x

Liverpool Diyakini Bisa Bawa Pulang Titel Liga Inggris Jika Buang Pemain Ini

Rabu, 11 Oktober 2023 12:34 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister saat berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur, James Maddison. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Liverpool disebut bisa amankan titel Liga Inggris (Premier League) musim ini jika berani melakukan satu perubahan di lini tengah.

Tak dapat dimungkiri, salah satu alasan Liga Inggris menjadi salah satu liga terbaik dunia adalah ketatnya persaingan antara klub-klub kontestan.

Baca Juga

Meski dalam beberapa musim terakhir gelar juara didominasi Manchester City, perburuan gelar juara selalu ditentukan di pekan-pekan terakhir.

Musim ini bisa jadi meneruskan tradisi ketatnya persaingan Liga Inggris. Pasalnya, hingga pekan ke-8, komposisi lima besar klasemen senantiasa berubah.

Saat ini, Tottenham Hotspur dan Arsenal menjadi dua klub dengan rekor terbaik di Liga Inggris. Kedua tim asal London tersebut sama-sama membukukan 6 kemenangan dan 2 imbang dari 8 pertandingan.

Namun, ini bukan berarti Tottenham dan Arsenal menjadi dua klub yang paling dominan musim ini. Di peringkat ke-4, ada Liverpool yang siap melakukan kudeta dengan hanya tertinggal 3 poin dan Tottenham dan Arsenal.

Baca Juga

Bahkan, sebelum kalah 1-2 oleh Tottenham di pekan ke-6, Liverpool mengemas rekor tak terkalahkan di Liga Inggris. Hal ini menjadikan mereka salah satu kandidat kuat juara.

Meski demikian, Liverpool punya persoalan di lini belakang. Di antara penghuni 4 besar lainnya, The Reds adalah klub dengan jumlah kebobolan paling banyak, yakni 9 gol.

Hal ini membuat Liverpool mesti melakukan perubahan jika ingin tetap berada dalam perburuan titel Liga Inggris musim ini.

Menurut Liverpool Echo, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mendepak satu pemain yang selama ini rutin bermain di lini tengah Liverpool, yakni Alexis Mac Allister.

Baca Juga

1. Geser Alexis Mac Allister

Gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister saat pemanasan sebelum pertandingan. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Pemain yang dimaksud adalah Alexis Mac Allister. Sosok yang didatangkan dari Brighton & Hove Albion musim panas lalu tersebut tampil kurang maksimal saat dipasang sebagai gelandang bertahan.

Contoh terbaru terjadi pada laga melawan Brighton akhir pekan lalu. Alexis Mac Allister menjadi titik lemah Liverpool, yang terus disasar oleh tim lawan.

Baca Juga

Untuk mengatasi hal ini, Jurgen Klopp harus berani menggeser Alexis Mac Allister dari pos gelandang bertahan dan menggantikannya dengan pemain lain yang lebih kompeten.

Perubahan ini, menurut jurnalis Liverpool Echo, John Aldridge, akan mampu membuat The Reds memperbaiki sektor pertahanan bersaing memperebutkan titel dengan kandidat lainnya. Apalagi, Liverpool sejatinya telah memiliki sosok pengganti Alexis Mac Allister.
 
"Saya pikir, pertandingan kemarin (melawan Brighton) seharusnya menjadi waktunya Wataru Endo beraksi. Tapi kita tidak pernah melihatnya," tulis John Aldridge.

"Ryan Gravenberch juga melewatkan satu kesempatan emas yang berpeluang membuat Liverpool unggul 3-1. Tapi, saya pikir, dia bermain dengan bagus dan memberikan dampak yang cukup besar. Dia bisa menjadi pemain masa depan (di pos gelandang bertahan)," imbuhnya.

Baca Juga

Pendapat John Aldridge senada dengan eks pemain Liverpool, Jamie Carragher. Pria yang kini berkarier sebagai pandit tersebut menyebut Alexis Mac Allister sebagai penyebab Liverpool gagal menang atas Brighton.

"Kita telah membicarakan tentang Mac Allister yang mengalami masalah dalam bertahan. Sehingga, menguntungkan Brighton," ujar Carragher dilansir dari Mirror UK.

"Selain itu, Virgil Van Dijk mengirimkan umpan yang ceroboh kepada Alexis Mac Allister."

"Lantas reaksi yang terlambat dari Alisson, setelah Simon Adingra menguasai bola, dan dilanjutkan melancarkan tembakan," kata salah satu legenda Liverpool tersebut.

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisRyan GravenberchAlexis Mac AllisterWataru Endo

Berita Terkini