x

Sudah On The Track, Pakar Olahraga Dukung Erick Thohir Menduniakan Sepak Bola Indonesia

Jumat, 6 Oktober 2023 20:18 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Ketum PSSI Erick Thohir menghadiri acara Broadcaster Announcement FIFA World Cup U-17 Indonesia di Jakarta, Selasa (03/10/23).

INDOSPORT.COM - Hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyebut publik sepak bola puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI melahirkan beberapa pandangan.

Sebagian besar stakeholder sepak bola nasional setuju dengan penilaian yang menyebut PSSI dibawah kepemimpinan Erick Thohir mengalami kemajuan yang signifikan.

Baca Juga

Beberapa pengamat sepak bola seperti Kesit Handoyo dan Akmal Marhali sama-sama mengakui kinerja Erick Thohir yang dianggapnya membawa perubahan terutama soal prestasi Timnas Indonesia.

"Ketika ada perkembangan yang positif dari sepak bola Indonesia apakah kompetisi atau Tim Nasional, semuanya memperlihatkan kemajuan pasti imbasnya adalah kepemimpinan di PSSI itu dinilai membaik. Jadi kalau pak Erick memiliki tingkat kepuasan yang tinggi ya lumrah," kata Kesit kepada awak media, Jumat (05/10/23).

Sementara itu, pakar manajemen prestasi olahraga Djoko Pekik juga memberikan pandangannya terhadap hasil survei ini. Ia menilai PSSI dibawah kepemimpinan Erick Thohir sudah on the track menuju perbaiki sepak bola Indonesia. 

Djoko Pekik menegaskan terkait dengan kinerja PSSI dalam konteks organisasi, Erick Thohir memang sudah on the track untuk menuju progres yang baik.

Baca Juga

"Tentu dimulai dari aspek manajerial semacam penataan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Serta melakukan bersih-bersih terhadap mafia-mafia sepak bola dan sebagainya jadi di dalam konteks itu memang dibawah Pak Erick secara progresif bisa dikatakan lebih baik," ujar Djoko Pekik.

"Hasil survei akan lebih valid jika prestasi sepak bola kita yang semakin membaik. Indikator kinerja baik dan progresif akan nyambung dengan hasil berupa prestasi," tambahnya.

Dirinya pun berharap, selain Timnas Indonesia U-17 bisa berprestasi pada Piala Dunia U-17, Timnas bisa lolos ke Piala Dunia 2038 dibawah pemimpin yang tepat seperti Erick Thohir.

"Saya buat analisa tersebut, harapan kita dapatkan prestasi bagus, piala dunia U-17 terus meningkat seperti yang dicanangkan PSSI kita bisa lolos piala dunia 2038. Tugas utama PSSI adalah mampu menduniakan sepak bola Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga

1. Sejumlah Faktor

Ketum PSSI Erick Thohir menghadiri acara Broadcaster Announcement FIFA World Cup U-17 Indonesia di Jakarta, Selasa (03/10/23).

Dalam survei yang dilakukan LSI terhadap 1.206 responden itu, ditemukan bahwa 80,6 persen dari keseluruhan responden mengaku puas dengan kinerja Erick memimpin PSSI dengan rincian 28,2 persen sangat puas dan 52,4 persen cukup puas.

Kemudian 91,4 persen yang merupakan penggemar klub sepak bola seperti Persija, Persebaya, Arema, Persib, PSM, dan lain-lain, menyampaikan kepuasannya terhadap kinerja Erick, dengan 34,9 persen merasa sangat puas dan 56,5 persen cukup puas.

Baca Juga

Selain itu, kepuasan publik terhadap PSSI di bawah kepemimpinan Erick didorong sejumlah faktor. Pertama, terkait kinerja PSSI dalam membentuk atlet sepak bola berkualitas dengan 77 persen.

Kemudian upaya PSSI membentuk Timnas yang berkualitas dan berprestasi dengan 71 persen, mengembangkan sepakbola Indonesia yang maju, modern, dan professional sebesar 67 persen, serta dan mengkoordinasikan seluruh kompetisi dan turnamen dengan 62 persen.

"Sekitar 23,1 persen responden tahu Erick akan melakukan audit keuangan PSSI karena dugaan adanya pengelolaan keuangan yang  tidak semestinya di PSSI, awareness lebih tinggi di kelompok penggemar klub sepak bola Indonesia," ungkap Direktur LSI, Djayadi Hanan.

Baca Juga
PSSIErick ThohirBrunei DarussalamTimnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini