x

Klopp Semringah, Liverpool Bisa Datangkan Johan Bakayoko Seharga 'Kacang Goreng'

Kamis, 12 Oktober 2023 19:52 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Pemain PSV Eindhoven, Johan Bakayoko. (Foto: Instagram@johanbakayoko)

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, semringah usai PSV Eindhoven mematok harga "murah" untuk pemain incaran mereka, Johan Bakayoko.

Gerilya Liverpool untuk mendatangkan pemain anyar pada bursa transfer mendatang. Salah satu yang diincar adalah winger PSV Eindhoven, Johan Bakayoko.

Baca Juga

Pemain berumur 20 tahun tersebut sempat dikaitkan dengan Liverpool pada musim panas lalu. Namun, kepindahan sang pemain urung terjadi.

Kini, keadaan yang makin mendesak membuat Liverpool mesti bergerak cepat untuk mengamankan tanda tangan sang pemain incaran. Pasalnya, pemain andalan Liverpool, Mohamed Salah, berpeluang hengkang.

Ya. Pemain berjuluk Prince of Egypt tersebut terus digoda untuk pindah ke Liga Arab Saudi, sehingga Liverpool harus segera mencari pengganti.

Gayung pun bersambut. PSV dikabarkan siap melepas Johan Bakayoko dengan mahar terjangkau, yang membuat kans dirinya berseragam Liverpool kian besar.

Baca Juga

Dilansir dari Fichajes, PSV Eindhoven "hanya" mematok Johan Bakayoko dengan harga 25 juta euro. Jumlah ini termasuk murah untuk klub sebesar Liverpool.

Sebagai perbandingan, Liverpool menghabiskan dana 160 juta euro untuk berbelanja 4 pemain pada musim panas ini. Dengan kata lain, rata-rata The Reds menghabiskan 40 juta euro untuk satu orang pemain.

Selain harga yang murah, faktor lain yang bisa memikat Johan Bakayako datang ke Anfield adalah Cody Gakpo. Seperti Johan Bakayoko, Cody Gakpo berasal dari PSV Eindhoven.

Dua faktor ini kiranya bisa membuat striker asal Belgia tersebut menjadi incaran utama Liverpool pada bursa transfer mendatang.

Baca Juga

1. Profil Johan Bakayoko

Pemain Liverpool, Mohamed Salah, coba melepaskan tendangan ke gawang Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris.

Pilihan Liverpool mengincar Johan Bakayoko sejatinya cukup mengundang tanda tanya. Pasalnya, sejak promosi ke tim utama PSV, pemain berusia 20 tahun ini baru mencetak 5 gol dan 5 assist dari 23 pertandingan musim lalu.

Catatan ini membuat pendukung Liverpool ragu, mengingat torehannya berbanding jauh ketimbang torehan yang dibuat Mohamed Salah dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Apalagi Mohamed Salah merupakan winger yang produktif dan rajin mencetak gol maupun assist bagi rekan-rekannya di Liverpool.

Namun, kekurangan dari segi produktivitas ini dapat ditutup Johan Bakayoko di sektor lainnya. Berdasarkan data yang didapat dari DataMB, Johan Bakayoko memiliki dribel dan cara menyerang yang lebih eksplosif ketimbang Mohamed Salah.

Jika menilai dari angka, catatan Johan Bakayoko dari outputnya tak terlihat buruk dengan 0,28 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari 2,89 tembakan dan mampu membuat 0,35 assist per 90 menit.

Selain itu, keunggulan Johan Bakayoko terlihat dari dribelnya, di mana ia rata-rata melakukan 7,19 dribel ke area pertahanan lawan per 90 menit.

Baca Juga

Dari 7,19 dribelnya itu, Johan Bakayoko rata-rata melewati lawan sebanyak 3,17 kali per 90 menit, yang menandakan dirinya adalah winger murni.

Lalu, Johan Bakayoko juga terkesan kreatif dengan rataan 4,94 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit, yang membuatnya bisa menciptakan peluang kepada rekan-rekannya.

Sebagai winger, Johan Bakayoko juga terbilang aktif bertahan dengan rataan 2,68 tekel+intersep per 90 menit dan membuat 1,34 blok per 90 menit.

Dari catatan-catatannya itu, Johan Bakayoko bisa dikatakan punya potensi untuk bisa menyamai atau bahkan melebihi Mohamed Salah, apalagi usianya masih sangat muda.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini