x

Marco Pellegrino, Pemuda Ajaib Tak Punya Menit Bermain di AC Milan Tapi Dipanggil ke Timnas Argentina

Senin, 16 Oktober 2023 07:55 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain baru AC Milan, Marco Pellegrino

INDOSPORT.COM - Pemanggilan Marco Pellegrino ke timnas Argentina mengundang pertanyaan lantaran ia tak punya menit bermain di klub Liga Italia, AC Milan.

Kompetisi sepak bola Eropa saat ini tengah memasuki masa jeda karena terdapat agenda internasional dalam tajuk FIFA Matchday. Namun bagi beberapa pemain pekan ini tidak ada libur, karena mereka harus bermain untuk Tim Nasionalnya.

Baca Juga

Kebanyakan negara bertanding di FIFA Matchday kali ini tidak hanya menggelar laga uji coba, tetapi juga melakoni pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, untuk memastikan diri lolos ke Amerika (tuan rumah).

Hal tersebut membuat seluruh pelatih timnas harus memanggil para pemain terbaiknya yang kebanyakan merumput di Eropa. Biasanya pemanggilan itu didasari oleh performa sang pemain di klubnya.

Hanya saja kebijakan berbeda terjadi di timnas Argentina. Pemanggilan pemain yang dilakukan oleh Lionel Scaloni mengundang pertanyaan karena terdapat salah satu pemain minim jam terbang di klubnya.

Ia adalah Marco Pellegrino. Bek berusia 21 tahun itu masuk dalam daftar 34 pemain yang dibawa oleh Scaloni untuk melakoni dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol, melawan Paraguay dan Peru.

Baca Juga

Mengundang pertanyaan lantaran sang pemain belum punya menit bermain di klubnya, AC Milan sejauh ini di semua kompetisi.

Marco Pellegrino sendiri diboyong oleh AC Milan dari klub Liga Argentina, Platense pada bursa transfer musim panas 2023 kemarin dengan nilai transfer sebesar 3,5 juta euro. 

AC Milan tertarik memboyong Pellegrino untuk menambah kedalaman skuad di lini pertahanan, sekaligus investasi jangka panjang mengingat usianya masih cukup muda.

Rossoneri juga menyertakan klausul 10% hasil penjualan kepada Platense andai di masa depan sang pemain resmi digaet klub lain. 

Baca Juga

1. Kualitas Marco Pellegrino

Pemain baru AC Milan, Marco Pellegrino

Bersama Rossoneri, Marco Pellegrino telah mendapat kontrak berdurasi lima tahun atau sampai tahun 2028 mendatang. Pemain yang memiliki darah Italia ini juga mengenakan nomor punggung 31.

Namun meski dipanggil ke timnas Argentina oleh Scaloni, Pellegrinho hanya menjadi pemain pelengkap lantaran sang pemain juga belum dimainkan sejauh ini.

Baca Juga

Termasuk saat Argentina membekuk Paraguay baru-baru ini dengan skor 1-0. Nama-nama berpengalaman seperti Cristian Romero dan Nicolas Otamendi dipercaya untuk jadi palang pintu terakhir tim Tango.

Begitu juga di AC Milan, ia kalah bersaing dengan bek-bek tenar yang sudah jadi andalan klub cukup lama seperti Fikayo Tomori, Malick Thiaw, Mattia Caldara hingga Simon Kjaer. 

Cukup disayangkan talenta Pellegrino belum bisa dimanfaatkan oleh pelatih Stefano Pioli sampai saat ini di semua kompetisi. Padahal ia memiliki kualitas yang bagus.

Dirangkum dari berbagai sumber, Pellegrino punya keterampilan dalam bertahan yang cukup mumpuni, dan dirasa bisa menjadi salah satu bek top di masa depan.

Baca Juga

Dari 17 penampilannya bersama CA Platense, Pellegrino mampu membuat timnya mencetak 7 Clean Sheets di Liga Argentina 2023 ini.

Ia pun memiliki rataan apik dengan membuat 1,7 intersep per laga, membuat 1,8 tekel per laga, dan membuat 7,5 sapuan per laga dan mampu memenangkan 5,3 duel per laga.

Catatan itu membuat Pellegrino punya potensi menjadi seorang Sweeper atau Libero, yakni menghindarkan gawangnya dari kebobolan.

Kemampuan Pellegrino sebagai Sweeper atau Libero juga terlihat dari kemampuannya membangun permainan dari area pertahanan.

Baca Juga

Tercatat Pellegrino mampu melepaskan operan akurat sebanyak 20,6 kali per laga, di mana 7,2 operan atau 49 persen operan akuratnya diberikan di area lawan.

Ia pun terbilang tenang dalam mengatur distribusi bola. Hal ini terlihat dari rataan sentuhannya yakni sebanyak 48,6 kali per laga.

Di usia yang baru 21 tahun, Pellegrino punya kemampuan untuk berkembang lebih jauh dan memenuhi takdirnya sebagai salah satu bek top masa depan.

Hanya saja, AC Milan harus mengintegrasikannya ke tim secara perlahan agar tak membebani dirinya yang akan merasakan atmosfer di level teratas Eropa untuk pertama kalinya.

ArgentinaAC MilanLiga ItaliaMarco Pellegrino

Berita Terkini