x

Glazer Jadi Biang Kerok Old Trafford Gagal Gelar Pertandingan Euro 2028

Rabu, 11 Oktober 2023 16:18 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Suasana Stadion Old Trafford.

INDOSPORT.COM - Keluarga Glazer rupanya menjadi penyebab Old Trafford tak digunakan menggelar pertandingan Euro 2028.

UEFA telah memilih Britania Raya dan Republik Irlandia sebagai tuan rumah Euro 2028 pada Selasa (10/10/23) kemarin. 

Baca Juga

Sementara itu, Turki, yang sebelumnya ikut bidding untuk menjadi tuan rumah Euro 2028, menjadi tuan rumah Euro 2032 bersama dengan Italia.

Masih berdasarkan informasi dari UEFA, sederet kota di Britania Raya dan Republik Irlandia telah mengajukan proposal untuk memggelar pertandingan.

Kota-kota tersebut adalah Belfast, Birmingham, Cardiff, Dublin, Glasgow, Liverpool, London, Manchester, dan Newcastle.

Dilansir dari Manchester Evening News, stadion yang terpilih untuk menggelar pertandingan dari kota Manchester adalah Etihad Stadium, kandang Manchester City.

Baca Juga

Sementara kandang Manchester United, Old Trafford, dinyatakan batal digunakan menggelar pertandingan Euro 2028 sejak awal tahun lalu.

Selidik punya selidik, hal ini dikarenakan proses akuisisi Man United yang tak kunjung rampung, yang membuat rencana pengembangan stadion menjadi terhambat.

Sebelumnya, Old Trafford sejatinya masuk dalam daftar stadion yang diajukan menjadi venue Euro 2028. Pihak Man United bahkan telah mengajukan proposal pengembangan stadion kepada pihak FA.

Namun, stadion berjuluk Theatre of Dreams tersebut akhirnya dicoret usai Man United tak bisa memberikan kepastian soal kapan pengembangan Old Trafford akan selesai.

Baca Juga

1. Pernyataan Resmi Man United

Pemain Manchester United di Old Trafford.

Terkait hal ini, Man United telah merilis pernyataan resmi pada awal tahun lalu, yang menyatakan bahwa mereka menarik proposal untuk menjadikan Old Trafford venue Euro 2028.

"Manchester United dengan senang hati mengajukan Old Trafford sebagai calon lokasi pertandingan Euro 2028 dan bangga dengan penawaran yang kami buat," tulis Man United.

Baca Juga

"Bagaimanapun, menyusul diskusi tindak lanjut dengan FA, makin jelas jika kami tidak bisa memberikan kepastian terkait kesiapan Old Trafford terkait rencana pengembangan stadion."

"Alhasil, kedua pihak sepakat untuk mundur dari pencalonan venue. Kendati demikian, kami tetap berkomitmen untuk menjaga reputasi Old Trafford sebagai lapangan sepakbola terbesar dan paling ikonik di Tanah Inggris."

"Kami tak sabar menantikan kesempatan selanjutnya untuk menggelar pertandingan internasional dan event besar lainnya di Theatre of Dreams."

Old Trafford bukan satu-satunya stadion terkenal yang tidak akan digunakan menggelar pertandingan Euro 2028. Stadion Anfield, yang menjadi kandang rival abadi mereka, Liverpool, juga dicoret.

Baca Juga

Salah satu nama yang sudah pasti ada untuk menjadi venue Euro 2028 ini adalah Wembley Stadium yang akan menjadi tempat dilaksanakannya final dan kemungkinan dua semifinal ajang empat tahunan Eropa itu.

Selain Wembley, ada 8 stadion lain yang telah disiapkan untuk menjadi venue Euro 2018. Berikut ini daftar stadion yang akan dipakai menggelar pertandingan Euro 2028:

Baca Juga
Manchester UnitedOld TraffordEuroLiga InggrisBola InternasionalKeluarga GlazerEuro 2028

Berita Terkini