x

Meski Tak Ada yang Peduli Tapi Akhirnya Manchester City Merasakan Kalah Beruntun

Selasa, 10 Oktober 2023 18:09 WIB
Editor: Juni Adi
Ekspresi kecewa Bernardo Silva dan Matheus Nunes usai Manchester City tumbang dari Arsenal. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Manchester City akhirnya kembali merasakan kekalahan beruntun di Liga Inggris (Premier League) sebanyak dua kali.

Manchester City kembali menuai hasil negatif saat melakoni pekan ke-8 Liga Inggris melawan Arsenal di Stadion Emirates, Minggu (08/10/23) lalu.

Baca Juga

Bertindak sebagai tim tamu, Manchester City kalah tipis 1-0 dari Arsenal. Gol tunggal diciptakan oleh Gabriel Martinelli.

Hasil ini membuat Arsenal menempel ketat Tottenham Hotspur di papan atas. Mereka duduk di peringkat ke-2 dengan 20 poin, kalah selisih gol dari Spurs yang juga punya 20 poin di puncak.

Sementara Manchester City, tertahan di peringkat ketiga dengan 18 poin. Pertandingan sendiri berjalan cukup sengit, sampai kesulitan mencetak gol di sepanjang babak pertama.

Kebuntuan baru pecah di babak kedua tepatnya di penghujung pertandingan. Menit ke-86 Arsenal mencetak gol melalui Martinelli, skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun yang dialami oleh Manchester City di musim ini di Liga Inggris, sekaligus yang pertama sejak hampir lima tahun terakhir.

Delapan hari sebelumnya, Man City juga sudah menelan kekalahan 1-2 dari Wolverhampton Wanderers, yang membuat rentetan enam kemenangan mereka terhenti.

Kali terakhir mereka mengalami hal tersebut terjadi pada 2018. Saat itu, mereka tumbang 2-3 di kandang sendiri dari Crystal Palace pada 22 Desember, kemudian ditekuk Leicester City 1-2 dalam laga boxing day empat hari berselang.

Jika ditotal, baru tiga kali Man City era Guardiola menelan dua kekalahan beruntun di Liga Inggris. Satu lagi terjadi pada Desember 2016. 

Baca Juga
 

1. Penyebab Kekalahan

Ekspresi kecewa Bernardo Silva dan Matheus Nunes usai Manchester City tumbang dari Arsenal. (Foto: REUTERS/David Klein)

Kendati demikian, dua kekalahan beruntun di musim ini jadi alarm tersendiri bagi ManCity. Jika terpeleset, sudah ada beberapa tim yang bisa merongrong mereka di kompetisi domestik.

Di dua pertandingan selanjutnya misalnya, mereka sudah ditunggu oleh Brighton & Hove Albion dan Manchester United. Seperti diketahui Brighton merupakan tim perusakk dominasi big six.

Baca Juga

Manchester United dan Liverpool sudah merasakan tangguhnya tim racikan Roberto De Zerbi itu. Setan Merah dibantai 4-1, Liverpool ditahan imbang 2-2.

Manchester City akan menjamu Brighton di Etihad Stadium pada Sabtu (21/10/23) mendatang, sedangkan melawan Manchester United akan tersaji di Old Trafford pada Minggu (29/10/23) nanti.

Penyebab Kekalahan

Sementara itu sejumlah faktor jadi penyebab kekalahan kedua Manchester City dari Wolves di antaranya kinerja buruk Mateo Kovacic. Bermain sebagai gelandang, ia kerap kali mengambil keputusan yang salah.

Bahkan nyaris saja mendapat kartu merah dari wasit. Pasalnya, dia melakukan pelanggaran keras di babak pertama. Bahkan, pelanggarannya terhadap Martin Odegaard di kotak terlarang nyaris saja berbuah penalti untuk Arsenal.

Baca Juga

Kemudian ada faktor penyelesaian akhir. Secara mengejutkan lini depan Manchester City tampil mengecewakan terutama soal penyelesaian akhir. Erling Haaland yang menjadi mesin gol pun tak berdaya.

Sulitnya Manchester City mencetak gol bukan hanya karena penyelesaian akhir buruk, tetapi juga karena solidnya pertahanan tuan rumah. 

Salah satu kinerja apik pemain Arsenal dalam menjaga lini pertahanannya terlihat kala Erling Haaland melepaskan serangan. 

Kala itu, dia bekerja sama dengan Matheus Nunes untuk bergerak menuju kotak penalti. Tetapi, aksinya dengan cepat langsung dihentikan Declan Rice.

Man City benar-benar buntu kali ini. Hanya ada empat tembakan yang dilesakkan anak-anak Guardiola ke gawang Arsenal, dan hanya satu yang mengarah on target. 

Menurut Squawka, itu adalah angka terendah yang pernah dicatatkan The Cityzens di bawah era Guardiola. 

Tembakan terakhir mereka di Emirates Stadium datang pada menit ke-58, dan itu pun tak jua menghindarkan timnya dari kekalahan 1-0.

Baca Juga
ArsenalManchester CityLiga Inggris

Berita Terkini