossi tumbang dengan skor telak 4-1 dari Genoa. Tanda-tanda kekalahan AS Roma sudah terlihat sejak menit awal, dimana mereka tak berdaya karena tertinggal lebih dahulu melalui gol Albert Gudmundsson di menit ke-5.

Kebobolan cepat membuat AS Roma panik, mereka terus melayangkan serangan namun kesulitan untuk membobol gawang lawan.

Baru di menit ke-22 AS Roma bisa menyamakan kedudukan melalui gol Bryan Cristante menit ke-22. Tetapi jelang berakhirnya babak pertama, Genoa kembali unggul.

Mateo Retegui mencetak gol menit ke-45. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, permainan AS Roma malah tambah kacau.

Baca Juga

Gawang Rui Patricio kebobolan dua gol lagi di menit ke-74 oleh Morten Thorsby dan menit ke-81 oleh Junior Messias. Skor 4-1 bertahan hingga laga bubaran.

Kekalahan ini membuat AS Roma turun ke papan bawah menempati peringkat ke-16 dengan 5 poin. Sementara Genoa naik ke posisi 11 dengan 7 poin.

Tim besutan Jose Mourinho pun terancam masuk zona degradasi karena mereka hanya terpaut satu tingkat dari zona aman. Mereka hanya berselisih 2 angka dari Salernitana di urutan 17 dengan 3 poinu dan Udinese peringkat 18 dengan 3 poin juga.

Kekalahan AS Roma dari Genoa juga menuai noda hitam untuk Serigala Ibu Kota, karena ini adalah kekalahan pertama mereka dari tim berjuluk  Rossoblu itu.

Genoa tidak pernah mengamankan kemenangan dalam 16 pertandingan terakhir mereka lawan AS Roma, dan memasuki laga ini dengan dua kekalahan dan satu hasil imbang.

Namun mereka berhasil mengejutkan tim asuhan Jose Mourinho dengan kemenangan telak 4-1. Jika AS Roma terdegradasi ke Serie B dari Serie A, maka ada tiga tim di kasta kedua yang saat ini berpeluang menggantikannya.

Baca Juga
 

1. Parma

Selebrasi pemain Parma usai mencetak gol. (Foto: Instagram@parmacalcio1913)

Kompetisi sepak bola kasta kedua Liga Italia, Serie B, telah memasuki pekan ke-7 dengan total 20 peserta berebut untuk bertengger di papan atas agar bisa lolos otomatis promosi ke Serie A.

Saat ini Parma memimpin dengan torehan 17 poin. Mereka tampil cukup baik di awal musim ini, karena belum terkalahkan dari 7 pertandingan dengan raihan 5 kemenangan dan 2 kali imbang.

Baca Juga

Konsistensi performa Parma ini membuat tim legendaris tersebut menjadi salah satu kandidat kuat tim yang bakal promosi ke Serie A musim ini dari Serie B.

Musim ini merupakan kebangkitan Parma setelah beberapa musim terakhir kesulitan bersaing di papan atas Serie B. Bahkan Parma sempat mengalami keterpurukan dengan dinyatakan bangkrut, hingga terjun ke Serie D.

Pada April 2004, Parma dinyatakan pailit setelah krisis yang dialami Parmalat sebagai penyokong utama tim. Sang pemilik Tanzi terbelit skandal finansial dan Parma yang jadi kekuatan besar di Italia langsung oleng.

Tiga tahun berselang Parma diambil alih pengusaha Tommaso Ghirardi. Di era Ghirardi lagi-lagi persoalan salah urus klub kembali terjadi.

Baca Juga

Pengelolaan keuangan yang buruk membuat Parma kembali bangkrut pada 2014. Pihak klub berutang hingga 218 juta euro dan harus menerima kenyataan diturunkan ke Serie D atau kompetisi kasta keempat Negeri Pizza.

Hebatnya walau sempat terpuruk, Parma hanya butuh tiga tahun untuk terus naik kasta hingga akhirnya menggenggam tiket promosi ke Serie A tahun 2018.

Hanya bertahan tiga musim di Serie A, Parma kemudian turnu lagi ke Serie B hingga kini belum lagi promosi ke kasta tertinggi.

Tetapi wajah Parma saat ini sudah sangat berbeda dengan di masa lalu ketika skuat mereka jadi salah satu yang terbaik di Serie A.

Baca Juga

Palermo

Selain Parma, tim kedua yang berpeluang gantikan AS Roma adalah Palermo. Sebab akan ada dua jatah tim untuk promosi otomatis ke Serie A yang finis di peringkat pertama dan kedua.

Saat ini, Palermo berada di peringkat kedua dengan koleksi 13 poin dari hasil 4 kali meraih kemenangan dan 1 kali imbang serta baru 1 kali kalah.

Palermo sendiri terakhir kali bermain di Serie A pada musim 2016/17. Saat itu mereka hanya bisa finis di peringkat ke-19 dan degradasi ke Serie B.

Sejak saat itu, Palermo kesulitan untuk promosi. Tetapi musim ini tim besutan Eugenio Corini itu mengawali musim dengan cukup baik.

Progres Palermo yang mulai kembali kompetitif tidak lepas dari kepemilikan baru. Diketahui kalau Palermo kini sudah diambil alih oleh pemilik Manchester City, City Football Group yang dikomandoi oleh Sheikh Mansour.

Palermo memang butuh kepemilikan baru setelah mereka sempat terdegradasi ke Serie D karena persoalan keuangan dan membuat Maurizio Zamparini melepas klub itu. Padahal Palermo di era 2000-2010 sempat jadi salah satu kuda hitam di Serie A.

Beberapa pemain top lahir di sana, sebut saja Edinson Cavani, Javier Pastore, atau Andrea Barzagli. Palermo bahkan sempat lima musim beruntun tampil di Liga Europa/Piala UEFA sebelum terdegradasi dari Serie A pada musim 2016/2017.

Sejak kedatangan pemilik baru pada 2019, Hera Hora S.r.l, Palermo pelan-pelan mulai membangun lagi kekuatannya.

Mereka langsung promosi ke Serie C di musim pertama dan setelah menunggu tiga tahun, Palermo akhirnya balik ke Serie B bersama pelatih lamanya Silvio Baldini musim 2022/23.

Como

Terakhir ada Como. Klub yang dimiliki oleh salah satu perusahaan dari orang terkaya di Indonesia, Djarum Group, saat ini bertengger di peringkat ke-3 dengan 13 poin.

Mereka kalah head to head dan selisih gol dari Palermo yang juga mengoleksi 13 poin, sehingga Palermo berada di urutan ke-2.

Como telah memainkan 6 pertandingan dengan raihan 4 kemenangan dan 1 kali imbang serta baru 1 kali menelan kekalahan.

Ini merupakan start yang baik untuk Como setelah dua musim sebelumnya sejak diambil alih oleh Djarum Group mereka hanya bisa bersaing di papan tengah Serie B, sebelumnya lagi bahkan mereka harus berjuang dari Serie C.

Jika mampu mempertahankan posisi ketiga hingga akhir musim, maka Como bisa promosi lewat jalur play-off bersama lima tim lainnya yang berada di peringkat 4 hingga 8.

Djarum Group telah mengambil alih saham Como 1907 dari pemilik sebelumnya melalui anak perusahaan, SENT Entertainment, yang berbasis di Inggris pada awal April 2019.

Klub berjuluk I Lariani ini sendiri merupakan salah satu klub tua yang sudah berdiri sejak 1907. Namun badai finansial sempat beberapa kali membuat klub ini gulung tikar.

Pada Desember 2004, klub ini dinyatakan bangkrut. Tidak ada investor yang mau menyuntikkan dana ke klub ini. Musim 2005-06, Como bermain di Serie D Italia.

Sebagai salah satu klub tua di Italia, Como tercatat pernah dibela oleh sejumlah pemain beken seperti gelandang Inter Milan, Nicolò Barella.

Meski berstatus sebagai salah satu klub tertua di Italia, prestasi tertinggi FC Como hanya mampu menjadi kampium di Serie B yakni di musim 1948–49, 1979–80, 2001–02.

Sedangkan untuk bermain di pentas Serie A, Como pertama kali melakukannya pada musim 1949-50 dan terakhir pada musim 2002-03. Prestasi terbaik Como di Serie A sendiri pada 1950, saat itu mereka memuncaki peringkat ke-6.

Jose MourinhoAS RomaLiga Italia

Berita Terkini