x

Asisten Shin Tae-yong Bongkar Alasan Dibalik Pro Kontra Pemanggilan Pemain Timnas

Minggu, 8 Oktober 2023 01:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Shin Tae-yong memimpin latihan Timnas Indonesia jelang lawan Argentina di GBK

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto angkat bicara terkait pro kontra pemanggilan pemain untuk Pra Kualifikasi Piala Dunia 2026 lawan Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober mendatang. 

Seperti diketahui, tim pelatih Timnas memanggil 26 pemain untuk pertandingan pekan depan. Tapi, banyak penggemar sepak bola nasional yang tidak setuju dengan beberapa nama yang diberi kepercayaan. 

Baca Juga

Di media sosial, netizen menilai panggilan untuk Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman sepertinya tidak tepat karena belakangan keduanya tidak dalam top perform. Sedangkan Stefano Lilipaly yang on fire justru tidak dapat kesempatan.

Bahkan, Nabil Husein selaku pemilik Borneo FC, klub tempat Lilipaly bernaung memberikan sentilan dengan menyebut Shin Tae-yong adalah pelatih unik.

Menjawab pro kontra tersebut, Nova Arianto menjelaskan bahwa keputusan memanggil pemain sudah melalui pertimbangan ketat. Tidak ada istilah pemain kesayangan, tapi berdasarkan kebutuhan taktikal. 

"Dalam memanggil pemain banyak pertimbangan dari coaching staff, karena kami tau banyak pemain yang tampil sangat baik di kompetisi dan bukan hanya 1 atau 2 pemain saja," buka Nova Arianto dalam keterangannya ke awak media. 

Baca Juga

"Harus digaris bawahi, head coach punya filosofi bermain dan pastinya akan berbeda dengan di klub karena pemain yang dipanggil akan disesuaikan dengan game plan yang akan dibuat saat menghadapi Brunei Darussalam," lanjutnya. 

Lebih lanjut, Nova menyampaikan, pemilihan pemain juga berdasarkan attitude pemain di luar lapangan. Karakter pemain disesuaikan dengan lawan yang bakal dihadapi, jadi tidak heran ada pemain yang sedang 'gacor' tapi belum dapat kesempatan. 

"Pastinya semua pemain selalu dilihat dan dipantau bukan hanya dipertandingan kompetisi tetapi bagaimana mereka di latihan disaat bersama Tim Nasional, termasuk attitude mereka di luar lapangan," jelas eks pemain Persib Bandung itu. 

"Head coach kami pastinya sudah melihat semua karakter pemain yang pernah dipanggil di Tim Nasional, baik di senior sampai di level Timnas U-20 dan itu pastinya menjadi pertimbangan besar dalam memanggil pemain," tambah Nova Arianto. 

Baca Juga

1. Harapan Nova Arianto

Starting eleven Timnas Indonesia saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum melawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday di stadion GBT, Surabaya, Jumat (08/09/23).

Dengan keputusan yang sudah ditetapkan, Nova Arianto berharap masyarakat mendukung penuh Shin Tae-yong. Dia optimis, apa yang dilakukan juru taktik asal Korea Selatan itu sudah di jalur yang benar. 

"Hormati keputusan keputusan head coach dan mari bersama-sama memberikan doa dan dukungan yang terbaik agar Tim Nasional bisa meraih hasil terbaik dan bisa lolos ke babak selanjutnya," tandas pelatih 44 tahun itu. 

Baca Juga

Shin Tae-yong awalnya memanggil 25 pemain untuk lawan Brunei, tapi Jordi Amat dan Yance Sayuri sedang cedera. Musibah itu didapat saat membela klubnya masing-masing.

Sebagai gantinya, Shin Tae-yong mengganti keduanya dengan memanggil Fachruddin Aryanto (Madura United), Dzaky Asraf (PSM Makassar), dan Hokky Caraka (PSS Sleman). Jadi, ada 26 pemain yang harus berkumpul pada 9 Oktober nanti.

Baca Juga
Stefano LilipalyNova AriantoTimnas IndonesiaNabil Husein AminEgy Maulana VikriPiala Dunia 2026Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini