x

Mengenang Tragedi Pilu Kecelakaan Helikopter yang Renggut Nyawa Bos Leicester City

Senin, 23 Oktober 2023 16:18 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengenang tragedi pilu bos klub Liga Inggris (Premier League), Leicester City, yakni Vichai Srivaddhanaprabha yang tewas akibat kecelakaan helikopter.

INDOSPORT.COM – Mengenang tragedi pilu bos klub Liga Inggris (Premier League), Leicester City, yakni Vichai Srivaddhanaprabha yang tewas akibat kecelakaan helikopter.

Hampir lima tahun silam, sebuah tragedi memilukan hadir dari sepak bola Inggris kala bos Leicester City dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan helikopter.

Baca Juga

Kecelakaan helikopter yang merenggut nyawa Vichai Srivaddhanaprabha itu terjadi pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 2018 atau sesaat setelah duel melawan West Ham United.

Setelah lepas landas, helikopter terjatuh dan kemudian merenggut nyawa Vichai beserta empat nyawa lainnya, yakni pilot, Nursara Suknamai, Kaveporn Punpare, dan Izabela Roza Lechowicz.

Dalam laporan yang ada, sesaat setelah helikopter jatuh, kiper Leicester kala itu, yakni Kasper Schmeichel berlari ke luar stadion.

Lalu dalam laporan lainnya, seorang saksi mata kecelakaan itu menyebut bahwa helikopter sempat mengudara sebelum hilang kendali.

Baca Juga

Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat atau AAIB pun menyebut bahwa kecelakaan yang merenggut lima nyara itu dikarenakan kerusakan pada pedal pengontrol baling-baling di bagian ekor.

Kerusakan itu terjadi karena sistem akurasi kontrol baling-baling tersebut terputus, sehingga pilot kehilangan kendali terhadap helikopter dan terjatuh.

Kejadian tersebut pun menjadi duka mendalam bagi pendukung Leicester maupun penduduk kota Leicester secara keseluruhan.

Sebab, Vichai sendiri merupakan sosok penting dalam kesuksesan klub dan juga banyak berkontribusi terhadap kota Leicester.

Seperti apa kiprah dan sumbangsih Vichai Srivaddhanaprabha terhadap kota Leicester dan juga Leicester City? Berikut rangkuman INDOSPORT.

Baca Juga

1. Kontribusi Besar Vichai Srivaddhanaprabha

Vichai Srivaddhanaprabha dan Leicester City saat merayakan juara Liga Inggris 2015/16.

Vichai Srivaddhanaprabha adalah seorang pebisnis kaya dari Thailand. Ia memiliki nama asli Vichai Raksriaksorn, dan nama Srivaddhanaprabha sendiri adalah sebuah gelar kehormatan.

Gelar kehormatan itu diberikan oleh Raja Thailand pada 2009. Gelar Srivaddhanaprabha sendiri memiliki arti Cahaya Kemakmuran yang Berkilauan.

Baca Juga

Seperti gelar yang didapatkannya itu, Vichai benar-benar memberi cahaya kemakmuran bagi kota Leicester, termasuk Leicester City yang dikuasainya sejak 2010.

Berbekal bisnis yang dirintisnya dari nol yakni King Power, Vichai mampu menyulap Leicester City dari tim kasta kedua menjadi kampiun Liga Inggris 2015/2016.

Pada 2010 silam, Vichai mengakuisisi Leicester dengan modal 39 juta poundsterling dan mengubah stadion klub berjuluk The Foxes itu dari Walker Stadium menjadi King Power Stadium.

Berkat kejeliannya di bidang bisnis itu, ia mampu mengubah wajah Leicester City menjadi salah satu kontestan terbaik di Liga Inggris sebelum degradasi pada musim 2022/2023 kemarin.

Baca Juga

Karena keberhasilannya menyulap Leicester City, Vichai mendapat gelar kehormatan dari University of Leicester pada tahun 2016 lalu.

Pengaruhnya bagi kota Leicester pun terbilang besar. Usai mengakuisisi Leicester City, ia membentuk Yayasan Foxes Leicester City untuk masyarakat lokal.

Terhitung sejak dibentuk pada 2011/2012 lalu hingga 2018 atau saat kematiannya, yayasan itu mampu mengumpulkan Rp38,8 miliar.

Dana tersebut kemudian dialihkan untuk membantu pendanaan renovasi rumah sakit dan membantu perlengkapan penyelamatan untuk anak-anak di unit perawatan.

Bahkan diketahui jika Vichai pernah menyumbang dari kantong pribadinya sebesar 4 juta poundsterling (Rp77,5 miliar) untuk kota Leicester, universitas, rumah sakit, dan juga amal.

Tak mengherankan jika saat Vichai meninggal, semua orang di kota Leicester berkumpul dan memberikan penghormatan kepadanya di Stadion King Power.

Baca Juga
Leicester CityVichai SrivaddhanaprabhaIn Depth SportsLiga InggrisIndepth

Berita Terkini