x

Samai Performa Musim Lalu, Bagaimana Evaluasi Persik Kediri Jelang Paruh Liga 1?

Rabu, 11 Oktober 2023 17:41 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Persita Tangerang vs Persik Kediri berakhir tanpa pemenang, dalam lanjutan BRI Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Laju Persik Kediri yang sempat tancap gas pada pekan awal Liga 1 2023/2024 akhirnya mulai stagnan jelang kompetisi memasuki paruh musim.

Konsistensi performa dan hasil akhir juga ikut meluntur seiring berbagai faktor. Salah satunya adalah badai cedera yang menerpa tim berjulukan Macan Putih belakangan ini.

Baca Juga

Merampungkan 15 laga putaran pertama, Persik Kediri masih berada di urutan 12 klasemen dengan 19 poin, hasil 5 kali menang, 4 imbang dan 6 kali kalah.

Hasil imbang 2-2 di markas Persita Tangerang mulai membuat Persik kembali ke tren positif, setelah mampu mengeruk 6 angka pada 2 laga sebelumnya.

Baca Juga

"Kami menciptakan sejumlah peluang yang bisa menambah gol. Tapi hasil imbang (2-2) ini saya pikir sudah cukup fair," bilang Marcelo Rospide.

"Persita menjadi pesaing kami di jajaran klasemen secara langsung. Meski hanya satu poin, tapi hasil ini sangat penting," sambung Pelatih Persik asal Brasil itu.

Baca Juga

Performa inipun secara garis besar menyamai kiprah mereka musim 2022/2023 lalu. Saat masih dibesut Divaldo Alves, Persik sukses finis di peringkat 11 klasemen.

Dengan mengacu pada target perbaikan peringkat yang dipatok pada awal musim, tentu pencapaian Persik Kediri saat ini sudah on the track.

Baca Juga

Dengan kata lain, Tim Macan Putih ditargetkan untuk bisa finis di posisi 10 besar pada klasemen akhir nanti. Sejauh ini, target sudah nyaris tercapai.

Lantas, bagaimana evaluasi yang dilakukan Persik Kediri untuk memperbaiki performa jelang kompetisi memasuki paruh musim selama Oktober ini?

Baca Juga

Fokus 2 Laga Sisa


Marcelo Rospide pun menuntut anak asuhnya untuk lebih fokus dalam memaksimalkan berbagai potensi poin yang bisa diraih hingga putaran pertama.

Persik Kediri tinggal menyisakan 2 laga menuju paruh musim. Diantaranya away ke markas PSS Sleman (21/10/23) dan menjamu Persebaya Surabaya (27/10/23).

Dalam sepasang laga itu, ada 6 poin atau setidaknya 4 angka yang berpotensi diraih. Jika tercapai, peluang finis di 10 besar pada klasemen Liga 1 semakin terbuka.

"Kami harus kembali fokus menatap jadwal laga berikutnya. Ada laga sisa putaran pertama yang harus dimenangkan," beber Marcelo Rospide.

Bursa Transfer

Jeda FIFA Matchday selama 2 pekan ke depan jelas memberi keuntungan dalam memberi recovery. Persik juga bisa memikirkan bagaimana strategi di bursa transfer.

Mengacu pada Regulasi Liga 1 Pasal 26, bahwasanya Persik Kediri bisa mendaftarkan pemain baru periode kedua pada 1 sampai 28 November 2023 mendatang.

Sehingga, waktu selama 3 pekan selama Oktober bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi kinerja pemain sekaligus memantapkan para pemain bidikan.

"Tapi saya menilai, belum saatnya untuk memikirkan soal itu (pergantian pemain dalam bursa transfer). Jadi, sabar saja," tukas eks pelatih Gremio tersebut.

Persik KediriLiga 1Marcelo Rospide

Berita Terkini