x

Reece James di Chelsea: Dulu Bernilai Murah, Kini Malah Melesat

Minggu, 1 Oktober 2023 14:01 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Reece James tumbuh dan besar bersama Chelsea. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM - Reece James telah melalui hari-hari yang panjang bersama klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea.

Ia memulai karier sepak bolanya dari level grassroots di Kew Park Rangers dan Epsom Eagles. Di sana ia menjadi rekan setim Conor Gallagher.

Reece James termasuk bocah yang beruntung lantaran sudah dipinang Chelsea saat usianya masih 6 tahun.

Meski sempat menimba ilmu sebentar di Fulham, ia kembali ke pelukan Chelsea dan besar bersama mereka hingga sekarang.

Selama berkarier bersama Chelsea, Reece James terus berusaha meningkatkan kualitasnya sebagai pemain.

Wing-back kelahiran 8 Desember 1999 ini mulai beralih ke level pro pada 2017 dan menyabet gelar Player of the Season di Akademi Chelsea.

Baca Juga

Namanya pun berkibar saat tampil bersama tim U-18 dan memimpin mereka sebagai kapten di ajang FA Youth Cup 2017/2018.

Ia dan rekan-rekannya berhasil menumpas perlawanan Arsenal dengan skor 7-0 dalam dua leg final yang digelar pada April 2018.

Sebelum itu, ia juga sudah merasakan gelar FA Youth Cup 2016/2017 setelah menumbangkan Manchester City 6-2 dalam dua leg.

Namun sepak terjang Reece James bersama tim muda Chelsea tidak berhenti di situ saja. Pada dua musim yang sama, ia dan kawan-kawannya juga menjuarai Premier League U-18.

Tidak ayal, 2018 pun menjadi tahun penting bagi karier Reece James. Ia nampak siap kapan saja untuk menyodok masuk ke tim utama Chelsea.

Hanya saja, perjalanan untuk sampai ke sana tidak terlalu mulus saat era Maurizio Sarri. Reece James harus mencari menit bermain di luar.

Baca Juga

Ia kemudian dipinjamkan ke Wigan Athletic selama satu musim (2018/2019) sebelum akhirnya kembali ke Chelsea dengan kepala tegak.

Bagaimana tidak? Selama membela Wigan Athletic, Reece James tampil cemerlang hingga menyabet tiga penghargaan individu sekaligus sepanjang 2018/2019.

Wigan Athletic dengan senang hati menganugerahkan predikat Player of the Year, Player's Player of the Year, dan Goal of the Season.

Sejak saat itu, nilainya pun melejit cukup lumayan. Di fase ini, harga Reece James yang awalnya 3,5 juta pounds menanjak hingga 6 juta pounds.


1. Perkembangan Reece James di Chelsea

Reece James tumbuh dan besar bersama Chelsea. Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

Saat ini, berdasarkan data FBRef dalam setahun terakhir, Reece James telah menunjukkan progres yang signifikan di Chelsea.

Ia mencatatkan 1,83 successful take-on per 90 menit dengan 6,30 progressive passes; 3,46 shot-creating actions; dan 0,18 xA (expected assist) dengan rata-rata 0,07.

Namun melempemnya penampilan Chelsea tahun lalu pun mau tidak mau juga memengaruhi sejumlah angka di catatan statistik Reece James.

Hanya saja, untuk nilai pasar, pemain asal Redbridge ini mengalami peningkatan yang cukup pesat - menunjukkan bagaimana ia sudah berkembang di Chelsea selama ini.

Berdasarkan data Football Transfers, nilai Reece James sekarang sudah menyentuh 57 juta euro atau sekitar Rp934 miliar.

Sayangnya untuk sekarang publik belum bisa menikmati penampilan Reece James karena pemain yang satu ini sedang cedera.

Baca Juga

Ia mengalami cedera hamstring saat pertandingan perdana Chelsea di Liga Inggris 2023/2024 menghadapi Liverpool bulan Agustus lalu.

Ada kemungkinan ia akan absen sampai Natal tahun ini dan diprediksi kembali ke sesi latihan pada Oktober.

Akan tetapi, sebuah kabar baik sempat merebak belum lama ini, kalau Reece James bisa kembali ke lapangan lebih cepat.

Ia mungkin belum akan bermain saat menghadapi Burnley dan Arsenal.

Baca Juga

Namun Mauricio Pochettino tentu berharap pemainnya ini bisa pulih cepat karena Chelsea akan menghadapi laga-laga besar pada bulan November.

Selain itu, Chelsea juga harap-harap cemas karena Reece James belum lama ini berulah dan didakwa oleh FA atas kasus penghinaan terhadap wasit.

Baca Juga
ChelseaLiga Primer InggrisLiga InggrisReece JamesIndepth

Berita Terkini