x

Leo Medina Bicara Absennya Pemain Asing Persis Solo dan Bedah Kekuatan Persija Jakarta

Sabtu, 30 September 2023 04:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano. (Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina Arellano, tidak khawatir dengan absennya tiga pemain asing saat melawan Persija Jakarta di lanjutan Liga 1 pada Sabtu (29/09/23).

Laskar Sambernyawa atau julukan Persis Solo sudah punya senjata lain sebagai pengganti Diego Bardanca dkk saat melawan Persija Jakarta.

Baca Juga

Persis Solo tak bisa memainkan banyak nama saat melawan Persija di Stadion Manahan Solo. Para pemain itu merupakan tulang punggung Persis Solo dalam 13 pekan Liga 1 2023-2024. 

Tiga pemain asing yang dipastikan absen adalah Diego Bardanca, Moussa Sidibe dan Fernando Rodriguez. Bardanca dan Moussa absen karena akumulasi kartu kuning. Sementara Fernando sedang menemani istrinya melahirkan di Spanyol.

Absennya sejumlah nama penting itu tak membuat Leonardo Medina khawatir. Dia mengklaim Persis Solo tak pernah bergantung pada nama tertentu selama berada di tangannya.

"Kita selalu bekerja dengan semua pemain. Itulah kenapa saya merasa tidak masalah, karena saya bekerja dengan semua pemain di tim kita," kata Leo Medina, Jumat (29/9/23).

Selain tiga nama asing, Persis Solo juga tak diperkuat Ramadhan Sananta. Ia bersama rombongan Timnas Indonesia U-24 baru pulang dari China pada Sabtu (30/9/23).

"Saya tahu kita tidak punya Sananta untuk pertandingan ini. Itulah kenapa saya memilih bekerja dengan para pemain lainnya," jelas Leo Medina.

Althaf Indie berpotensi menemani David Gonzalez dalam formasi 3-5-2. Meski bukan seorang striker murni, Althaf punya insting mencetak gol dan semakin matang sebagai pengumpan handal.

"Kita punya pemain-pemain bagus, seperti Althaf, Shulton, Arapenta. Kita punya pemain-pemain bagus dan mereka bisa bermain dengan bagus," ungkap Leo Medina.

Leo Medina menyebut masa persiapan berjalan bagus. Salah satu hal yang menjadi fokus utama ketika menghadapi strategi Thomas Doll adalah memperkuat transisi positif dan negatif.

"Kita bekerja keras untuk meningkatkan aspek fisik dan transisi, karena Persija punya aspek fisik bagus. Dan secara transisi, Persija adalah tim yang menerapkan sepak bola intensitas tinggi di Liga 1," papar Leo Medina.

Salah satu hal menarik dari Persija adalah pressing tinggi. Leo Medina tak khawatir dengan hal itu karena Persis Solo juga bermain dengan pressing tinggi. 

Pelatih asal Meksiko ini sangat percaya diri bisa mengatasi tekanan Witan Sulaeman dkk. Persis Solo sudah terbiasa memecahkan masalah tersebut dalam sesi latihan maupun saat pertandingan.

"Kita tahu bagaimana ambil bola, ball possesion kita bagus, kita bisa memecahkan pressing lawan dengan penguasaan bola. Saya pikir pertandingan ini akan menjadi pertandingan yang bagus di Liga 1," tutur Leo Medina

Tak Fokus Matsumura

Sementara itu, gelandang Persis Solo, Sutanto Tan, memastikan timnya tak hanya fokus pada Ryo Matsumura. Ada pemain lain dari Persija yang punya kualitas bagus dan perlu diantisipasi.

"Kita tahu Ryo sebelum ini bermain di Persis Solo. Kita tahu bagaimana cara bermainnya dan semua sudah disiapkan oleh pelatih," kata Sutanto Tan.

Baca Juga

"Kita lebih melihat secara keseluruhan, melihat Persija sebagai sebuah tim. Pelatih sudah menyiapkan bagaimana skema melawan Persija. Semua pemain sudah siap mengikuti instruksi pelatih," sambung Sutanto Tan.

Persis Solo butuh kemenangan untuk menjaga peluang menuju zona empat besar Liga 1 2023-2024. Saat ini Persis Solo ada di peringkat sepuluh dengan 18 poin. 

Koleksi poin ini sama seperti Persija Jakarta yang ada di peringkat sembilan. Pemenang dari laga ini berpotensi menerobos masuk hingga posisi kelima di klasemen Liga 1 2023-2024.

Baca Juga
Persija JakartaPersis SoloLiga 1Berita Liga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini