x

Siapa Felipe Silva? Bomber Liga China yang Ditaksir Persija Jakarta dan Thomas Doll

Senin, 9 Oktober 2023 13:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga 1 2023/2024, Persija Jakarta, dirumorkan akan menggaet penyerang Liga China, yakni Felipe Silva, saat bursa transfer dibuka.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga 1 2023/2024, Persija Jakarta, dirumorkan akan menggaet penyerang Liga China, yakni Felipe Silva, saat bursa transfer dibuka.

Dalam laporan yang beredar, penyerang milik Chengdu Rongcheng itu menjadi target untuk memperkuat lini serang tim arahan Thomas Doll tersebut.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Persija Jakarta tak memiliki penyerang tajam selain Marko Simic yang kini sudah mulai menua dan rentan dibekap cedera.

Penampilan penyerang asal Kroasia itu pun dirasa tak cukup apik bila dibandingkan para penyerang asing lainnya yang berlaga di Liga 1 2023/2024, dengan baru mencetak 3 gol.

Karena kebutuhan akan pencetak gol ulung ini, nama Felipe Silva muncul sebagai target tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Kabar ini makin menguat mengingat bursa transfer kedua Liga 1 2023/2024 akan dibuka pada bulan depan, tepatnya 1-28 November 2023.

Baca Juga

Profil Felipe Silva

Felipe Silva merupakan pesepak bola asal Brasil yang lahir di Teresina pada 3 April 1992 dengan nama lengkap Felipe de Sousa Silva.

Pemain berusia 31 tahun itu mengawali kariernya di tim kasta bawah Brasil, seperti Guarani de Juazeiro, Sao Caetano, Caxias, Sorocaba, Ferroviaria, Sertaozinho, Bragantino, Votuporanguense, dan Vila Nova.

Ia berkarier sejak 2012 hingga 2018, sebelum akhirnya menyeberang ke Asia dan bermain pertama kali di Korea Selatan bersama Gwangju FC.

Di Korea Selatan, Felipe tampil gacor dengan mencetak 41 gol dari 79 penampilan, yang membuatnya dipinang Chengdu Rongcheng pada 2021.

Di Rongcheng, ketajaman Felipe tak mengendur begitu saja. Sejak 2021 itu, ia mampu mencetak total 29 gol dari 65 laga di berbagai ajang.

Lalu, bagaimana dengan kualitasnya sepanjang musim 2023 ini bersama Chengdu Rongcheng, sehingga Persija tertarik meminangnya?

Baca Juga

1. Kualitas Felipe Silva

Felipe Silva, pemain yang dirumorkan ke Persija Jakarta. (Foto: Instagram@chengdurongchengfc)

Di musim 2023 ini, Felipe Silva menjadi andalan bagi Chengdu Rongcheng di ajang Chinese Super League (CSL) atau Liga Super China.

Tercatat ia telah tampil sebanyak 23 kali sebagai starter, dan berhasil mencatatkan total 9 gol dan 5 assist bagi Chengdu Rongcheng.

Baca Juga

Terlepas dari catatan gol dan assistnya, Felipe punya catatan unik. Tercatat di musim 2023 ini, ia punya rataan 0,4 gol per laga dari 2,7 tembakan per laga.

Konversi golnya pun cukup tinggi, yakni mencapai 15 persen, di mana 9 golnya datang di kotak penalti lawan dengan rincian 5 gol lewat tandukan dan 4 gol lewat kaki kirinya.

Selain itu, Felipe tercatat mampu membuat 5 assist bagi rekan-rekannya. Hebatnya, ia tergolong kreatif dengan membuat 1,4 umpan kunci per laga serta total membuat 8 peluang emas dari 23 laga.

Felipe bukanlah penyerang bertipe Target Man seperti Simic. Hal ini terbukti dengan kemauannya turun membantu permainan dengan rataan 15,7 operan sukses per laga.

Baca Juga

Selain itu, Felipe juga andal dalam melakukan dribel. Dengan postur hingga 1,9 meter, ia rata-rata membuat 1,8 dribel per laga dan mampu memenangkan 9,2 duel per laga.

Catatan-catatan ini membuktikan Felipe punya kualitas mumpuni untuk menjadi Target Man atau tandem Marko Simic di lini serang.

Tapi Persija harus siap-siap merogoh kocek dalam. Sebab, Felipe masih punya kontrak satu tahun lagi dengan Chengdu Rongcheng.

Baca Juga
Persija JakartaIn Depth SportsLiga 1Thomas DollIndepth

Berita Terkini