x

Drama Bursa Transfer Liga 1: Celah PSS Sleman Amankan Carlos Fortes

Jumat, 13 Oktober 2023 13:10 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi Carlos Fortes dengan rekan setim Paulo Domingos Gali usai mencetak gol ke gawang Persebaya pada pertandingan pekan ketiga Liga 1 di Stadion Jatidiri (Semarang), Minggu (16/07/23).

INDOSPORT.COM - Drama bursa transfer Liga 1 2023-2024 sudah dimulai. PSS Sleman memiliki celah untuk mempermanenkan Carlos Fortes dengan syarat memberikan tempat Kei Sano kepada Vitinho.

PSIS sedang rajin memancing para tetangganya untuk bersuara menuju bursa transfer tengah musim Liga 1. PSIS melalui sang bos, Yoyok Sukawi, secara terang-terangan menginginkan penyerang baru.

Baca Juga

Dua nama yang disebut Yoyok Sukawi membuat ramai sepak bola nasional. Yoyok menginginkan Hokky Caraka setelah Persis Solo tak mau melepas Ramadhan Sananta.

Sikap PSIS memancing perhatian PSS Sleman. Mereka tak melakukan bantahan seperti yang dilakukan Persis Solo ketika ada rumor Sananta ke PSIS.

Baca Juga

PSS Sleman melalui Gusti Randa selaku presiden direktur malah berbalik mengincar Carlos Fortes. Bomber asal Portugal merupakan andalan PSIS di sektor penyerangan.

Ada satu celah bagi PSIS jika ingin mengamankan Carlos Fortes. Celah yang dimaksud adalah memenuhi klausul Fortes yang 'satu paket' dengan Vitinho.

Baca Juga

Nah, Vitinho menjadi sosok paling disorot, meski baru saja mencetak satu gol dan dua assist. Vitinho berpotensi dilepas karena PSIS punya dua winger asing, Taisei Marukawa dan Paulo Gali Freitas.

Jika Vitinho tak dilepas, maka PSIS harus mencadangkan Taisei atau Gali ketika Vitinho main. Hal ini jelas sebuah kerugian karena enam pemain asing tak bisa dimainkan bersamaan.

Baca Juga

Maka, klausul satu paket ini bisa dimanfaatkan PSS, namun dengan konsekuensi melepas Kei Sano. Winger asal Jepang itu juga tak begitu moncer dalam perannya sebagai gelandang sayap kiri meski sudah mencetak dua gol.

"Mengenai ketertarikan saya terhadap Fortes, saya sudah telepon langsung dengan Mas Yoyok Sukawi selaku Ketua Umum dan Pemilik PSIS. Hanya saja, Mas Yoyok mengingatkan kalau mau mengambil Fortes, juga harus ambil Vitinho. Mereka berdua satu paket," kata Gusti Randa.

Baca Juga

Moncer di Kiri

Posisi asli Vitinho sejatinya adalah gelandang sayap kanan. Namun karena Paulo Gali Freitas sedang bagus, Vitinho digeser ke posisi sayap kiri dengan mencadangkan Marukawa.

Ternyata, posisi ini terbukti sangat tepat bagi Vitinho dengan torehan satu gol dan dua assist dalam tiga laga. Jika gabung PSS, posisi itu juga pasti jadi milik Vitinho.

Vitinho tak mungkin digeser ke sayap kanan karena ada Jonathan Bustos. Maka, opsi mengorbankan Kei Sano dan mengeluarkan fee transfer untuk PSIS bisa membuat Carlos Fortes menyebrang ke Sleman.

Dengan begitu, ada dua pergantian pemain asing di PSS. Fortes menggantikan Yevhen Bokhashvili dan Vitinho menggantikan Kei Sano.

"Tim pelatih PSS juga setuju untuk kami mendatangkan Fortes ke PSS. Untuk Vitinho, kami perlu mengkaji lagi, karena perencanaan PSS hanya ingin menambah satu pemain asing," ujar Gusti Randa.

Cocok untuk PSS

Carlos Fortes sudah mencetak tujuh gol dalam 12 penampilan di Liga 1 2023-2024. Jumlah itu membuat Fortes ikut meramaikan perburuan top skor Liga 1 yang kini dipimpin Gustavo Almeida dari Arema FC.

Torehan itu jauh lebih mentereng ketimbang Yevhen Bokhashvili yang tak berkontribusi apa-apa hingga pekan ke-15. Yevhen tak mencetak gol dan tak mencetak assist.

Karakter bermain Carlos Fortes bisa membuat lini depan PSS Sleman lebih tajam. Fortes bisa menyelesaikan peluang, serta bisa menjadi pemantul bola bagi second line tim Elang Jawa.

Di pos second line, PSS punya Jonathan Bustos, Esteban Vizcarra dan Ricky Cawor yang sama baiknya. Jika ditotal ketiganya sudah mencetak 9 gol untuk PSS.

Menarik untuk melihat cara PSS mengamankan Fortes. Yang pasti, PSS sudah memastikan Hokky Caraka bertahan. "Dalam waktu dekat ini, kami akan memperbaharui sistem dan nilai kontrak dengan Hokky," tutur Gusti Randa.

Bursa TransferPSS SlemanLiga 1Carlos Manuel Dos Santos Fortes

Berita Terkini