x

Kisah Kapten Man United Bruno Fernandes Ternyata Sempat Jadi Bek dan Kiper

Sabtu, 30 September 2023 20:30 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ada kisah menarik dari kapten klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, Bruno Fernandes sempat berposisi bek dan kiper sebelum jadi gelandang sukses.

INDOSPORT.COM Ada kisah menarik dari kapten klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, Bruno Fernandes sempat berposisi bek dan kiper sebelum jadi gelandang sukses.

Penggemar sepak bola pastinya mengetahui sosok Bruno Fernandes sebagai playmaker yang mahir mengumpan dan bisa mencetak gol.

Baca Juga

Terlebih lagi, bintang asal Portugal itu juga pernah mendapatkan pujian dari kapten Manchester City, Kevin De Bruyne, bahwa Bruno adalah sosok mesin yang kreatif (creative machine).

Namun, menariknya kapten Setan Merah itu mengungkapkan bahwa ia sempat menjadi bek tengah hingga kiper sebelum terkenal sebagai gelandang kreatif saat ini.

Sekadar informasi, Bruno Fernandes memulai kariernya di Boasvita yang mana ia membela klub tersebut selama delapan tahun.

“Astaga, saya sudah memainkan setiap posisi di atas lapangan,” gumam Bruno Fernandes sambil tertawa, “Saya memulai karier sebagai bek tengah hingga berusia 15/16 tahun.”

Baca Juga

“(Saya berpindah posisi) karena saya bilang ke manajer, ‘Saya tidak mau jadi bek tengah lagi’,” sambung mantan pemain Sporting Lisbon itu.

“Saat itu saja berusia 16 tahun dan berlatih dengan U-17 karena seorang pemain absen. Kemudian, ada saya dan pemain satunya yang seumuran dengan saya, partner (di bek tengah).”

“Dia pemain yang agresif, sedangkan saya adalah bek yang lebih membawa bola. Manajer berkata pada saya, ‘Saya lebih memilih memakai partner Anda, dia lebih agresif dan lebih kuat dari Anda.”

Hal itu membuata Bruno Fernandes akhirnya tidak menjadi bek tengah lagi yang untungnya kapten Manchester United tersebut saat itu menanggapi hal ini dengan positif sehingga ia bisa sukses sampai sekarang.

Baca Juga

1. Bruno Fernandes Sempat Jadi Striker hingga Kiper

Bruno Fernandes melepaskan tembakan berbuah gol di laga Burnley vs Manchester United (24/09/23). (Foto: Reuters/Lee Smith)

“Disisihkan dari posisi bek merupakan hal yang sempurna bagi saya,” lanjut Bruno Fernandes, “Saya menyesuaikan diri dengan usia saya dan manajer berkata, ‘Kita tak punya striker”,”

“Saya langsung katakan (sambil mengacungkan jari), ‘Ada saya, saya akan bermain sebagai striker,” tutur Bruno Fernandes.

Baca Juga

Gelandang serang berusia 29 tahun itu lantas mengungkapkan bahwa ia akhirnya mencetak dua gol saat dipasang sebagai striker dan ternyata juga pernah dijadikan wingback kiri.

“Latihan pertama saat saya bermain sebagai striker, saya mencetak dua gol. Saya sudah bermain di setiap posisi. Bahkan di Italia (bersama Udinese dan Sampdoria), saya bermain sebagai wingback kiri,” imbuhnya.

Tak cukup sampai di sana, Bruno ternyata juga mengaku bahwa dirinya pernah menjadi kiper walau hanya sebatas menjadi penjaga gawang cadangan saja.

“Hanya kiper yang tak pernah saya mainkan, tetapi saya pernah duduk di bangku cadangan sebagai kiper kedua. Kalau tidak salah, saya berusia 12 tahun saat itu.”

Baca Juga

Walaupun demikian, karena kemampuan mencetak golnya yang bagus dan merupakan sosok kreatif, ia lebih cocok dijadikan gelandang serang yang bertugas sebagai playmaker layaknya Kevin De Bruyne.

Selain merupakan pemain serbabisa, Bruno Fernandes juga punya satu keunggulan lain, yaitu jarang cedera, yang kiranya membuat Manchester United full senyum.

Ya, sejak mengawali karier profesionalnya bersama Novara pada Agustus 2012 silam hingga berita ini dibuat, Bruno Fernandes hanya mengalami cedera sebanyak sekali.

Hal itu terjadi pada musim 2018/2019 lalu yang membuatnya menepi hingga 10 hari sehingga harus melewatkan dua pertandingan bersama Timnas Portugal.

Selain itu, Bruno Fernandes hanya absen sekali bersama Sampdoria karena flu pada musim 2016/2017 dan sekali absen juga saat bersama Manchester United pada 2021/2022 gara-gara sakit.

Baca Juga
Manchester UnitedLiga Primer InggrisLiga InggrisBruno Fernandes

Berita Terkini