x

Statistik Gila James Maddison: Idaman Chelsea yang Bawa Tottenham Unbeaten di Liga Inggris

Jumat, 6 Oktober 2023 07:00 WIB
Editor: Subhan Wirawan
James Maddison, pemain Tottenham saat tampil di Liga Inggris

INDOSPORT.COM – Peforma apik James Maddison hingga membawa Tottenham belum terkalahkan di Liga Inggris 23/24, sukses membuat Chelsea kesengsem dan berhasrat memboyongnya musim dingin nanti.

Melansir dari laman Express, kabarnya Todd Boehly selaku pemilik Chelsea ingin kembali jor-joran pada bursa transfer bulan Januari mendatang.

Baca Juga

Hal tersebut dilakukan lantaran buruknya performa Chelsea sepanjang paruh pertama musim ini. Bahkan, The Blues masih belum bisa bersaing di papan atas klasemen meski sudah menggaet banyak pemain.

Pada bursa transfer musim dingin nanti, dikabarkan bahwa Chelsea bakal coba mendatangkan gelandang milik Tottenham, James Maddison.

Nama pemain berusia 26 tahun ini memang sempat jadi perbincangan hangat sepanjang musim panas kemarin.

Pasalnya, Maddison pernah jadi incaran beberapa klub Inggris seperti Liverpool. Namun, mereka tidak terlalu serius mengejarnya.

Baca Juga

The Blues sendiri sebelumnya mempunyai peraturan untuk tidak merekrut pemain di atas 25 tahun. Namun, situasi saat ini membuat mereka mempertimbangkan kembali hal tersebut.

Express meyakini bahwa pendekatan kepada Maddison akan langsung dilaksanakan pada musim dingin atau Januari 2024.

Andai benar bakal mendatangkan James Maddison, maka kubu Chelsea harus siap menggelontorkan banyak dana lantaran sang pemain baru saja didatangkan Tottenham awal musim kemarin.

Selain kontrak yang masih panjang, performa James Maddison yang sukses membawa Tottenham tak terkalahkan dalam 7 pertandingan Liga Inggris 23/24, bakal membuat manajemen The Lilywhites berusaha mati-matian mempertahankan bintangnya tersebut.

Tengah jadi incaran serius Chelsea musim dingin nanti, lantas seperti apakah rapor penampilan serta statistik James Maddison bersama Tottenham? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. James Maddison Otak Permainan Tottenham

James Maddison, pemain Tottenham di Liga Inggris

Melansir dari Sofascore, disebutkan bahwa James Maddison tak pernah sekalipun absen dari total 7 pertandingan yang dimainkan Tottenham di ajang Premier League musim ini.

Bahkan saking vitalnya peran James Maddison, mantan penggawa Leicester City tersebut selalu turun sebagai starter dan hanya tiga kali keluar sebelum laga berakhir.

Baca Juga

Selama di lapangan, James Maddison dikenal sebagai gelandang yang punya mobilitas tinggi serta daya menyerang yang eksplosif.

Heat map atau pergerakan di lapangan James Maddison terlihat sangat merata di lini tengah. Bahkan tak jarang dirinya berhasil merangsek ke kotak penalti lawan untuk membantu serangan Tottenham.

Secara statistik, James Maddison dari total 7 pertandingan bersama Tottenham musim ini mampu melepaskan 44 kali key passes. Kemudian umpan akurat ke pertahanan lawan mencapai 34 kali per laga.

Dari data tersebut, tak heran jika Maddison mampu ciptakan 4 assists di Liga Inggris musim ini atau 2,5 kali Expected Assists per laga.

Baca Juga

Selain itu, Maddison juga catatkan angka 1,7 kali dribel sukses per laga. Statistik ini menjadi bukti, betapa agresifnya pergerakan sang pemain ketika mendapat bola dan bakal jadi ancaman serius buat pertahanan lawan.

Terbukti, Madison punya catatan ofensif menjanjikan musim ini dengan melepaskan minimal tiga kali shots per game dengan rata-sata 1,9 kali tembakan yang mengarah tepat ke sasaran.

Dari total jumlah tembakan tersebut, James Maddison sukses mengemas dua gol saat menghadapi Bournemouth serta Burnley.

Satu hal lain yang membuat Maddison layak jadi incaran serius Chelsea, yakni kemampuan bertahannya yang cukup baik meski ia diposisikan sebagai pemain nomor 10.

Baca Juga

2. Statistik Bertahan

Suasana pertandingan Chelsea vs Aston Villa di Liga Inggris.

Walau jarang berada di area permainan sendiri, namun Maddison kerap jadi orang pertama yang melakukan intersep kala Tottenham mendapat counter attack.

Laman Sofascore mencatat, pemain kelahiran Coventry ini setidaknya mampu melakukan 0,4 kali interceptions per game di musim 23/24. Kemudian torehkan angka 1,1 tackles per game serta 24 kali balls recovered per game.

Dengan kemampuan intersep cepat dan ditambah akurasi umpan serta finishing mumpuni miliknya, tak heran jika Tottenham bisa mencetak gol melalui skema fast break.

Andai Chelsea berhasil mendapatkan tanda tangan James Maddison, bisa dipastikan lini tengah The Blues bakal jadi salah satu kekuatan yang menakutkan di Liga Inggris.

Berduet dengan Enzo Fernandez serta Moises Caicedo, tampaknya Chelsea bisa torehkan prestasi lebih baik pada paruh kedua Liga Inggris nanti.

Bursa TransferChelseaTottenham HotspurLiga InggrisBerita TransferJames Maddison

Berita Terkini