x

Liverpool Bisa Didenda Usai Kontroversi VAR di Laga kontra Tottenham Hotspur

Senin, 2 Oktober 2023 01:50 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Liverpool bisa dijatuhi denda seusai adanya kontroversi VAR di laga lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 kontra Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM – Liverpool bisa dijatuhi denda seusai adanya kontroversi VAR di laga lanjutan Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 kontra Tottenham Hotspur.

Liverpool baru saja dirugikan karena dianulirnya gol Luis Diaz yang mana sang pemain dianggap telah offside sebelum menerima umpan yang berujung gol bagi The Reds.

Baca Juga

Bahkan setelah dicek VAR, wasit Simon Hooper tetap menganulir gol tersebut yang mana polimik itu membuat Professional Game Match Officials (PGMOL) pun sampai turun tangan.

Selain itu, Simon Hooper juga mengeluarkan banyak kartu kuning dalam pertandingan tersebut yang sebenarnya dirasa tidak perlu dilakukan.

PGMOL lantas menyoroti keputusan sang pengadil lapangan itu hingga sang pimpinan, Howard Webb, menyampaikan permintaan maaf ke sang peraih 19 gelar Liga Inggris itu.

Keputusan buruk itu lantas membuat Liverpool menelan kekalahan pertama mereka pada musim 2023/2024 ini setelah tumbang 2-1 dari Tottenham Hotspur.

Baca Juga

Menariknya, meskipun dirugikan kontroversi VAR, The Reds ternyata bisa saja dedenda oleh FIFA karena banyaknya pelanggaran berbuah kartu yang diterima kubu Jurgen Klopp itu kala melawan Spurs.

The Reds sendiri sudah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-26 setelah Curtis Jones diusir Simon Hooper karena sang gelandang menghantam pergelangan kaki Yves Bissouma dengan keras.

Belum lagi, Diogo Jota yang masuk sebagai pengganti setelah turun minum juga diusir wasit pada menit ke-69 sehingga Merseyside Merah bermain sembilan pemain saja.

Selain itu, masih ada Alexis Mac Allister, Mohamed Salah, Andy Robertson, dan Virgil van Dijk, serta asisten pelatih Peter Krawietz yang menerima kartu kuning.

Lantas berapa denda yang bakal diterima Liverpool setelah banyak pemainnya yang melakukan pelanggaran berbuah kartu?

Baca Juga

1. Liverpool Terancam Denda Rp472 Juta

Ekspresi Joel Matip setelah cetak gol bunuh diri di laga Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/09/23). Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Sekadar informasi, FA akan menghukum klub yang pemainnya mendapatkan lebih dari lima kartu dalam sebuah pertandingan sehingga Liverpool pastinya akan terkenda denda.

Denda 25 ribu poundsterling atau sekitar 472,43 juta rupiah akan dijatuhkan bagi tim mana pun yang pemainnya mencatatkan lebih dari enam kartu dalam satu pertandingan sehingga berdasarkan hukum Liverpool akan dihukum.

Baca Juga

Kini semua terserah pada Federasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk memutuskan apakah mereka akan mengambil tindakan resmi menjatuhkan denda pada The Reds atau tidak.

Namun, patut dipertimbangkan juga bahwa sebagian besar kartu yang didapat Merseyside Merah adalah hasil dari kesalahan wasit.

Sementara itu, Jurgen Klopp mengungkapkan bahwa anak asuhnya bukanlah tim kotor yang bermain kasar setelah sudah ada empat anak asuhnya yang diusir wasit pada musim 2023/2024 ini.

“Penting bagi saya bahwa orang-orang tak mulai berpikir kami menerima banyak kartu merah karena kami tim (yang suka) menendang (lawan),” tutur Klopp, “Kami tak melakukan hal itu.”

Baca Juga

“Kartu merah pertama untuk Alex bukanlah kartu merah, yang kedua saya katakan itu pelanggaran biasa, (hanya saja) yang ketiga untuk situasi itu (tentang Curtis Jones) dan yang keempat saya tak paham sampai jadi 11 vs 9.”

“Memang tak sering terjadi dan kami juga tak menendang pemain Tottenham. Kami mencoba untuk bermain sepak bola.”

Dengan demikian, Curtis Jones akan mendapat larangan bermain selama tiga pertandingan, sedangkan Diego Jota akan absen dalam laga kontra Brighton & Hove Albion setelah menerima skorsing satu laga.

Liverpool selanjutkan akan bertanding melawan Union Saint-Gilloise di laga lanjutan Liga Europa 2023/2024 pada Jumat (06/10/23) pukul 02.00 WIB.

Baca Juga
LiverpoolTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini