x

Bantai Persita, Persib Bandung Tembus 3 Besar dan Kerek David da Silva di Daftar Top Skor

Senin, 2 Oktober 2023 14:20 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Selebrasi striker Persib, David da Silva usai cetak gol ke gawang Persita pada pekan ke-14 Liga 1 2023/2024 di Stadion GBLA, Minggu (01/10/23).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung tampil menggila dengan menaklukkan Persita Tangerang 5-0, pada pertandingan pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (01/10/23).

Kelima gol kemenangan Persib pada pertandingan tersebut, dicetak melalui hattrick David da Silva dan dua gol lainnya lewat Edo Febriansah serta Frets Butuan.

Baca Juga

Pada pertandingan tersebut, Persib yang bermain sebagai tuan rumah langsung tampil menyerang, hasilnya lima gol berhasil dicetak ke gawang Persita.

Gol pembuka pada pertandingan pekan ke-14 kompetisi Liga 1 2023-2024, dicetak melalui David da Silva, saat laga baru berjalan 9 menit.

Unggul satu gol, Persib tak menurunkan intensitas serangannya, menjelang berakhirnya babak pertama, tepatnya menit 44 Edo Febriansah berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib, Bojan Hodak melakukan pergantian pemain dengan menarik Edo dan Beckham digantikan Ciro Alves dan Frets Butuan. 

Baca Juga

Masuknya kedua pemain tersebut, membuat lini serang Persib semakin tajam, saat menit 47 David da Silva kembali mencetak gol yang membuat skor berubah menjadi 3-0.
 
Tak lama berselang, pemain asal Brasil ini mencetak hattrick yang membuat skor berubah menjadi 4-0 di menit 51. Persib, akhirnya menutup laga dengan skor 5-0 melalui gol Frets Butuan di menit akhir.

Baca Juga

Persib Naik ke Peringkat 3 

Hasil maksimal yang diraih pada pekan ke-14, membuat tim kebanggaan Bobotoh merangkak naik ke posisi 3 klasemen Liga 1 2023-2024. Saat ini, Persib mengoleksi 24 poin, sedangkan peringkat satu ditempati oleh Borneo FC dengan 28 poin.

Sebelumnya, Persib sempat berada di papan bawah, namun dalam beberapa laga terakhir tim kebanggaan Bobotoh mampu bangkit hingga akhir merangkak naik ke papan atas.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, menilai pada pertandingan tersebut seluruh anak asuhnya tampil maksimal dan mampu bekerja sama. Sehingga, target mengamankan poin penuh bisa tercapai.

"Jadi pada akhirnya ini suatu laga yang semuanya bermain bagus, tapi secara keseluruhan kami bermain bagus secara tim," ungkap Bojan Hodak setelah pertandingan.

"Setiap laga selalu ada 2-3 pemain yang menonjol, namun itu selalu bergantian dan itu sangat penting bagi saya sebagai pelatih. Kami tidak ketergantungan pada satu pemain," tegas pelatih asal Kroasia ini.

Baca Juga

David da Silva Dekati Gustavo Alemeida di Persaingan Top Skor

David da Silva yang dipasang sebagai starter, pada pertandingan menghadapi Persita Tangerang mampu menjawab kepercayaan yang diberikan oleh Bojan Hodak dengan mencetak hattrick.

Hatrick tersebut menjadi yang pertama bagi striker asal Brasil ini di musim 2023-2024, selain itu tambahan tiga gol tersebut membuatnya masuk dalam daftar perebutan top skor.

Saat ini, David da Silva sudah mengoleksi 8 gol dan berada di peringkat kedua pencetak gol terbanyak, sedangkan pemuncak top skor saat ini ditempati oleh striker Arema FC, Gustavo Alemeida dengan mengumpulkan 11 gol.

Pelatih Persib, Bojan Hodak, memuji penampilan David da Silva, menurutnya mantan pemain Persebaya Surabaya itu tampil maksimal pada pertandingan menghadapi Persita.

Selain itu, pada sesi latihan David da Silva selalu mencetak gol, sehingga pelatih asal Kroasia ini berharap striker andalannya tersebut bisa kembali mencetak hattrick pada pertandingan lainnya di kompetisi Liga 1 2023-2024.

"Itu bagus, saya berharap di setiap pertandingan dia bisa menciptakan hattrick. Tapi menurut saya, saya tidak tahu apa yang terjadi dan dia bermain dengan sangat bagus hari ini, dia selalu mencetak gol di sesi latihan selama pekan ini, dia terlihat tajam," ungkap Bojan Hodak.

"Jadi saya harap dia bisa melanjutkan ini di laga-laga yang berikutnya. Di beberapa laga terakhir dia terus bekerja keras, dia memiliki banyak peluang tapi tidak bisa mencetak gol," ucapnya menambahkan.

Menurut Bojan, saat seorang striker sudah mencetak gol, maka kepercayaan dirinya akan meningkat dan biasanya di laga selanjutnya bakal kembali produktif. Sehingga, tidak menutup kemungkinan David da Silva bisa menjadi top skor dan menggeser Gustavo Alemeida.

"Dia juga menderita cedera. Tapi semua tahu, yang namanya striker, ketika dia sudah bisa mencetak gol maka dia akan mendapat kepercayaan diri dan dia mulai sulit untuk berhenti mencetak gol. Jadi saya harap itu berlanjut darinya," harap Bojan Hodak.

Baca Juga
Persib BandungPersita TangerangLiga 1David da SilvaBojan Hodak

Berita Terkini