x

Peran Penting Istri Sir Alex Ferguson untuk Sejarah Besar Manchester United

Sabtu, 7 Oktober 2023 09:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Istri Sir Alex Ferguson, Cathy, sudah berperan banyak dalam karier sang suami di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

INDOSPORT.COM - Istri Sir Alex Ferguson, Cathy, sudah berperan banyak dalam karier sang suami di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Cathy Ferguson meninggal dunia pada usia 84 tahun pada Kamis (05/10/23) di Cheshire, sebagaimana kabar yang disampaikan pihak keluarga pada Jumat (06/10/23).

“Kami dengan sedih mengabarkan bahwa Lady Cathy Ferguson telah berpulang,” demikian bunyi pernyataannya, seperti diwartakan Sky News.

Pada kesempatan yang sama, keluarga besar Sir Alex dan Cathy Ferguson pun meminta publik agar memberi mereka privasi di tengah situasi duka ini.

Cathy Ferguson meninggalkan sang suami, Sir Alex, tiga anak laki-laki, dua saudara perempuan, 12 cucu, dan satu cicit.

Semasa hidupnya, mendiang sudah menemani langkah sang suami sejak keduanya menikah pada tahun 1966 silam.

Baca Juga

Lima dekade lebih keduanya bersama dalam ikatan pernikahan, dan selama itu juga keduanya telah melalui banyak hal sebagai pasangan.

Salah satunya, mengalami masa-masa saat Sir Alex Ferguson berada di Manchester United, klub yang menjadikannya manajer legendaris di Liga Inggris.

Dai bawah asuhan Sir Alex Ferguson, Manchester United memang meraih kesuksesan masif dengan deretan trofi yang berjejer.

Namun siapa sangka, Cathy Ferguson ternyata ikut berperan penting di belakang layar. Tanpanya, sang suami pasti sudah pensiun dini pada musim 2000/2001.

Ya, Sir Alex Ferguson memang sempat berpikiran mundur dari Manchester United dan mengungkapkan keinginannya tersebut kepada publik.

“Keputusan sudah diambil. Saya akan pergi,” ucapnya saat itu, membuat jagat sepak bola heboh dan terkejut.

Baca Juga

Bahkan, mantan pemain Setan Merah yakni Wes Brown sempat menceritakan apa yang terjadi di ruang ganti saat Fergie mengungkap rencana pensiunnya.

“Saya masih ingat bagaimana manajer masuk dan menyuruh kami duduk, lalu mengungkapkan rencana untuk pensiun,

“Dia ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, yang mana dapat dimaklumi,” ucap Wes Brown seperti pernah diwartakan Manchester Evening News.

Meski begitu, Fergie kemudian berubah pikiran dan tetap melanjutkan kariernya bersama Manchester United.

Awal musim ia ingin pensiun, namun pada Januari tahun berikutnya ia berhasil membawa Manchester United memanjat naik ke posisi puncak klasemen.

Baca Juga

1. Peran Penting Cathy Ferguson

Istri Sir Alex Ferguson, Cathy, sudah berperan banyak dalam karier sang suami di klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Cathy Ferguson pun punya peran penting di balik keputusan sang suami untuk membatalkan keinginan mundur dari Manchester United.

“Itu idenya Cathy. Jika bukan karena dia dan anak-anak yang memberi dukungan penuh, saya mungkin tidak akan berubah pikiran,” kenang Sir Alex Ferguson.

Baca Juga

“Tapi saya harus mengakuinya. Mungkin itu adalah ide yang saya harapkan muncul darinya saat itu,” tambah Fergie lagi.

Keputusan untuk batal pensiun pun terasa tepat lantaran setelah itu Fergie tetap tampil luar biasa bersama Manchester United.

Gelar demi gelar, trofi demi trofi pun terus ia sumbangkan untuk klub, termasuk Liga Inggris, Piala Liga Inggris, Piala FA, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, Sir Alex Ferguson telah kehilangan belahan hatinya untuk selama-lamanya.

Baca Juga

Manchester United sendiri telah mengirimkan ucapan belasungkawa atas kepergian Cathy Ferguson melalui sebuah pernyataan resmi.

“Semua orang di Manchester United mengucap belasungkawa kepada keluarga Sir Alex Ferguson atas meninggalnya Lady Cathy,

“Lady Cathy adalah istri, ibu, saudara perempuan, nenek, dan nenek buyut yang sangat dicintai, serta sumber kekuatan Sir Alex sepanjang kariernya.”

Untuk menghormati dan mengantar kepergian Cathy Ferguson, Manchester United akan memakai pita hitam di pertandingan kontra Brentford di Liga Inggris, Sabtu (07/10/23).

Rest in Peace, Cathy Ferguson.

Baca Juga
Manchester UnitedSir Alex FergusonCathy FergusonLiga InggrisIndepth

Berita Terkini