x

Siapa Robin Le Normand? Bek Sociedad yang Jadi Target Terbaru Real Madrid

Sabtu, 7 Oktober 2023 12:30 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Real Madrid, dirumorkan memplot bek Real Sociedad, Robin Le Normand, sebagai target di bursa transfer Januari 2024.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Real Madrid, dirumorkan memplot bek Real Sociedad, Robin Le Normand, sebagai target di bursa transfer Januari 2024.

Dilaporkan oleh jurnalis Ekrem Konur, bek berpaspor Spanyol itu menjadi target Real Madrid guna membenahi lini belakangnya yang keropos.

Baca Juga

Saat ini, lini belakang Real Madrid tengah keropos seiring cederanya Eder Militao yang bakal absen setidaknya hingga akhir musim.

Selain itu, beberapa pilarnya di lini pertahanan telah dimakan usia, sehingga tim berjuluk Los Blancos itu merasa butuh regenerasi.

Tak ingin berlama-lama dalam melakukan regenerasi, klub ibu kota Spanyol tersebut berencana memperbaiki lini belakang di Januari 2024.

Nama Robin Le Normand pun menjadi nama teratas yang ada dalam daftar Real Madrid untuk menyegarkan lini pertahanannya itu.

Baca Juga

Profil Robin Le Normand

Robin Le Normand adalah pesepak bola berpaspor Spanyol yang lahir di Prancis, tepatnya di Pabu pada 11 November 1996 atau kini berusia 26 tahun.

Lahir di Prancis, karier Normand bermula di Brest sejak kecil. Pada 2013, atau saat usianya 17 tahun, ia debut di tim Reverse yang bermain di kasta kelima.

Tak butuh waktu lama, Normand berhasil bermain di tim utama Brest yang waktu itu bermain di Ligue 2 atau kasta kedua. Performanya itu pun kemudian menarik atensi Real Sociedad.

Pada 2016, Sociedad meminangnya. Tapi di awal kepindahannya, ia bermain di tim B selama dua tahun untuk beradaptasi.

Barulah pada 2018 Normand masuk tim utama dan bertahan hingga saat ini. Total 187 penampilan telah dibuatnya bersama Sociedad.

Lalu, bagaimana kualitas Normand saat bermain sebagai bek? Apakah statistiknya cocok untuk mengisi lini belakang Real Madrid?

Baca Juga

1. Kualitas Robin Le Normand

Robin Le Normand (kiri) berduel dengan Roko Simic di laga RB Salzburg vs Real Sociedad. (Foto: REUTERS/Leonhard Foeger)

Secara nama, Robin Le Normand sejatinya bukanlah salah satu bek bernama besar. Meski begitu, Real Madrid melihat sesuatu pada dirinya yang bisa menguntungkan.

Terlebih setelah Normand dipanggil ke Timnas Spanyol oleh Luis de la Fuente pada Juni 2023 lalu dan konsisten dipanggil untuk bersaing di lini belakang La Furia Roja.

Baca Juga

Secara kualitas, Normand adalah bek bertipe Ball Playing Defender. Ia bukanlah bek agresif yang mengandalkan duel atau tekel, tapi lebih membaca permainan dan arah bola.

Kemampuan sebagai Ball Playing Defender ini terlihat dari angka, di mana Normand rata-rata melepaskan 58,48 operan per 90 menit dengan akurasi 88,1 persen.

Dari jumlah operan dan akurasinya itu, rata-rata Normand melepaskan 4,15 operan progresif atau operan ke area lawan.

Lalu bagaimana dengan catatannya saat bertahan? Seperti yang telah dibahas sebelumnya, tipikal Normand sebagai Ball Playing Defender membuatnya andal dalam membaca permainan.

Baca Juga

Normand bukanlah tipe bek agresif yang terlihat dari minimnya tekel yang ia buat, yakni 1,07 tekel per 90 menit. Tapi kemampuannya membaca permainan membuatnya catatan intersepnya tinggi.

Tercatat Normand membuat rata-rata 1,75 intersep per 90 menit. Kemampuan ini pun dibarengi dengan catatan memenangi duel udara sebanyak 3,69 kali per 90 menit.

Secara kualitas, Normand sejatinya tak punya catatan apik sebagai bek bila dibandingkan barisan pertahanan Real Madrid saat ini.

Tapi, catatan-catatan Normand itu membuktikan dirinya masih bisa berkembang dan dipoles lebih jauh untuk menjadi seorang bek top bagi Real Madrid dan Timnas Spanyol.

Baca Juga
Bursa TransferReal MadridLaLiga SpanyolIn Depth SportsLiga SpanyolprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini