x

Daftar Pesangon yang Diterima Mourinho Setiap Dipecat, AS Roma Siap Tekor?

Sabtu, 30 September 2023 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat pesangon yang diterima Jose Mourinho kala mendapat pemecatan dari klub yang ia latih usai dirinya bakal dipecat klub Liga Italia (Serie A), AS Roma.

INDOSPORT.COM – Melihat pesangon yang diterima Jose Mourinho kala mendapat pemecatan dari klub yang ia latih usai dirinya bakal dipecat klub Liga Italia (Serie A), AS Roma.

Isu pemecatan pelatih berjuluk The Special One itu merebak setelah AS Roma dibungkam oleh Genoa dengan skor 1-4 pada pekan ke-6, Jumat (29/09/23).

Baca Juga

Kekalahan dari Genoa itu membuat Jose Mourinho baru mengantongi satu kemenangan, dua kali imbang, dan tiga kekalahan sehingga AS Roma terpuruk di peringkat ke-16.

Tak ayal catatan buruk itu membuat pelatih asal Portugal itu santer diberitakan akan dilengserkan dari jabatannya meski masih memiliki kontrak hingga 2024.

Jika dipecat, Mourinho pun akan mendapat pesangon dari AS Roma. Sebagai informasi, selama melatih, ia sudah mendapat pesangon akibat pemecatan hingga 80 juta poundsterling.

Dengan jumlah tersebut, berapa saja pesangon yang didapatkan Mourinho dari klub-klub sebelumnya? Apakah AS Roma akan menambah pundi-pundi uangnya jika memecatnya kelak?

Baca Juga

1. Chelsea (2007)

Pada 2007 silam, Mourinho mendapat pemecatan dari Chelsea. Saat itu ia dipecat karena laju buruk di awal musim 2007/2008 sebelum digantikan Avram Grant.

Tak hanya karena hasil buruk, kabarnya pemecatan ini karena Mourinho berseteru dengan sang pemilik, Roman Abramovich, soal transfer pemain.

Karenanya, Mourinho pun dipecat dan mendapat pesangon sangat fantastis kala itu, yakni 18 juta poundsterling yang saat ini setara Rp340 miliar.

Baca Juga

2. Real Madrid (2013)

Pada 2010, Mourinho meninggalkan Inter Milan demi menerima pinangan Real Madrid. tapi perjalanannya bersama Los Blancos hanya berjalan singkat yakni hingga 2013.

Usai membawa Real Madrid juara beragam kompetisi domestik, Mourinho berseteru dengan legenda klub yang berujung pada pemecatan.

Saat itu, Real Madrid harus merogoh kocek dalam untuk memecatnya yakni sekitar 17 juta poundsterling atau saat ini setara Rp321 miliar.

Baca Juga

1. 3. Chelsea (2015)

Pelatih AS Roma Jose Mourinho memberikan arahan kepada para pemain Roma saat istirahat pertandingan melawan AC Milan pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Usai dipecat Real Madrid, Mourinho bereuni dengan Chelsea pada 2013, di mana ia telah berdamai dengan sang pemilik, Roman Abramovich.

Dalam periode keduanya, Mourinho mampu membawa Chelsea juara Liga Inggris 2014/15 sekaligus menjuarai Piala Liga Inggris.

Sayangnya di musim ketiga atau 2015/16, Chelsea mengalami start buruk hingga akhirnya Mourinho dipecat dan mendapat kompensasi 12,5 juta poundsterling atau saat ini sekitar Rp236 miliar.

Baca Juga

4. Manchester United (2018)

Usai dipecat Chelsea, Mourinho merapat ke Manchester United. Start apik pun dibuatnya dengan menjuarai Liga Eropa, Piala Liga Inggris, dan Community Shield.

Di musim kedua, Mourinho membawa Man United ke peringkat kedua yang disebutnya sebagai prestasi terbaiknya dalam melatih.

Lalu di musim ketiga atau 2018/19, Mourinho banyak berkonfrontasi dengan pemain yang berujung pemecatan hingga ia mendapat pesangon sebesar 15 juta poundsterling (Rp283 miliar).

Baca Juga

5. Tottenham Hotspur (2021)

Klub terakhir yang memecat Mourinho adalah Tottenham Hotspur, yakni pada April 2021 silam, atau sesaat sebelum final Piala Liga Inggris.

Pemecatan ini dikarenakan perseteruan Mourinho dengan Daniel Levy selaku petinggi klub yang geram dengan aksi The Special One.

Usai dipecat, Mourinho kemudian mendapat pesangon sebesar 16 juta poundsterling (Rp302 miliar) sebelum akhirnya menganggur dan menerima pinangan AS Roma.

Baca Juga
Real MadridManchester UnitedChelseaJose MourinhoTottenham HotspurAS RomaIn Depth SportsLiga ItaliaIndepth

Berita Terkini