x

Sakit Hati Batal Beli Man United, Sheikh Jassim Siap Sulap Tottenham Jadi Raksasa

Rabu, 18 Oktober 2023 12:17 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Sakit hati batal beli Manchester United, Sheikh Jassim siap sulap Tottenham Hotspur jadi raksasa Liga Inggris (Premier League).

INDOSPORT.COM - Sakit hati batal beli Manchester United, konglomerat Sheikh Jassim siap menyulap Tottenham Hotspur menjadi raksasa Liga Inggris (Premier League).

Dilansir The Sun, Sheikh Jassim dapat melayangkan tawaran untuk membeli Tottenham setelah mundur dari akuisisi Manchester United.

Baca Juga

Taipan Qatar itu memang tengah dikaitkan untuk membeli klub Liga Inggris sejak awalnya tertarik untuk membeli sang peraih 20 gelar Liga Inggris.

Sheikh Jassim diketahui sudah melayangkan tawaran 5 miliar pound untuk membeli Manchester United, tetapi sudah mengundurkan diri.

Dengan demikian, Sir Jim Ratcliffe menjadi sosok terdepan untuk membeli 25 persen saham Manchester United sebesar 1,4 miliar pound.

Sementara itu, Sheikh Jassim dilaporkan mengalihkan perhatiannya ke Spurs setelah mencampakkan Setan Merah menurut The Mirror.

Baca Juga

Tim berjuluk The Lilywhites tersebut juga tertarik dibeli oleh pemilik Paris Saint-Germain (PSG), Qatar Sports Investments (QSI).

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, diketahui juga memainkan peran dalam proposal tawaran Shekh Jassim ke Man United sehingga keduanya juga dapat dikaitkan tengah berdiskusi mengakuisis Tottenham.

Qatar memang sudah tertarik dengan klub asal London Utara itu sedari dahulu, sedangkan Sheikh Jassim memang menjadikan Tottenham Hotspur sebagai alternatif jika gagal mengakuisisi Manchester United.

Hal ini kiranya yang membuat fans Manchester United tambah ketar-ketir lagi apabila Sheikh Jassim sampai benar-benar mengakuisisi Tottenham Hotspur.

Baca Juga

1. Takut Kalah Saing dengan Tottenham

Selebrasi Micky van de Ven di laga Luton Town vs Tottenham Hotspur. (Foto: REUTERS/David Klein)

Kedigdayaan Manchester United sebelumnya hanya dapat disaingi oleh beberapa klub saja saat masih ditukangi Sir Alex Ferguson.

Sampai-sampai Sheikh Mansour membeli Manchester City pada 23 September 2008 silam di mana lambat laun The Citizens mampu menyaingi Manchester United.

Baca Juga

The Citizens meraih trofi ketiga Liga Inggris mereka pada 2011/2012 saat mereka menang dramatis 3-2 atas Queen Park Rangers pada menit-menit terakhir yang membuat Sergio Aguro cs saat itu juara.

Man City kemudian berhasil menjuarai Liga Inggris lagi pada 2013/2014 setelah Sir Alex Ferguson mengumumkan pensiun melatih Setan Merah semusim sebelumnya.

Kemudian, Manchester City melanjutkan dominasinya sejak era kedatangan Pep Guardiola dengan menjuarai Liga Inggris pada 2017/18, 2018/19, 2020/21, 2021/22, dan 2022/23 (bahkan meraih treble winner).

Hal ini membuktikan bahwa investasi uang Timur Tengah yang tepat guna membuat Manchester Biru menjadi sangat digdaya, sementara Man United justru tidak mampu berbuah banyak di Liga Inggris.

Baca Juga

Hal yang sama kiranya juga ditakuti fans Man United apabila Sheikh Jassim sampai membeli Tottenham Hotspur sehingga Spurs siap dijadikan tim raksasa layaknya Manchester City.

Terlebih lagi, Tottenham berada dalam tren bagus pada 2023/2024 ini dengan belum terkalahkan sekali pun di semua ajang.

Dengan uang yang diinvestasikan Sheikh Jassim di mana kiranya juga harus tepat guna, tak menutup kemungkinan Tottenham Hotspur bisa menjadi Manchester City 2.0.

Dilansir dari Football London, Forbes melaporkan bahwa valuasi Tottenham Hotspur saat ini berada di angka 2,3 miliar poundsterling atau kurang dari setengah valuasi Manchester United yang ditawar Sheikh Jassim.

Sementara itu, Offthepitch mengabarka bahwa Daniel Levy diketahui mematok Tottenham sekitar 4 miliar poundsterling dan juga mempertimbangkan bakal menjual hingga 25 persen sahamnya.

Sekadar informasi, Daniel Levy dan keluarganya memiliki 29,88 persen saham di Enic, perusahaan investasi yang memiliki 86,58 persen kepemilikian Tottenham Hotspur.

Baca Juga
Manchester UnitedTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga InggrisSheikh Jassim

Berita Terkini