x

Profil Sergio Aguero, Bomber Tajam Naturalisasi Malaysia Calon Mesin Gol Baru Persija Jakarta

Jumat, 20 Oktober 2023 05:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Persija Jakarta membuar gempar dengan isu ketertarikan mereka pada Sergio Aguero jelang dibukanya bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta membuar gempar dengan isu ketertarikan mereka pada Sergio Aguero jelang dibukanya bursa transfer paruh musim Liga 1 2023/2024.

Saat ini penyerang berpaspor Malaysia kelahiran Argentina tersebut masih membela Sir Pahang FC namun dalam waktu dekat ia bisa menyebrang untuk menjajal kompetisi kasta teratas Indonesia.

Baca Juga

Isu mengenai ketertarikan Persija pada Aguero dihembuskan oleh Zulhelmi Zainal Azam dari Astro Arena pada Rabu (18/10/23) lalu.

Zulhelmi juga memberikan kode jika ada satu klub Malaysia lain, diduga Kuala Lumpur City FC, juga akan menyaingi Macan Kemayoran mendapatkan servis bintang 29 tahun tersebut.

"Sergio Aguero bakal tinggalkan Liga Malaysia. Pemain naturalisasi Malaysia tersebut diyakini mendapatkan tawaran menggiurkan dari Persija Jakarta," klaim Zulhelmi lewat akun Twitter-nya.

Lalu siapa sebenarnya sosok Aguero ini?. Bagaimana rekam jejak karier serta rapornya selama berada di Liga Malaysia dan kemudian membela timnasnya?. Berikut ulasan profilnya.

Baca Juga

Sergio Fabian Ezequiel Aguero lahir pada 7 April 1994 silam di La Rioja, Argentina.

Ia mulai belajar tentang sepakbola sejak usia dini sampai pada akhirnya menjadi bagian dari akademi salah satu klub terbesar Argentina, River Plate.

River Plate punya reputasi luar biasa dalam menelurkan bakat-bakat negeri Tango seperti Enzo Fernandez dan Julian Alvarez di masa kini sampai Gonzalo Higuain juga Javier Mascherano yang jadi ikon masa lampau.

Hanya saja Aguero tidak terlalu beruntung. Persaingan ketat memaksanya untuk pindah ke akademi All Boys yang masih masih bermarkas dengan kota yang sama dengan River Plate, Buenos Aires.

Baca Juga

1. Berkarier di Malaysia dan Dinaturalisasi

Logo Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Di level profesional, Sergio Aguero juga tidak begitu hoki dengan ia sampai harus merantau ke Hungaria untuk mewujudkan mimpi mendapatkan penhasilan dari mengolah si kulit bundar.

Tatabanya jadi klub senior pertamanya pada 2015 silam dan selama setahun di sana ia mengemas 10 gol dan tujuh dari 16 penampilan liga.

Baca Juga

Statistik tersebut membuat Melaka United FC, kesebelasan Malaysia yang sudah dibubarkan sejak 2022 lalu menaruh perhatian pada Aguero.

Aguero pun Melaka daratkan pada 2016 dan dari sanalah ia memulai karier di Liga Malaysia.

Selang tujuh tahun kemudian jumlah klub Malaysia yang Aguero bela sudah bertambah menjadi enam.

Pasca membersamai Melaka United, ia juga sempat berbaju Serawak United, Penang FA, Kuala Lumpur Rovers, Perak FC, dan terkini Sri Pahang.

Baca Juga

Aguero laku di Malaysia karena track recordnya yang cukup baik. Salah satu musim tertajamnya di sana adalah ketika membela Penang di 2019-2020 dengan sembilan gol dan sembilan assist dari 22 penampilan saja.

Tidak heran jika kemudian federasi sepakbola Malaysia kemudian menawarkan paspor negara mereka lewat jalan naturalisasi pada pemain bertinggi 177 cm itu.

Tawaran tersebut kemudian diterima Aguero. Ia termasuk satu angkatan dengan sejumlah pemain kacukan Harimau Malaya lainnya seperti Lee Tuck, Dion Cools, dan Paulo Josue. Kini dua gol dan enam caps sudah ada di genggamannya.

Cukup jarang ada pemain Malaysia yang memilih berkarier di Liga 1. Bila Sergio Aguero betul akan membela Persija Jakarta, tentunya kompetisi sepakbola nomor satu di Indonesia itu akan jauh lebih berwarna.

Baca Juga
Persija JakartaMalaysiaSergio AgueroPahang FALiga 1Indepth

Berita Terkini