x

Bursa Transfer Liga 1: Penjelasan Resmi Andres Nieto Sulit Gabung PSIS Semarang

Sabtu, 30 September 2023 18:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Gelandang Phnom Penh Crown FC, Andres Nieto.

INDOSPORT.COM - Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengakui adanya komunikasi dengan Rafael Andres Nieto. Gelandang Kolombia sulit merapat ke Liga 1 2023-2024 musim ini.

Andres Nieto bukan nama tenar di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, Andres Nieto hanya berkarier di Liga Kamboja bersama Phnom Penh Crown FC.

Baca Juga

Nah, namanya mulai dikenal publik Semarang setelah Phnom Penh Crown melakukan uji coba melawan PSIS di Stadion Jatidiri pada 24 Juni 2023 lalu.

Dalam laga itu, Andres Nieto tampil bagus. Pada laga pembuka Piala AFC 2023-2024, Nieto mencatatkan satu gol dan satu assist saat membawa timnya menang atas Dynamic Herb Cebu FC 3-0 di Filipina.

Baca Juga

Keinginan suporter agar Andres Nieto dibawa ke PSIS pun membesar. Apalagi winger asal Brasil, Vitinho, juga beberapa laga absen karena cedera.

Yoyok Sukawi pun kemudian angkat bicara terkait rumor Andres Nieto gabung PSIS. Yoyok mengakui komunikasi yang dilakukan tak sekadar berhubungan dengan bursa transfer tengah musim Liga 1.

Baca Juga

"Kita memang komunikasi intens dengan Nieto sudah lama. Bukan semata-mata mau bursa transfer, tapi juga hubungan baik," kata Yoyok Sukawi.

Yoyok mengatakan, Andres Nieto masih memiliki ikatan kontrak dengan Phnom Penh Crown FC. Di laman Transfermarkt, Nieto terikat kontrak hingga 12 Me 2024 plus opsi perpanjangan semusim.

"Nieto masih terikat kontrak dan dia menghormati kontraknya hingga akhir musim," tutur Yoyok Sukawi.

Maka, sulit bagi PSIS untuk membawanya ke Liga 1 2023-2024. Nieto merupakan pilar penting yang tak mungkin dilepas oleh Phnom Penh Crown FC.

"Jadi, Nieto kalau ke PSIS di putaran kedua ini saya rasa tidak mungkin, sulit ya, karena dia menghormati kontraknya," ungkap Yoyok Sukawi.

Performa Ciamik Vitinho

Tak sekadar masih terikat kontrak, PSIS juga belum berpikir mengganti satu dari enam pemain asing di Liga 1 2023-2024. Semua pemain dinilai punya kontribusi positif buat Mahesa Jenar.

Lucas Gama menjadi temboh kokoh di lini belakang. Boubakary Diarra sangat menonjol dengan transisi positif dan negatif di lini tengah.

Lalu, Paulo Gali Freitas dan Taisei Marukawa juga moncer di sektor sayap. Carlos Fortes pun sangat tajam dengan catatan enam gol.

Sementara Vitinho yang sempat dikritik juga tampil ganas saat melawan Barito Putera, Jumat (22/9/23) lalu. Vitinho mencatatkan assist untuk gol tunggal yang dicetak Carlos Fortes.

"Kalau kita mau mendatangkan pemain baru, tentu harus ada yang dievaluasi. Saya rasa enam pemain asing kita sudah memberikan kontribusi maksimal di masing-masing posisinya," ungkap Yoyok Sukawi.

"Hanya kemarin memang ada yang cedera, kemudian performanya menurun, tapi begitu sembuh, performanya naik. Mereka pun menjadi pemain yang kita butuhkan," ungkap Yoyok Sukawi.

Masih ada empat pertandingan lagi untuk menilai kontribusi dari seluruh pemain PSIS Semarang. Jika ada yang merosot, terbuka kemungkinan PSIS bakal aktif pada bursa transfer tengah musim Liga 1 2023-2024.

Bursa TransferPSIS SemarangLiga 1

Berita Terkini