x

Jebloknya AS Roma Bukan Salah Jose Mourinho, tapi Ulah Pemain Satu Ini

Sabtu, 30 September 2023 09:45 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Prio Hari Kristanto
Bapuknya penampilan Rui Patricio ditengarai menjadi salah satu penyebab utama bobroknya performa klub Liga Italia (Serie A), AS Roma, musim ini. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

INDOSPORT.COM - Bapuknya penampilan Rui Patricio ditengarai menjadi penyebab bobroknya performa klub Liga Italia (Serie A), AS Roma, musim ini.

Hasil negatif diraih AS Roma pada pekan ke-6 Liga Italia 2023/2024. Skuad besutan Jose Mourinho dipermalukan Genoa dengan skor telak, 1-4.

Baca Juga

Dengan demikian, AS Roma masih tertahan di peringkat ke-16. Giallorossi hanya mampu mengoleksi 5 poin dari 6 pertandingan.

Terkait performa buruk AS Roma ini, banyak piihak menyalahkan Jose Mourinho. Sang juru taktik dinilai gagal meramu strategi yang tepat untuk melejitkan timnya.

Tak sedikit pula yang mengaitkan buruknya penampilan AS Roma dengan kutukan Jose Mourinho, yang selalu melempem di musim ketiganya melatih sebuah klub.

Namun, rupanya Jose Mourinho bukan satu-satunya kambing hitam. Melihat buruknya pertahanan AS Roma musim ini, tak lengkap jika tak menyebut Rui Patricio sebagai biang kerok bobroknya Giallorossi.

Baca Juga

Berdasarkan statistik yang didapat dari Italian Football TV, Rui Patricio merupakan kiper terburuk Serie A dalam hal rasio shot on goal dan kebobolan.

Pemain berpaspor Portugal tersebut kebobolan 11 gol, atau lebih banyak 4 angka dari total shot on goal yang dihadapinya.

"Tidak ada kiper di Serie A yang memiliki rasio shot on goal/kebobolan dibandingkan Rui Patricio musim ini," cuit @IFTVofficial.

"Dia sudah kebobolan 4 gol lebih banyak ketimbang jumlah shot on goal yang telah dihadapi. Apa Roma butuh kiper baru?

Baca Juga

1. Jose Mourinho Tetap Pede

Pemain AC Milan Ruben Loftus-Cheek berebut bola dengan kiper AS Roma Rui Patricio pada laga Liga Italia. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Kekalahan memalukan dari Genoa rupanya tidak membuat Jose Mourinho kecewa. Ia bahkan malah menyombongkan keberhasilannya di AS Roma, yakni masuk dalam dua final kompetisi Eropa secara berturut-turut.

"Ini (start jeblok Roma) juga merupakan hal yang paling buruk dalam perjalanan karier saya," ungkap Jose Mourinho dikutip dari DAZN.

Baca Juga

"Namun, saya juga berpikir ini adalah pertama kalinya AS Roma memainkan dua Final Eropa berturut-turut," tambah Mourinho.

Selain itu, Jose Mourinho membeberkan sebab kekalahan AS Roma dari Genoa pada lanjutan Liga Italia 2023-2024.

Jose Mourinho mengungkapkan bahwa salah satu sebab kekalahan AS Roma dari Genoa di Liga Italia 2023-2024 adalah karena kehilangan pemain andalan.

Sosok pemain andalan milik Jose Mourinho yang dimaksudkan adalah pemain belakang AS Roma, Chris Smalling.

Baca Juga

"Kami harus kehilangan Chris Smalling yang mengalami cedera, Anda bisa melihat berapa banyak pertandingan yang kami menangkan tanpa Chris," buka Mourinho.

Chris Smalling memang termasuk aktor yang berada di balik kokohnya pertahanan AS Roma pada musim lalu.

Selain itu, AS Roma tidak dapat diperkuat beberapa pemain andalannya pada musim lalu, yakni Tammy Abraham dan Marash Kumbulla, juga rekrutan anyar mereka, Renato Sanches.

"Ketika kami kehilangan pemain-pemain itu, kami menjadi kurang solid," tambah pelatih berjuluk The Special One tersebut.

Baca Juga
Jose MourinhoAS RomaLiga ItaliaRui PatricioBerita Liga Italia

Berita Terkini