x

Andy Kellett, Pemain Antah-berantah yang Sempat Nyasar ke Manchester United

Minggu, 8 Oktober 2023 22:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kisah Andy Kellett, salah satu rekrutan paling aneh Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, pernah memiliki pemain unik bernama Andy Kellett.

Ia mendarat di Manchester United jelang penutupan bursa transfer musim dingin 2014/2015. Sosok yang satu ini tergolong unik karena tidak banyak yang mengenal namanya saat itu.

Oleh karenanya, tidak heran apabila banyak pula yang bertanya-tanya, siapa sih Andy Kellett ini dan ada angin apa sampai Louis van Gaal punya ide mendatangkannya?

Pada periode tersebut, Manchester United memang sedang dihantam situasi sulit terkait stok pemain mereka di lini belakang.

Louis van Gaal pun harus memutar otak untuk menambal kekurangan stok, hingga memanggil pemain-pemain akademi yang masih bau kencur.

Manchester United, tentu saja bukan tanpa buruan di bursa transfer musim dingin kala itu. Mereka juga dikaitkan dengan sejumlah pemain yang sudah punya nama.

Baca Juga

Akan tetapi, alih-alih berhasil menggaet pemain top seperti Mat Hummels misalnya, Manchester United malah memboyong Victor Valdes.

Tidak cukup sampai di situ, Andy Kellett yang merapat setelahnya pun tidak luput dari gunjingan publik. Banyak yang mempertanyakan, siapa pemain ini dan mengapa ia direkrut?

Namun Andy Kellett ‘hanya’ direkrut dengan status pinjaman dari Bolton Wanderers. Sebelumnya, ia juga sempat membela Plymouth Argyle.

Kedatangan Andy Kellett pun beriringan dengan dilepasnya Saidy Janko ke The Trotters. Di Manchester United, gelandang kelahiran Bolton tersebut pun tidak mampu bicara banyak.

Baca Juga

Ya, kualitas Andy Kellett saat ini memang tidak bisa dibilang brilian. Saat direkrut Setan Merah, usianya masih 21 tahun dan memiliki jam terbang yang minim di Divisi Championsip.

Benar saja, tidak lama setelah merapat Andy Kellett ternyat dimasukkan ke Manchester United U-21 alih-alih tim utama.

Menariknya, jangankan bermain di tim utama, Andy Kellett bahkan kurang ‘nendang’ saat tampil bersama Manchester United U-21.

Padahal, tim tersebut berisi pemain-pemain yang sepantaran atau bahkan berusia lebih muda darinya satu hingga dua tahun.

Baca Juga

1. Sepak Terjang Andy Kellett di Manchester United

Kisah Andy Kellett, salah satu rekrutan paling aneh Manchester United. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Bersama Manchester United U-21, Andy Kellett hanya mencatatkan 9 penampilan di seluruh kompetisi dan mengumpulkan 619 menit bermain.

Seluruh kompetisi? Tentu saja hanya Premier League U-21.

Sepak terjang Andy Kellett yang bikin orang-orang mengerutkan dahi ini pun tidak ayal menjadi catatan menarik tersendiri sepanjang sejarah Manchester United.

Tidak heran juga banyak pihak yang kemudian memasukkan nama sang pemain ke daftar transfer teraneh yang pernah dilakukan Manchester United.

Sejak awal saja perekrutannya sudah dipertanyakan.

Walau memiliki hari-hari yang tidak gemilang di Manchester United, Andy Kellett setidaknya sudah pernah merasakan lompatan karier yang cukup signifikan.

Baca Juga

Di Manchester United ini pula, ia bisa berjumpa banyak pemain bintang yang mungkin membuatnya sedikit starstruck.

“Saya ingat hari pertama saya. Saya dikelilingi banyak pemain brilian,” ucapnya seperti pernah diwartakan Bleacher Report.

Bahkan, ia mendapat sambutan yang cukup hangat dan menggelitik dari para pemain Manchester United termasuk Angel Di Maria.

“Waktu itu saya masih baru dan Angel Di Maria memperkenalkan dirinya kepada saya dengan melakukan nutmeg,” kenangnya lagi.

Baca Juga

“Semua pemain tertawa, saya juga. Saya senang dia melakukannya karena bisa mencairkan suasana. Setelah itu, saya tidak pernah merasa kesepian di sana,” katanya lagi.

Namun kenangan itu hanya bisa tersimpan selamanya di benak Andy Kellett yang pada akhirnya tidak bisa merasakan berada di tim yang sama dengan Angel Di Maria dkk.

Setelah Manchester United, pemain bernama lengkap Andrew Paul Kellett tersebut hengkang ke Wigan Athletic.

Sampai saat ini, Andy Kellett masih aktif sebagai pemain meski sudah berkecimpung di kompetisi semi profesional.

Teranyar, ia baru saja bergabung dengan Bury, klub yang saat ini bermain di kompetisi kasta sembilan Liga Inggris, Premier Division of the North West Counties League.

Baca Juga
Manchester UnitedAndy KellettLiga InggrisIndepth

Berita Terkini