x

Fakta-Fakta Menarik Brighton vs Liverpool: Mohamed Salah di Ambang Rekor Lagi

Minggu, 8 Oktober 2023 11:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Mohamed Salah siap menggebrak panggung Liga Inggris (Premier League) antara Brighton vs Liverpool. Foto: REUTERS/Carl Recine.

INDOSPORT.COM - Mohamed Salah siap menggebrak panggung Liga Inggris (Premier League) yang akan menyajikan laga Brighton vs Liverpool, Minggu (08/10/23).

Bahkan, winger asal Mesir tersebut berpeluang menyalip rekor salah satu legenda The Reds yakni Kenny Dalglish.

Baca Juga

Liverpool dijadwalkan bersua Brighton untuk pekan ke-8 Liga Inggris (Premier League) hari ini. Keduanya sampai sekarang bersaing cukup ketat di papan klasemen.

Liverpool di peringkat 4 mengantongi 16 poin, sedangkan Brighton di peringkat 6 telah mengumpulkan 15 poin. Ya, selisih angka mereka cukup tipis, kan?

Namun berburu kemenangan dan poin maksimal bukan satu-satunya tujuan The Reds dan The Seagulls nanti malam. Berdasarkan informasi dari laman resmi klub, ada beberapa fakta menarik yang tentunya sayang dilewatkan.

Mohamed Salah

Mohamed Salah misalnya, punya misi besar menyalip catatan legenda The Reds, Kenny Dalglish. Saat ini, mereka sama-sama sudah mencetak 6 gol ke gawang Brighton.

Baca Juga

Untuk bisa melampaui Kenny Dalglish, satu gol saja cukup bagi Mohamed Salah di laga nanti malam. Apakah ia mampu melakukannya?

Jurgen Klopp

Selain misi penting Mohamed Salah, Jurgen Klopp juga punya catatan menarik di laga menghadapi Brighton.

Laga hari ini bertepatan dengan peringatan delapan tahun dirinya menangani Liverpool sebagai manajer. Ia pertama datang pada 2015 silam.

Selama membesut Liverpool, Jurgen Klopp sudah melakukan banyak hal termasuk menyulap Liverpool menjadi klub begelimang trofi lagi - setelah sekian lama.

Kutukan gagal juara Liga Inggris pun berhasil ia patahkan dan sederet pemain apik juga merapat ke skuad, termasuk Mohamed Salah.

Dari 303 pertandingan di liga, Jurgen Klopp sudah membawa Liverpool menang 190 kali dan mencetak 644 gol.

Baca Juga

1. Fakta-Fakta Lainnya

Fakta-fakta menarik jelang laga Liga Inggris Brighton vs Liverpool, Minggu (08/1023). Foto: REUTERS/Phil Noble.

Catatan Pertemuan

Sejauh ini, Liverpool telah memenangkan 20 dari 38 pertandingan mereka kontra Brighton. Terakhir, mereka bersua di putaran empat Piala FA pada 29 Januari 2023.

Saat itu, Liverpool takluk di tangan Brighton dengan skor tipis, 1-2. Harvey Elliott menjadi satu-satunya pencetak gol The Reds.

Baca Juga

Sementara itu, dwigol masing-masing diciptakan oleh Lewis Dunk dan Kaoru Mitoma. Anak-anak asuh Roberto De Zerbi bukan lawan receh bagi Liverpool.

James Milner

James Milner mengakhiri hari-harinya di Liverpool musim panas ini. Ia angkat kaki setelah kontraknya habis.

Saat ini, James Milner berada di Brighton dan akan menyaksikan bagaimana tim dan mantan timnya bersaing meraih kemenangan malam ini.

Sebelum ke Brighton, ia sudah mencatatkan 26 gol dan bertanding di 332 laga untuk Liverpool. Perannya dulu juga cukup krusial sebagai wakil kapten.

Baca Juga

Alexis Mac Allister

Bukan James Milner saja, Alexis Mac Allister juga akan reuni dengan tim lamanya. Di Brighton dulu, ia sudah berpartisipasi di 112 pertandingan sebelum pindah ke Liverpool.

Dari 112 pertandingan tersebut, ia telah mencetak 20 gol.

Adam Lallana

Momen reuni lainnya. Ada Adam Lallana yang merapat ke Brighton dari Liverpool pada 2020 lalu. Selama berseragam The Reds, ia sudah tampil di 178 pertandingan.

Dari 178 pertandingan tersebut, ia telah mencetak 22 gol.

Pemain Andalan Jurgen Klopp

Menghadapi Brighton, Liverpool tentunya tidak boleh lengah. Tim yang satu ini dalam beberapa waktu terakhir memang sedang naik daun.

Mereka ditangani oleh Roberto De Zerbi, pelatih yang berhasil membawa The Seagulls naik derajat dan bermain di Liga Europa.

Tentu saja, Liverpool bakal turun dengan kekuatan penuh termasuk menurunkan para pemain andalan mereka.

Dari sekian pemain yang menjadi langganan starter, hanya Alisson Becker, Andy Robertson, dan Dominik Szoboszlai yang belum pernah absen selama satu menit pun dalam pertandingan.

Mereka semua pun memegang peran penting di posisi masing-masing dan membantu Liverpool secara kolektif untuk memenangkan pertandingan.

Baca Juga
 
LiverpoolMohamed SalahBrighton & Hove AlbionKenny DalglishLiga InggrisOne FootballIndepth

Berita Terkini