x

Deretan Fakta Mengejutkan Eden Hazard yang Resmi Putuskan Pensiun

Rabu, 11 Oktober 2023 04:42 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Aksi Eden Hazard di laga Real Madrid vs Getafe (14/05/23). (Foto:REUTERS/Isabel Infantes)

INDOSPORT.COM - Mantan pemain bintang Chelsea dan Real Madrid yakni Eden Hazard baru saja resmi memutuskan gantung sepatu alias pensiun pada Selasa (10/10/23).

Eden Hazard memutuskan pensiun menjadi pemain sepak bola profesional pada usia 32 tahun, setelah kontraknya di Real Madrid habis pada Juli 2023 lalu.

Baca Juga

Bintang asal Belgia tersebut memang udah mengisyaratkan siap untuk gantung sepatu sebagai pemain profesional pada awal September 2023 lalu.

Alasannya sebenarnya tak jauh berbeda dengan ketika Sir Alex Ferguson mundur dari kursi pelatih Manchester United.

“Sedikit demi sedikit, ini sudah waktunya menikmati hidup bersama keluarga dan teman saya, serta minum sedikit bir,” kata Hazard seperti dilansir Marca.

Sementara itu, Sir Alex Ferguson pensiun sebagai Manchester United pada 2013 lalu juga karena alasan keluarga bahwa ia lebih ingin memperhatikan istrinya, Lady Cathy Ferguson, yang baru saja berpulang beberapa hari yang lalu.

Kembali ke Hazard, mantan bintang Chelsea itu mengumumkan pensiunnya melalui Instagram yang mana ia menulis caption dengan panjang.

“Anda harus mendengar diri sendiri dan berkata berhenti pada saat yang tepat. Setelah 16 tahun dan lebih dari 700 laga yang dimainkan, saya sudah memutuskan untuk mengakhiri karier saya sebagai pesepak bola profeisonal,” tulis Hazard.

“Saya dapat mewujudkan mimpi saya, bermain, dan bersenang-senang dengan banyak lapangan di seluruh dunia. Saya beruntung dapat bertemu dengan banyak manajer, pelatih, dan rekan setim yang hebat.”

“Terima kasih semuanya atas waktu-waktu yang indah ini, saya akan merindukan kalian semua. Saya juga mengaturkan terima kasih kepada klub yang saya bela” LOSC (Lille), Chelsea, dan Real Madrid, serta terima kasih untuk RBFA telah memanggil saya ke timnas Belgia.”

“(Saya juga mengucapkan) terima kasih khusus untuk keluarga, teman, penasihat, dan orang-orang yang dekat dengan saya dalam saat baik dan buruk.”

Baca Juga

“Terakhir, terima kasih sebesar-besarnya untuk kalian, penggemar saya, yang telah mengikuti saya sepanjang tahun ini dan juga motivasinya di mana pun saya bermain,” lanjut Eden Hazard.

“Sekarang sudah waktunya untuk menikmati (waktu bersama) orang-orang tercinta saya dan mencari pengalaman baru. Sampai bertemu di luar lapangan nanti, teman,” tutup Eden Hazard.

Selain soal alasan pensiun sebagai pemain profesional, berikut INDOSPORT telah merangkum beberapa fakta mengejutkan mengenai Eden Hazard:

Baca Juga

1. Eden Hazard Lahir dari Keluarga Pesepak Bola

Pemain Real Madrid, Eden Hazard saat laga UEFA Nations League antara Wales vs Belgia

Alasan besar mengapa Eden Hazard memilih untuk berkarier sebagai pemain sepak bola profesional tidak lain karena sosok ayah dan ibunya.

Sejak lahir, ia sudah tumbuh di keluarga pesepak bola. Ibunya bernama Carine dan ayahnya Thierry  merupakan pemain sepak bola.

Baca Juga

Carine merupakan mantan striker untuk klub sepak bola yang bermain di Divisi Utama Liga Wanita Belgia dari umur 20 tahun hingga 26 tahun.

Kemudian Ayahnya gelandang bertahan yang bermain untuk klub sepak bola Divisi Kedua Liga Belgia bernama La Louviere. 

Tidak hanya Eden Hazard, ketiga saudara Eden yakni Thorgan, Kylian, dan Ethan juga memutuskan menjadi pesepak bola profesional.

LOSC Lille Menjadi Klub Pertama yang Membesarkan Namanya

Sebelum terkenal, Eden Hazard sempat bermain untuk klub asal Prancis bernama LOSC Lille pada 2005 silam. Ia tidak langsung bermain dengan tim utama.

Eden Hazard mulanya bermain dengan tim muda LOSC Lille dari 2005 hingga 2008, sampai akhirnya menembus tim utama dan menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan nilai 400 ribu euro.

Saat membela LOSC Lille, Eden Hazard berhasil menyabet penghargaan pemain muda terbaik Liga Prancis sebanyak dua kali pada musim 2009-2010 dan 2010-2011.

Ia membawa LOSC Lille untuk membawa piala Ligue 1 dan Coupe de France untuk pertama kali sejak 1946 hingga akhirnya diboyong oleh raksasa Liga Inggris, Chelsea pada 2012 dengan transfer 32 juta euro.

Kartu Merah Pertama Eden Hazard

Kartu merah pertama Eden Hazard dalam berkarier sebagai pemain sepak bola profesional terjadi ketika berseragam Chelsea.

Ia menendang seorang ballboy saat pertandingan Chelsea melawan Swansea City di ajang Piala Liga Inggris pada 24 Januari 2013 silam.

Hal itu membuatnya langsung diganjar kartu merah. Namun, setelah itu ballboy itu juga mendapatkan banyak kecaman karena melakukan tindakan yang merugikan Chelsea.

Baca Juga

Prestasi Eden Hazard

Lille: Ligue 1 (2011), Coupe de France (2011)

Chelsea: Premier League (2015, 2017), Piala FA (2018), Piala Liga Inggris (2015), Liga Europa (2013, 2019)

Real Madrid: LaLiga (2020, 2022), Liga Champions (2022), Piala Super Spanyol (2022), Piala Super Eropa (2022), Copa del Rey (2023)

Timnas Belgia: Meraih medali perunggu di Piala Dunia 2018.

Baca Juga
Real MadridBelgiaChelseaEden HazardLille

Berita Terkini