x

Profil Javi Guerra, The Next Bruno Fernandes Milik Valencia Incaran Getol Manchester United

Rabu, 4 Oktober 2023 14:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Javi Guerra adalah salah satu nama pemain muda yang kabarnya akan berusaha Manchester United angkut pada bursa transfer musim panas 2024. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

INDOSPORT.COM - Javi Guerra adalah salah satu nama pemain muda yang kabarnya akan berusaha Manchester United angkut pada bursa transfer musim panas 2024.

Gelandang milik Valencia tersebut menurut Marca sudah masuk dalam radar sang raksasa Liga Inggris sejak lama menurut Marca dan tengah dipantau oleh tim pemandu bakat mereka.

Baca Juga

Namanya memang masih belum terlalu diketahui oleh khalayak luas namun Guerra punya potensi besar dan Manchester United jelas sadar akan itu.

Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut profil mengenai wonderkid asal Spanyol yang satu ini.

Javier 'Javi' Guerra Moreno lahir di Gilet, Valencian Community, Spanyol pada 13 Mei 2003.

Sebagai putra asli daerah otonomi Valencia, Guerra jelas punya mimpi suatu saat bisa memperkuat kesebelasan terbesar kotanya yakni Valencia CF.

Itulah kenapa ketika ada tawaran bergabung dari akademi Los Che pada 2019 silam, ia langsung menerimanya.

Baca Juga

Guerra sebelumnya sudah belajar di salah satu klub kenamaan Spanyol lain yakni Villarreal namun Valencia masih jadi cinta sejatinya.

Sejak 2021, Guerra sudah bermain untuk tim Valencia B yang berlaga di divisi ketiga Spanyol alias Segunda B.

Namun baru pada 16 April 2023 lalu akhirnya ia diberi kesempatan mencicipi manisnya debut bersama tim senior Kelelawar Mestalla di ajang Liga Spanyol.

Kala itu ia menggantikan Samu Castilejo dalam partai kandang kontra Sevilla dimana Valencia harus menelan kekalahan 0-2.

Sebelas hari berselang Javi Guerra keluar sebagai pahlawan klubnya usai mencetak gol sebagai pengganti ke gawang Real Valladolid di ajang yang sama pada masa injury time.

Baca Juga

1. Klausul Rilis 100 Juta Euro

Selebrasi pemain Valencia, Javi Guerra usai mencetak gol ke gawang Atletico Madrid di laga LaLiga Spanyol. (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Sejak gol tersebut akhirnya Javi Guerra menjadi semakin dikenal luas. Valencia pun makin yakin dengan bakatnya dan memberi perpanjangan kontrak hingga Juni 2027.

Pada 16 Mei 2023 lalu deal tersebut ditandatangani. Tidak cuma menjamin masa tinggalnya di Mestalla semakin lama, sang anak ajaib setinggi 187 cm itu juga dipagari dengan klausul rilis super mahal.

Baca Juga

Butuh 100 juta Euro atau lebih dari 1 triliun Rupiah bagi siapa saja klub yang hendak merenggut Guerra dari tangan Valencia.

Los Che tidak sembarangan dalam memberikan kontrak dengan nilai dan klausul begitu besar bagi Guerra karena terbukti sang pemain belia semakin matang seiring berjalannya waktu.

Sebagai gelandang, ia digambarkan sebagai pemain yang tahu kapan harus melepas umpan atau tembakan. Sangat pas mewarisi jersey nomor 8 Valencia yang sebelumnya digunakan oleh pemain-pemain hebat seperti Ruben Baraja.

Visi bermainnya disandingkan dengan bintang timnas Portugal dan Manchester United, Bruno Fernandes.

2023/2024 menjadi musim penuh perdananya bersama skuad utama namun ia telah menjadi pemain inti dengan enam start plus tiga gol juga satu assist di ajang Liga Spanyol.

Baca Juga

Akhirnya Valencia menikmati awal musim yang cukup stabil dan sanggup berdiri di sepuluh besar klasemen sementara meski di 2022/2023 nyaris terjerat relegasi jika tidak menyelesaikan kompetisi di tangga ke-16.

Namun performa apik Guerra hanya akan semakin menarik perhatian para klub-klub yang sejak awal sudah menaruh perhatian.

Selain Manchester United, Barcelona dan Newcastle United dikabarkan juga ikut sabar memantau namun Miguel Angel Corona selaku direktur olahraga Valencia secara tegas meminta agar mereka semua untuk mundur.

Dilansir dari Mail Sport, Corona menegaskan jika klubnya tidak berniat menjual Javie Guerra dan itulah salah satu alasan kenapa yang bersangkutan dipromosikan ke tim utama.

Namun seperti yang diketahui jika Valencia adalah kesebelasan dengan ekonomi limbung. Mereka sulit sekali mempertahankan bintang mereka di bursa transfer akibat manajemen yang kurang baik sehingga ini bisa jadi jalan masuk bagi Manchester United untuk mendapatkan apa yang dimau.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedValenciaJavi GuerraLiga InggrisIndepth

Berita Terkini