x

Demi Pengganti Joel Matip, Liverpool Siap Sikut-sikutan dengan Manchester United

Sabtu, 7 Oktober 2023 20:41 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Aksi Quinten Timber (kanan) berduel dengan Matt O'Riley di laga Feyenoord vs Celtic. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, disebut siap sikut-sikutan dengan Manchester United untuk mendapatkan Quinten Timber.

Nama gelandang Feyenoord, Quinten Timber, belakangan menjadi perbincangan di klub-klub top Eropa. Saudara kembar Jurrien Timber tersebut dinilai punya kualitas mumpuni untuk bermain di liga papan atas.

Baca Juga

Sejauh ini, Raksasa Liga Inggris, Manchester United, disebut menjadi yang terdepan untuk mengamankan sang pemain. Namun, upaya Man United untuk mendatangkan Quinten Timber pada bursa transfer mendatang agaknya tidak akan mulus.

Dilansir dari 90min, tiga kesebelasan Liga Inggris lainnya, yakni Liverpool, Manchester City, dan Tottenham rupanya juga mengincar pemain berusia 22 tahun tersebut.

Sementara itu, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, AS Monaco, hingga Napoli juga diketahui telah mengirimkan pemandu bakat untuk memantau Quinten Timber.

Keterampilan Quinten Timber untuk beroperasi di banyak posisi di lini tengah menjadi daya tarik utama. Sang pemain sejauh ini juga telah membuat 3 assist dan 1 gol dalam 7 pertandingan.

Baca Juga

Deretan klub peminat tersebut pun dibuat semringah dengan pernyataan sang pemain sendiri yang ingin berpindah dari Feyenoord ke klub besar Eropa suatu hari nanti.

"Tentu, saya ingin pindah ke klub besar di masa depan. Akan sangat menyenangkan untuk melakukan itu," tutur Quinten Timber.

"Tapi, tentu saja, musim ini saya ingin menunjukkan permainan cemerlang bersama Feyenoord. Baru, setelah itu, kita akan lihat ke mana masa depan akan membawa saya," ujarnya. 

Liverpool sendiri berupaya mendatangkan Quinten Timber untuk menggantikan Joel Matip, yang kontraknya habis pada Juni 2024. Lantas, seperti apa kualitas Quinten Timber, yang membuat banyak klub mengincarnya?

Baca Juga

1. Profil Quinten Timber

Joel Matip berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Southampton.

Quinten Timber adalah pesepak bola berpaspor Belanda yang lahir di Utrecht pada 17 Juni 2001. Ia sendiri merupakan saudara kembar dari bek milik Arsenal, Jurrien Timber.

Kariernya di sepak bola pun sama dengan Jurrien Timber, di mana kedua pemain kembar itu bermain di akademi DVSU dan Feyenoord sebelum bermain di akademi Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Keduanya pun bahkan bermain bersama di Jong Ajax. Sayangnya, Quinten Timber harus menerima gagal menembus tim utama, berbanding terbalik dengan kembarannya.

Saat Jurrien Timber bermain di tim utama Ajax secara konsisten, Quinten Timber justru dilepas secara gratis ke FC Utrecht pada musim panas 2021.

Siapa sangka, di FC Utrecht ini Quinten Timber tampil apik dengan mencetak 2 gol dan 4 assist dari 33 laga, yang membuat Feyenoord kembali merekrutnya pada musim panas 2022 dengan kontrak 4 tahun.

Di musim 2022/2023 yang merupakan musim pertamanya di Feyenoord, Quinten tampil moncer dengan mencetak 2 gol dan 3 assist hingga timnya menjadi kampiun Liga Belanda.

Baca Juga

Catatan gol dan assist Quinten Timber selama bermain di level profesional sejatinya tak cukup baik untuk pemain yang biasa bermain di sektor gelandang serang.

Ia tercatat baru mencetak total 5 gol dan 10 assist sejak debut di kancah profesional pada 2021 lalu dalam 74 pertandingan di segala ajang.

Namun, jika dilihat lebih dalam, Quinten Timber punya catatan menarik untuk seorang gelandang serang, karena membukukan catatan 0,3 assist per 90 menit selama setahun terakhir.

Kelemahan Quinten hanya terletak pada keinginannya bertahan. Hal ini terbilang wajar untuk pemain nomor 10 yang dituntut fokus membangun serangan.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiverpoolJoel MatipLiga InggrisBerita TransferQuinten Timber

Berita Terkini