x

Alasan Leroy Sane Bukan Pengganti yang Tepat untuk Mohamed Salah

Selasa, 17 Oktober 2023 15:34 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
Selebrasi Leroy Sane saat laga Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen

INDOSPORT.COM - Rupanya, pemain Bayern Munchen, Leroy Sane, bukan sosok yang tepat untuk menggantikan Mohamed Salah di klub Liga Inggris (Serie A), Liverpool.

Belakangan, santer dirumorkan jika Liverpool akan mendatangkan Leroy Sane dari Bayern Munchen. Eks pemain Manchester City tersebut dibidik untuk menggantikan Mohammed Salah jika benar-benar pergi ke Arab Saudi pada bursa transfer mendatang.

Baca Juga

Leroy Sane sendiri memiliki posisi yang sama dengan Mohamed Salah, yakni winger. Sang pemain juga tengah berada di usia emasnya.

Menurut catatan, pemain 27 tahun tersebut telah mengoleksi 45 gol dan 37 assist dari seluruh penampilannya bersama Bayern Munchen. Hal ini membuat banyak pihak menilai dirinya pengganti yang sepadan untuk Mohamed Salah.

Namun, jika ditelisik lebih mendalam, sosok Leroy Sane rupanya kurang tepat untuk menggantikan Mohamed Salah. 

Faktor pertama adalah usia. Dilansir dari Liverpool Echo, Liverpool diketahui cukup jarang merekrut pemain dengan usia lebih dari 25 tahun.

Baca Juga

Sementara Leroy Sane sendiri akan berusia 28 tahun pada Januari mendatang. Keputusan memboyong pemain yang hanya terpaut 4 tahun dari Mohamed Salah dinilai bukan keputusan yang tepat.

Kalaupun jadi datang ke Liverpool, Leroy Sane hanya punya sedikit kesempatan untuk menunjukkan performa puncaknya.

Pengecualian jika Leroy Sane mampu mempertahankan penampilan terbaiknya hingga memasuki usia kepala tiga, seperti yang dilakukan oleh Mohamed Salah.

Namun, jika mampu melakukan hal tersebut sekalipun, Leroy Sane masih belum menjadi pengganti yang tepat untuk Mohamed Salah. Ini alasannya.

Baca Juga

1. Kurang Gacor

Aksi duel pemain Liverpool Mohamed Salah dengan pemain Chelsea Levi Colwill pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/Peter Cziborra)

Liverpool Echo mencatat, penampilan terbaik Leroy Sane terjadi saat ia membela Man City pada musim 2018/2019. Kala itu, ia mencetak 16 gol sepanjang musim untuk The Citizen.

Dari jumlah tersebut, 10 gol di antaranya dicetak di ajang Liga Inggris. Itu merupakan satu-satunya musim di mana Leroy Sane mencetak lebih dari 15 gol dalam semusim sepanjang kariernya.

Baca Juga

Sementara, Mohamed Salah selama beberapa tahun terakhir konsisten menjadi mesin gol Liverpool. Pemain berpaspor Mesir ini hanya satu kali gagal mencetak minimal 25 gol dalam semusim untuk The Reds.

Momen langka tersebut terjadi pada 2019/2020, ketika dirinya "hanya" mencetak 23 gol. Catatan ini bahkan lebih baik dari torehan terbaik Leroy Sane.

Sementara, jika berbicara soal gol Liga Inggris, Mohamed Salah paling sedikut mencetak 19 gol dalam semusim, atau hampir 2 kali lipat dari torehan terbaik Leroy Sane.

Masih soal produktivitas, Mohamed Salah telah mencetak 192 gol dari 315 pertandingan bersama Liverpool sejak didatangkan pada 2017 silam.

Baca Juga

Sedangkan, pada periode yang sama, Leroy Sane mencetak 75 gol dari 242 pertandingan. Ia bahkan hampir melewatkan musim 2019/2020 karena cedera ACL.

Kalaupun ingin menjadikan Leroy Sane pengganti Mohamed Salah, Liverpool mestinya merekrut sang pemain saat masih berusia 23 tahun.

Pada musim 2017/2018 dan 2018/2019 tersebut, Leroy Sane sukses mencetak 30 gol dan 38 assist dalam 96 penampilan bersama Man City sebelum dipaksa menepi oleh cedera ACL.

Lantas, layak dinantikan apakah Liverpool tetap nekat memecahkan rekor transfer demi mendatangkan Leroy Sane, atau mengincar pemain yang lebih muda sebagai pengganti Mohamed Salah.  

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLeroy SaneLiga InggrisBerita Transfer

Berita Terkini