x

Chelsea dan Arsenal Kecipratan Dampak Sheikh Jassim Batal Akuisisi Man United

Minggu, 15 Oktober 2023 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Duel antara Arsenal vs Manchester United di Liga Inggris 2023/2024, Senin (04/09/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

INDOSPORT.COM - Dua klub Liga Inggris, Chelsea dan Arsenal kecipratan dampak Sheikh Jassim yang memutuskan menarik tawarannya untuk akuisisi Manchester United.

Sheikh Jassim akhirnya batal membeli Manchester United karena Keluarga Glazer yang keras kepala. Laman Football London menilai klub lainnya akan terkena dampak.

Baca Juga

"Bagaimana Pembaruan Akuisisi Manchester United Berdampak pada Arsenal, Chelsea dan Tottenham usai Keputusan Sheikh Jassim," tertulis dalam headline Football London.

Diketahui, Sheikh Jassim berencana membeli 100 persen saham Man United dari Keluarga Glazer seharga 5 miliar Poundsterling. Ia juga bersedia menghapus utang 970 juta Pounds.

Lima tawaran sudah disodorkan oleh Sheikh Jassim untuk akuisisi penuh Man United, tapi  semua tidak digubris Glazer, meskipun pihak Qatar telah menaikkan angka jadi 6 miliar Pounds.

Tawaran terakhir dari Sheikh Jassim ditolak Glazer pada Juni 2023. Pihak Qatar lalu mengultimatum untuk menarik diri dari negosiasi jika Glazer masih keras kepala.

Baca Juga

Kini, Sheikh Jassim resmi menarik diri karena merasa angka yang diminta Keluarga Glazer tidak realistis. Hal itu juga dikonfirmasi oleh pakar transfer Fabrizio Romano.

"Sheikh Jassim telah mengajukan tawaran tunai, melunasi semua utang lama tanpa utang baru, demi mendapatkan 100 persen kepemilikan klub," tulis Romano via Twitter.

"Saat ini akuisisi oleh pihak Qatar lebih dari rumit, kami selalu menunggu langkah resmi, tapi begitulah keadaannya," ungkap Fabrizio Romano pada kesempatan lainnya.

"Jawaban Keluarga Glazer dalam beberapa hari terakhir sangat jelas, mereka sekali lagi mengatakan tidak terhadap tawaran Sheikh Jassim," imbuhnya.

Baca Juga

1. Arsenal Makin Nyaman, Chelsea Intip Peluang Salip MU

Selebrasi Rasmus Hojlund di laga Liga Champions antara Manchester United vs Galatasaray

Sejauh ini Manchester United tertahan di peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Inggris (Premier League). Andre Onana dkk baru meraih 4 kemenangan dari 8 laga musim ini.

Situasi rumit di Man United sebenarnya menjadi keuntungan bagi empat tim papan atas, Tottenham Hotspur, Arsenal, Manchester City, dan Liverpool, dalam hal perebutan tiket ke Liga Champions nanti.

Baca Juga

Chelsea sendiri tepat berada di bawah klasemen Man United. Kondisi internal tim Setan Merah membuat The Blues memiliki asa untuk bisa menyalip pasukan Erik ten Hag pekan ini.

Hanya saja, dengan terbongkarnya kondisi keuangan Man United dan keputusan mereka yang menolak akuisisi Sheikh Jassim, jelas akan berdampak di bursa transfer nanti.

Nasib dua pemain baru, Rasmus Hojlund dan Mason Mount juga terancam suram, apakah MU sudah melunasi klausul penebusan mereka yang terbilang mahal.

Para pemain akan sangat hati-hati jika mendapat tawaran dari klub Liga Inggris di bursa transfer paruh musim bulan Januari nanti. Inilah yang dikhawatirkan klub lain.

Baca Juga

Menurut laporan ESPN, Manchester United mungkin akan menahan diri untuk tak belanja pemain baru, karena tim-tim top Eropa ogah melepaskan pemain kunci mereka di bulan Januari nanti.

Lalu, seperti yang sudah diketahui, Man United beberapa bulan lalu mendapat sanksi dari FFP, karena pengeluaran mereka saat belanja pemain lebih besar dari pemasukan.

Andai MU perlu datangkan pemain baru di musim dingin nanti, Setan Merah mungkin hanya akan meminjam pemain dari klub lain, alih-alih membeli pemain baru.

Justru tim-tim Liga Inggris lainnya yang khawatir mereka kesulitan membeli pemain karena MU yang 'grasak-grusuk' dan Keluarga Glazer dikenal sulit memberi kepastian.

Baca Juga
Manchester UnitedChelseaArsenalLiga InggrisBerita Liga InggrisSheikh JassimKeluarga Glazer

Berita Terkini