x

Bedah Formasi Manchester City Bersama Roberto De Zerbi: Bisa Rajai Eropa Lagi?

Senin, 23 Oktober 2023 13:57 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Roberto De Zerbi saat laga Liga Inggris antara Brighton & Hove Albion vs Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM – Bakal seperti apa formasi Manchester City andai Roberto De Zerbi resmi gantikan Pep Guardiola sebagai pelatih kepala. Mampukah The Citizens rajai Liga Inggris dan kompetisi Eropa lagi?

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal Roberto De Zerbi bakal jadi penerus Pep Guardiola sebagai pelatih Manchester City memang sedang berhembus kencang.

Baca Juga

Pep Guardiola diklaim menunjuk Roberto De Zerbi menjadi suksesornya di Manchester City setelah anak asuhnya ditahan imbang skuat De Zerbi di Amex Stadium pada (25/05/23) lalu.

Melansir dari The Telegraph, Pep Guardiola pernah memuji Roberto De Zerbi dan menganggapnya sebagai juru taktik paling berpengaruh dalam 20 tahun terakhir.

Di tangan De Zerbi, Brighton menjadi salah satu kuda hitam terkuat Liga Inggris saat banyak yang mengira The Seagulls sudah mencapai puncak potensinya dalam asuhan Graham Potter.

De Zerbi bahkan mampu membawa Brighton & Hove Albion ke kompetisi Eropa untuk pertama kalinya setelah finis di peringkat keenam Liga Inggris 2022/2023.

Baca Juga

Berbekal kualitas dan prestasi yang dimiliki, kehadiran Roberto De Zerbi diprediksi bisa membuat Manchester City melanjutkan tren positifnya di Liga Inggris jika ditinggal Pep Guardiola.

Bahkan dengan dukungan dana dari sang pemilik klub, tampaknya bukan hal yang sulit bagi Roberto De Zerbi untuk kembali membawa Manchester City rajai kompetisi Eropa.

Dengan gaya bermain dan taktik yang tak jauh berbeda, Manchester City era Roberto De Zerbi nanti berpotensi kian agresif.

Lantas bakal seperti apakah formasi Manchester City andai resmi dilatih Roberto De Zerbi? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. Era Baru Manchester City Bersama De Zerbi

Selebrasi Erling Haaland usai mencetak gol di laga Manchester City vs Nottingham Forest (23/09/23). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Roberto De Zerbi kerap memakai taktik 4-2-3-1 untuk memimpin Brighton di Liga Inggris musim ini.

Taktik ini cukup mirip dengan 4-3-3 ala Pep Guardiola yang selalu digunakan selama menukangi Manchester City.

Baca Juga

Jika menggunakan 4-2-3-1 ala Roberto De Zerbi, maka starting Manchester City tak akan alami perubahan cukup besar.

Kuartet pertahanan masih akan jadi milik Josko Gvardiol, Manuel Akanji, Ruben Dias serta Kyle Walker.

Manuel Akanji dan Ruben Dias bakal jadi duet center back, sementara Josko Gvardiol dan Kyle Walker akan berada di posisi bek sayap.

Selain membantu pertahanan, kehadiran mereka berdua akan turut membantu penyerangan melalui pergerakan overlap.

Baca Juga

Keempat pemain bertahan tersebut bakal membuat tugas Ederson sebagai orang terakhir alias penjaga gawang Manchester City kian mudah.

Kemudian di lini tengah, duet Rodri dan Kevin De Bruyne sebagai deep lying playmaker akan jadi motor serangan serta pengalir bola buat Manchester City.

Berbekal ketangguhan Rodri dalam memutus serangan, ditambah akurasi umpan De Bruyne yang apik, praktis lini tengah Manchester City akan terlihat solid.

Belum lagi kehadiran pemain di sepertiga pertahanan lawan yang berisikan Jack Grealish, Julian Alvarez dan Phil Foden, membuat serangan counter Manchester City jadi senjata mematikan buat lawan.

Baca Juga

2. Haaland Masih Jadi Andalan

Selebrasi pemain Manchester City, Erling Haaland dengan pelatih Pep Guardiola dengan trofi usai memenangkan pertandingan melawan Sevilla pada laga Piala Super UEFA 2023. (Foto: REUTERS / Alkis Konstantinidis)

Sama seperti era Pep Guardiola, nantinya Jack Grealish dan Phil Foden akan menempati posisi winger kiri serta kanan.

Peran ini sangat vital buat taktik De Zerbi, terbukti Brighton asuhannya kerap kali mencetak gol dari sisi sayap yang biasanya ditempati Kaoru Mitoma dan Solly March.

Tak cuma pemain sayap, De Zerbi juga butuh kehadiran second striker atau trequartista untuk membantu ujung tombak mendapat ruang tembak.

Dari kondisi skuat Manchester City saat ini, nama Julian Alvarez yang sudah mencetak 4 gol dan memberikan tiga assist sepanjang musim 23/24, bakal layak mendapat tempat utama.

Terakhir di posisi striker, ada Erling Haaland yang dipastikan bakal mengisi ujung tombak Manchester City.

Dengan bekal 9 gol di Liga Inggris musim ini, jelas Erling Haaland merupakan senjata utama De Zerbi untuk membuat Manchester City kian perkasa di kompetisi Eropa.

Manchester City XI (4-2-3-1):
Ederson; Josko Gvardiol, Manuel Akanji, Ruben Dias, Kyle Walker; Rodri, Kevin De Bruyne; Jack Grealish, Julian Alvarez, Phil Foden; Erling Haaland.

Bursa TransferManchester CityPep GuardiolaLiga InggrisBerita TransferRoberto De Zerbi

Berita Terkini