x

Para Striker Ganas Arema FC Sebelum Datangnya Gustavo Almeida Era Liga 1, Siapa Saja?

Selasa, 3 Oktober 2023 12:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Kebangkitan Arema FC dalam mengumpulkan pundi-pundi poin belakangan ini memang tak lepas dari kerja keras seluruh pemain. Salah satunya Gustavo Almeida.

INDOSPORT.COM - Kebangkitan Arema FC dalam mengumpulkan pundi-pundi poin belakangan ini memang tak lepas dari kerja keras seluruh pemain. Salah satunya Gustavo Almeida.

Ya, striker kebangsaan Brasil ini sukses menjawab ekspektasi klub yang ingin punya goal getter handal di Liga 1 2023/2024. Kebutuhan itu pun sudah terjawab.

Baca Juga

Gustavo Almeida kini menjadi penyumbang produktivitas Arema FC melalui 11 gol dengan 5 diantaranya penalti. Namanya bahkan kini memimpin daftar top skorer Liga 1.

Gustavo pun melanjutkan tradisi para striker handal yang pernah dimiliki Tim Singo Edan di era Liga 1. Siapa saja mereka? Berikut Indosport menyajikan data dan faktanya.

Cristian Gonzales

Arema FC sangat terbantu seiring keberadaan Cristian Gonzales saat Liga 1 pertama kali bergulir musim 2017. Itu adalah tahun ke-5 bagi El Loco, julukan Gonzales di Arema.

Periode itu dijalani Loco dengan cemerlang. Pada pramusim kompetisi, dia mengantar Arema FC meraih trofi juara Piala Presiden.

Baca Juga

El Loco bahkan menyabet gelar individunya pada turnamen sejak 2015 itu. Gonzales menjadi top skorer Piala Presiden dengan 11 gol sepanjang turnamen.

Sementara di Liga 1, kontribusinya tak kalah penting. Penyerang naturalisasi kelahiran Uruguay tersebut menjadi top skorer Tim Singo Edan dengan 9 gol (3 penalti) dan 1 assist dari 31 laga yang dilakoni.

Secara total, Cristian Gonzales berkontribusi dengan 20 gol selama 2017. Sayang pada akhir musim, dia menyudahi karirnya di Arema FC dan menyeberang ke Madura United.

Thiago Furtuoso

Arema FC sempat plong setelah mendapatkan striker ganas yang diproyeksikan mengganti Cristian Gonzales. Thiago Furtuoso sempat jadi jawaban tepat.

Baca Juga

Striker Brasil ini mengantar Arema FC tampil sebagai runner-up Piala Gubernur Kaltim dengan 2 golnya. Dia juga mengoleksi 2 gol saat Piala Presiden 2018.

Sayangnya, performanya kian menukik di Liga 1. Eks striker Bhayangkara FC itu pun hanya mencatat 5 gol dan 1 assist selama 11 kali tampil di kompetisi.

Kontribusi yang minim itu membuat Arema FC mendepaknya pada putaran kedua. Tim Singo Edan lantas mengandalkan para striker lokal seperti Dedik Setiawan, Ahmad Nur Hardianto dan Rifaldi Bawuoh di paruh kedua.

Carlos Fortes

Striker yang kini menjadi andalan PSIS Semarang tersebut sempat menjadi goal getter paling ganas yang dimiliki Arema FC di era Liga 1, tepatnya musim 2021/2022.

Baca Juga

Carlos Fortes didatangkan Eduardo Almeida saat membesut Tim Singo Edan saat kompetisi berlangsung sedang pandemi covid-19 dalam 5 series.

Fortes memanaskan bursa top skorer Liga 1 musim itu. Pada akhir musim, dia berada di urutan kedua dengan 20 gol dan 3 assist, dibawah Ilija Spasojevic (Bali United) dengan 23 gol.

Kontribusinya untuk Arema FC bahkan tak tertandingi. Data Soccerway, Fortes bermain 30 kali dari 34 pekan kompetisi, 4 kali digantikan dan hanya 1 kali masuk dari bench.

Performa mengkilap striker asal Portugal inipun berbanding lurus dengan prestasi tim. Arema FC mampu finis di 4 besar klasemen Liga 1 dengan 65 poin.

Baca Juga
Cristian GonzalesThiago Furtuoso dos SantosArema FCLiga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesGustavo Almeida Dos Santos

Berita Terkini