x

Deretan Fakta Mencengangkan Jelang Leg 2 Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2023 12:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh saat melakukan tendangan ke gawang Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

INDOSPORT.COM - Ada deretan fakta mencengangkan jelang laga leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Brunei Darussalam menjamu Timnas Indonesia.

Pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia bakal digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23) pukul 19.15 WIB.

Baca Juga

Timnas Indonesia diprediksi bisa kembali meraih kemenangan meski bergantian bermain di kandang Brunei Darussalam.

Pasalnya, di leg pertama pasukan Shin Tae-yong mampu menang mudah dengan skor telak 6-0. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Garuda menang berkat hattrick Dimas Drajad, brace dari Ramadhan Sananta dan Rizky Ridho.

Meski menang besar, pelatih kepala Skuat Garuda yaitu Shin Tae-yong masih belum puas dengan permaina Sandy Walsh dkk.

“Tentu pertama selamat kepada para pemain atas hasil ini. Tetapi untuk jalannya laga saya tidak begitu senang,” ucap Shin Tae-yong selepas laga.

Sedangkan Pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera mengakui kekalahan dari Timnas Indonesia pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Usai pertandingan, Rivera mengatakan Brunei memang kalah kelas dibanding tuan rumah. Ada banyak celah yang tercipta dan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.

Baca Juga

“Selamat untuk Indonesia karena sudah memenangkan pertandingan malam ini. Saya pikir kami di babak pertama dan kedua bermain cukup baik," kata Mario Rivera.

"Kami bertahan dengan cukup baik dan kami sudah bermain sesuai dengan rencana yang kami buat. Akan tetapi kami punya banyak celah (sehingga bisa dibobol oleh Indonesia),” ucapnya menambahkan.

Jelang pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia, INDOSPORT telah merangkum adanya beberapa fakta mengejutkan. Apa saja itu?

Baca Juga

1. 1. Shin Tae-yong Boyong 25 Pemain ke Brunei

Pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman saat melewati pemain Brunei Darussalam dalam laga Pra Piala Dunia di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

Shin Tae-yong sendiri sudah memilih 25 pemain Timnas Indonesia yang akan diboyong ke markas Brunei Darussalam untuk laga malam nanti.

Sebenarnya masih ada nama Marselino Ferdinan. Akan tetapi, gelandang milik KMSK Deinze itu tidak dibawa karena cedera dan masih membutuhkan perawatan di Jakarta.

Baca Juga

Berikut daftar 25 pemain Timnas Indonsia untuk menghadapi Brunei Darussalam di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

2. Brunei Darussalam Tak Pernah Menang dalam 33 Tahun Terakhir

Meski kerap menjadi bulan-bulanan Timnas Indonesia, bukan berarti Brunei Darussalam tak pernah membuat kejutan.

Terakhir kali Brunei Darussalam mengalahkan Timnas Indonesia pada 4 Maret 1990 silam dalam gelaran Merdeka Games. Saat itu Skuat Garuda hanya kalah dengan skor tipis 0-1.

Sejak saat itu, Timnas Indonesia selalu menang lawan Brunei Darussalam. Skuat Garuda kini sedang memegang rekor selalu menang dalam 33 tahun terakhir.

Rekor itu bisa bertahan jika Indonesia di era Shin Tae-yong mampu menang atas Brunei Darussalam di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 malam ini.

3. Siap Melejit di Ranking FIFA

Kemenangan 6-0 atas Brunei Darussalam di leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Timnas Indonesia mendapatkan tambahan 8,66 poin di ranking FIFA.

Tambahan itu membuat Timnas Indonesia naik satu peringkat dari 147 ke 146 ranking FIFA dengan mengoleksi total 1.061,53 poin per Minggu 15 Oktober 2023.

Skuat Garuda sempat dikabarkan kembali turun ke posisi 147 dunia seusai St. Kitts and Nevis menang atas Timnas Sint Maarten dengan skor 3-2 di lanjutan CONCACAF Nations League B 2023, Jumat (13/10/2023)  lalu.

Namun beruntung bagi pasukan Shin Tae-yong, karena tim yang dikalahkan St. Kitts and Nevis yaitu Sint Marteen, bukanlah negara yang berada di bawah bendera FIFA. Oleh karena itu, kemenangan dalam laga tersebut tidak dihitung.

Sementara itu, peringkat Timnas Indonesia berpotensi kembali mengalami kenaikan bila berhasil menang di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kemenangan atas Brunei Darussalam di leg kedua membuat Timnas Indonesia akan mendapat tambahan poin 8,66 poin.

Dengan tambahan poin 8,66 lagi, maka total skuat Garuda akan memiliki 1.070,19 poin dan berpotensi naik dua peringkat ke urutan 144 ranking FIFA.

Baca Juga

4. Shin Tae-yong Siap Catatkan 20 Kemenangan di Timnas Indonesia

Saat ini Shin Tae-yong tercatat sudah memperoleh 19 kali kemenangan sejak membesut Timnas Indonesia pada 28 Desember 2019 lalu.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah memimpin skuat senior dalam 35 laga. Dari jumlah tersebut, Garuda memperoleh 19 kemenangan, sembilan imbang, dan tujuh kali kalah.

Bila mampu menang atas Brunei Darussalam di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, maka Shin Tae-yong genap mencatat 20 kemenangan di Timnas Indonesia.

Baca Juga
FIFAPSSIBrunei DarussalamTimnas IndonesiaShin Tae-yongKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini