x

Federico Chiesa vs Serge Gnabry, Siapa yang Cocok Gantikan Sancho di Man United?

Senin, 2 Oktober 2023 13:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membidik dua winger untuk menggantikan Jadon Sancho, yakni Federico Chiesa dan Serge Gnabry.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, membidik dua winger untuk menggantikan Jadon Sancho, yakni Federico Chiesa dan Serge Gnabry.

Baik Federico Chiesa dan Serge Gnabry dianggap pengganti tepat Sancho yang kini kehilangan tempat di Manchester United.

Baca Juga

Manchester United saat ini tengah mengistirahatkan Sancho yang berkonflik dengan sang pelatih, Erik ten Hag, beberapa waktu lalu.

Konflik ini bermula dari komentar Ten Hag yang menyebut Sancho tak serius dalam latihan. Hal tersebut kemudian dibalas oleh winger berusia 23 tahun itu.

Kemudian konflik yang dibuat di hadapan publik ini berujung pada permintaan Ten Hag dan Man United yang ingin pemainnya itu meminta maaf.

Sayangnya, Sancho tak kunjung mengajukan permintaan maaf kepada Ten Hag, sehingga Man United mengistirahatkannya dan mendepaknya.

Baca Juga

Karena bakal didepak, Man United telah menyiapkan Federico Chiesa dari Juventus dan Serge Gnabry dari Bayern Munchen sebagai penggantinya.

Chiesa dibidik karena hadirnya rumor bahwa dirinya akan dijual Juventus yang tengah dilanda krisis keuangan belakangan ini.

Ditambah, pemain berusia 25 tahun itu hanya menyisakan 1,5 tahun kontrak tersisa dan belum dipagari dengan kontrak baru oleh Juventus.

Sedangkan Gnabry saat ini berada dalam posisi sulit di Bayern Munchen usai jarang menjadi starter, terlebih sejak hadirnya Thomas Tuchel.

Dua pemain ini sama-sama biasa menempati winger kanan di klubnya masing-masing. Tapi siapa yang layak diboyong Man United untuk gantikan Sancho?

INDOSPORT pun akan mencoba membedah kualitas Chiesa dan Gnabry serta membandingkannya untuk menemukan jawaban yangt tepat bagi Man United.

Baca Juga

1. Adu Kualitas Chiesa vs Gnabry

Serge Gnabry saat laga Bundesliga Jerman Bayern Munchen vs Freiburg

Untuk menjawabnya, perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan Man United. Apakah mereka mencari pengganti Sancho guan menempati pos winger atau berperan sebagai penyerang.

Karena faktanya, Chiesa dan Gnabry punya perbedaan besar kendati keduanya sama-sama dikenal sebagai winger kanan bagi masing-masing klub.

Baca Juga

Chiesa saat ini lebih banyak bermain sebagai penyerang, sedangkan Gnabry berposisi asli sebagai winger kanan dan terkadang menjadi Inside Forward.

Dilansir dari laman data pemain, yakni Eleven Stats, di bawah ini terlihat baik Chiesa dan Gnabry hampir memiliki karakter serupa sebagai winger.

Perbandingan statistik Federico Chiesa vs Serge Gnabry. (Foto: Elevenstats.com)

Keduanya punya karakter winger yang eksplosif tapi bisa mencetak gol atau sebagai Inside Forward yang terlihat dari persentase sentuhan keduanya di kotak penalti.

Sebagai winger, Chiesa lebih eksplosif karena andal dalam melakukan dribel ke area lawan serta lebih banyak melakukan Progressive Runs atau tusukan ke area lawan ketimbang Gnabry.

Baca Juga

Tapi soal urusan kemampuan mencetak gol dan assist, Gnabry unggul atas Chiesa dengan keunggulan dari Non-Penalty Expected Goals (NPxG) dan Expected Assist-nya (xA).

Meski unggul, nyatanya Chiesa dan Gnabry sama-sama punya Output yang sama dalam membuat gol dan assist atau dapat dikatakan sebagai pemain klinis.

Jika melihat catatan dan radar di atas, terlihat jika Chiesa dan Gnabry hampir setara. Tapi INDOSPORT menilai, Gnabry lebih cocok untuk Man United.

Pasalnya, peran yang dimainkan Sancho adalah peran winger murni mengingat peran Inside Forward dimainkan oleh Marcus Rashford.

Chiesa sendiri punya karakter yang sama dengan Rashford dalam bermain, sehingga Gnabry dirasa tepat jika melihat kemampuannya dalam melepaskan operan kunci dan nilai NPxG serta xA-nya.

Saat ini, Man United hanya membutuhkan winger kreatif ketimbang winger subur. Untuk poin ini, Gnabry punya catatan yang dirasa lebih cocok demi memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga
Manchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisSerge GnabryFederico ChiesaTransfer PemainIndepth

Berita Terkini