x

3 Buntut Insiden Wasit Eror Tottenham vs Liverpool yang Masih Ramai Dibahas

Kamis, 5 Oktober 2023 15:55 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool di Liga Inggris, 30 September 2023. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Buntut insiden VAR yang terjadi di laga Liga Inggris (Premier League) Tottenham Hotspur vs Liverpool tempo hari ternyata masih terasa.

Untuk diingat kembali, Liverpool mengalami nasib buruk saat bertandang ke markas Spurs akhir pekan lalu di Liga Inggris.

Tidak hanya kalah dramatis, mereka juga kehilangan Digo Jota dan Curtis Jones karena kartu merah, lalu Cody Gakpo cedera.

Selain itu, gol Luis Diaz yang dilabeli offside juga menjadi bahan pembicaraan publik, yang menyebabkan Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) turun tangan.

Kini setelah beberapa hari, drama gol Luis Diaz tersebut masih menyisakan sejumlah isu menarik untuk dibahas. Berikut tiga di antaranya.

Rilis Audio Percakapan yang Bikin Naik Darah Suporter Liverpool

PGMOL belum lama ini merilis percakapan Video Assistant Referee (VAR) terkait proses penganuliran gol Luis Diaz di laga kontra Tottenham Hotspur.

Baca Juga

“PGMOL bisa mengonfirmasi bahwa kami telah menggelar investigasi terkait situasi yang membuat gol Luis Diaz dianulir,” demikian bunyi pernyataan mereka.

“Pernyataan resmi dan audio dari tim ofisial pertandingan di lapangan dan tim VAR [ada di sini],” lanjut PGMOL sambil menyertakan tautan ke halaman resmi Premier League.

Dalam audio percakapan tersebut, petugas VAR berkoordinasi dengan operator tayangan ulang (replay) untuk menggunakan gambar garis 2D.

Akan tetapi, setelah itu terjadi kebingungan saat wasit dan asisten wasit melanjutkan pertandingan dan gol Luis Diaz dinyatakan offside.

Baca Juga

Padahal, dari pemeriksaan tersebut, Luis Diaz dalam posisi onside saat menerima bola. Bahkan, operator tayangan ulang pun ikut bingung dengan apa yang terjadi.

“Gambaran yang kita beri itu onside,” ucapnya.

Tidak berapa lama kemudian, Darren England selaku wasit VAR pun mengumpat dengan kata-kata kasar setelah menyadari keputusan apa yang diambil Simon Hooper.

Miskomunikasi antara Simon Hooper dan tim VAR menjadi biang kerok utama dalam insiden ini.

Pihak dari PGMOL juga sempat meminta pertandingan ditunda sementara, namun dari tim VAR mengaku tidak bisa berbuat apa-apa.

Baca Juga

1. Dua Buntut Lainnya

Pertandingan Tottenham Hotspur vs Liverpool di Liga Inggris, 30 September 2023. Foto: REUTERS/David Klein.

Darren England Kena Getahnya

Menyusul insiden ini, Darren England pun dieliminasi dari seluruh pertandingan Liverpool musim ini, namun beruntung tidak dipecat.

Selain itu, Darren England juga dibekukan dari tugasnya pekan ini dan akan kehilangan 1.200 poundsterling yang biasa ia dapat saat bekerja dalam satu laga weekend Premier League.

Baca Juga

Tidak hanya Darren England, asisten VAR yakni Dan Cook juga tidak akan bertugas di pertandingan akhir pekan ini.

Replay?

Jika bukan karena gol Luis Diaz dianulir, Liverpool mungkin bisa menyelamatkan sedikit wajah mereka dengan hasil imbang 2-2.

Beberapa waktu lalu, Jurgen Klopp mengatakan bahwa pertandingan antara Tottenham Hotspur vs Liverpool patut diulang kembali.

“Hal seperti ini belum pernah terjadi. Jadi saya rasa replay adalah hal yang benar untuk dilakukan,” ucapnya seperti dikutip dari BBC.

Baca Juga

Namun ketika ditanya apakah pihaknya akan mencoba mengajukan permohonan pertandingan ulang, pelatih asal Jerman tersebut belum bisa bicara banyak.

“Untuk sekarang kami masih mengulik informasi-informasi yang kami miliki,” ucapnya lagi.

Terlepas soal potensi pertandingan ulang, Liverpool saat ini bertengger di peringkat empat klasemen sementara Liga Inggris 2023/2024 dengan 16 poin.

Laga melawan Tottenham Hotspur adalah kekalahan mereka di Liga Inggris musim ini. Dari 7 laga yang sudah dimainkan, Liverpool menang 5 kali, imbang 1 kali, dan kalah 1 kali.

Selanjutnya, mereka akan berhadapan dengan Brighton setelah menyelesaikan pertandingan Liga Euroa tengah pekan ini.

Baca Juga
LiverpoolTottenham HotspurLiga InggrisIndepth

Berita Terkini