x

Primadona Baru, 5 Bintang Wales Ini Jadi Transfer Termahal di Liga Inggris

Jumat, 29 September 2023 09:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Mantan Penyerang Nottingham Forest, Brennan Johnson. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM – Meski kompetisi negaranya kurang populer, namun pemain Wales sukses menarik hati sejumlah klub Liga Inggris dan berani mendatangkan mereka dengan harga mahal saat bursa transfer.

Secara geografis, Wales merupakan tetangga dekat dari Inggris bahkan masih satu rumpun dalam kategori wilayah Britania Raya.

Baca Juga

Oleh sebab itu, tak heran jika Wales punya hubungan yang erat dengan Inggris termasuk dalam industri sepak bola.

Dalam sejarahnya, cukup banyak pemain berkebangsaan Wales yang berkarir di Liga Inggris bahkan menjadi legenda di sejumlah klub.

Seperti Ryan Giggs yang namanya sukses melegenda bersama Manchester United, serta mantan pemain Tottenham Hotspur, Gareth Bale yang berhasil masuk dalam jajaran pesepakbola ternama dunia.

Dari segi kualitas permainan, para pemain Wales tak kalah dengan negara lain dan dengan kultur yang hampir mirip membuat sejumlah bintang The Dragons berhasil bersinar di kompetisi Premier League.

Bahkan para pemain Wales tersebut membuat tim-tim Liga Inggris rela mengeluarkan dana fantastis untuk bisa mendatangkan mereka di bursa transfer.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkum, lima pemain Wales yang berstatus pemain dengan biaya transfer termahal di Liga Inggris:

Craig Bellamy – Manchester City
Craig Bellamy dibeli Manchester City pada bursa transfer musim dingin 2009. Ia diboyong dari West Ham United dengan biaya yang saat itu mencapai 15,5 juta euro. Namun, Bellamy tidak bertahan lama setelah berkarir di sana.

Selama berseragam The Citizens dia hanya mengoleksi 51 pertandingan di seluruh kompetisi.

Pemain yang berposisi sebagai winger ini bahkan sempat dipinjamkan ke Cardiff City karena performanya yang kurang memuaskan klub. Hingga akhirnya, Bellamy dilepas ke Liverpool saat jendela musim panas 2011.

Baca Juga

1. Joe Allen – Liverpool

Daniel James saat masih memperkuat Manchester United

Penampilan impresifnya bersama Swansea City kala itu membuat Liverpool kepincut mendapatkan jasanya.

Selama bermain untuk the Swans, Allen merupakan jendral lapangan tengah bagi timnya tersebut dan menjadi andalan bagi mereka.

Baca Juga

Pada musim panas 2012, Joe Allen resmi berseragam Liverpool. The Reds menggelontorkan dana sebesar 19 juta euro untuk sang gelandang tersebut.

Selama 4 musim karirnya di Anfield dia menambah variasi gelandang di lini tengah tim. Ia mencatatkan 130 penampilan selama berseragam  The Reds sebelum akhirnya memutuskan untuk hengkang ke Stoke City.

Neco Williams – Nottingham Forest
Neco Williams merupakan produk asli akademi Liverpool. Namun, karirnya tidak berjalan baik setelah masuk dalam skuat utama The Reds.

Ia kalah bersaing dengan Trent Alexander-Arnold untuk bermain di posisi bek kanan. Kurangnya menit bermain disana membuatnya memutuskan untuk hengkang dari klub.

Baca Juga

Nottingham Forest saat itu juga berminat untuk mendapatkan servis sang pemain. Musim panas 2022 ia resmi dibeli Nottingham dengan biaya mencapai 20 juta euro.

Pada musim debutnya disana Williams tampak nyetel dengan klub dan menjadi pemain inti di posisi bek kanan dan sudah mengoleksi 39 pertandingan di seluruh kompetisi.

Daniel James – Leeds United
Digadang-gadang bakal jadi penerus Ryan Giggs di Manchester United, daya tarik Daniel James membuat Leeds United rela menggelontorkan dana besar untuk mendapatkan servisnya. James diboyong pada musim panas 2021 lalu dengan biaya sebesar 29 juta euro.

Sayangnya, karirnya bersama Leeds tidak berjalan baik, James sempat dipinjamkan ke Fulham pada musim 2022-23.

Semenjak bergabung dengan The Whites, dia baru tampil sebanyak 44 pertandingan di seluruh kompetisi. Saat ini, James memiliki misi penting untuk mengembalikan Leeds kembali ke Premier League setelah terdegradasi musim lalu.

Baca Juga

2. Brennan Johnson – Tottenham Hotspur

Pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Brennan Johnson menempati posisi pertama sebagai daftar lima transfer termahal pemain Wales di Premier League.

Ia dibeli Tottenham Hotspur dari Nottingham Forest dengan biaya sebesar 55 juta euro pada bursa transfer musim panas 2023 kemarin.

Tottenham tak ragu mengikat sang pemain dengan kontrak jangka panjang selama 5 musim.

Dengan tambahan Johnson diharapkan lini depan The Lilywhites semakin moncer setelah kehilangan Harry Kane yang memutuskan bergabung dengan Bayern Munchen.

Bursa TransferWalesLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini