x

Mengenal Goncalo Inacio, Bek Muda Juru Selamat Man United yang Siap Tiba di Januari 2024

Kamis, 5 Oktober 2023 15:32 WIB
Editor: Juni Adi
Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United berpeluang untuk mendatangkan bek muda baru pada bursa transfer musim dingin Januari 2024 mendatang yaitu Goncalo Inacio.

Jendela bursa transfer di sepak bola Eropa saat ini memang sedang ditutup namun sejumlah klub sudah melakukan pergerakan salah satunya adalah Manchester United.

Baca Juga

Tim besutan Erik ten Hag itu berusaha untuk menambah amnusi baru untuk memperbaiki performa tim di sisa kompetisi musim ini, setelah tampil buruk di awal musim.

Dari total 10 pertandingan di semua ajang, Manchester United sudah kalah enam kali. Ini merupakan start yang buruk bagi mereka dalam beberapa tahun terakhir sejak ditinggal oleh Sir Alex Ferguson.

Tak heran jika Erik ten Hag berusaha mencari pemain tambahan guna menutup kekurangan tim di beberapa sektor, termasuk lini pertahanan yang paling disorot.

Saat ini, pertahanan Manchester United sangat rapuh jika melihat dari jumlah kebobolan mereka di kompetisi lokal maupun Eropa. Masalah cedera menjadi faktor utama selain mental para pemain.

Baca Juga

Manchester United telah kehilangan Lisandro Martinez di posisi bek tengah. Praktis mereka saat ini hanya mengandalkan Raphael Varane, Victor Lindelof dan Harry Maguire yang sebagian besar tak disukai.

Ada Jonny Evans dibawa kembali ke Old Trafford hanya sebagai pengganti. Hanya saja ia tak bisa selalu tampil di setiap pertandingan mengingat usianya yang sudah tidak lagi muda.

Maka dari itu Erik ten Hag berusaha mencari bek baru dan nama pemain muda asal Portugal, Goncalo Inacio, masuk dalam radarnya untuk diboyong pada bursa transfer musim dingin Januari 2024 menurut laporan The Sun.

Pihak Manchester United sedang mempertimbangkan untuk melayangkan tawaran kepada Sporting Lisbon selaku pemilik sang pemain, dengan nilai klausul pelepasan sebesar 60 juta euro. Berikut profil singkat Goncalo Inacio:

Baca Juga
 

1. Profil Goncalo Inacio

Bek Sporting Lisbon yang dikaitkan dengan Liverpool, Goncalo Inacio (baju hijau kiri). (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

Goncalo Inacio merupakan salah satu bek muda potensial di Portugal dan sepak bola Eropa. Ia lahir di Almada pada 25 Agustus 2001 atau 22 tahun silam.

Dirinya memulai karier sepak bola profesional saat menimba ilmu di akademi klub lokal Almada pada tahun 20112, lalu hijrah ke tim muda Sporting Lisbon.

Baca Juga

Di sana ia dididik hingga kemampuannya terus terasah dan naik level dalam beberapa tahun terakhir mulai dari tim U-15 sampai memperkuat tim U-23 dan mendapat kesempatan promosi ke tim utama pada 2020 lalu.

Goncalo Inacio kemudian melakoni debutnya di tim utama Sporting Lisbon saat diturunkan sebagai starter di Piala Liga Portugal pada November 2020 lalu.

Kala itu ia tampil penuh 90 menit menghadapi Sacavenense dalam kemenangan timnya 7-1, dimana salah satu golnya dibuat oleh Inacio.

Sejak mentas ke tim senior Sporting Lisbon, ia menjadi salah satu bintang muda yang tampil sangat menggebrak di Portugal.

Baca Juga

Ia adalah pemain yang unggul di udara dan memiliki passing range yang luar biasa. Selain itu, pemain kelahiran Almada ini juga punya kekuatan di kaki kiri

Sebuah keuntungan bagi Manchester United karena seluruh bek kirinya mengalami cedera.

Goncalo Inacio dan Kualitasnya

Goncalo Inacio dideskripsikan laman foottheball.com sebagai bek tengah yang lihai dalam membawa bola baik dengan kaki kanan maupun kirinya.

Selain itu, ia juga luar biasa dalam membaca ruang di sekitar lawan saat membawa bola, dan memiliki fisik sempurna untuk menjadi bek tengah yang gesit.

Baca Juga

Saat sedang menguasai bola, ia tipe pemain yang akan terus mengawasi dan memindai area sekelilingnya untuk menemukan umpan terbaik.

Kemudian saat diberi kesempatan dan kebebasan, ia mampu membedah garis lawan dengan umpan progresif dan memilih rekan setimnya yang berada lebih di depan.

Musim ini, Goncalo Inacio telah memainkan 8 pertandingan untuk Sporting Lisbon di semua ajang. Ia memberikan rasa kokoh di lini belakang karena timnya baru kebobolan 7 gol dan sudah membuat 17 gol.

Melihat kualitasnya itu Manchester United pun harus bergerak cepat karena Liverpool juga sedang aktif memantau Goncalo Inacio.

Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisGoncalo Inacio

Berita Terkini