x

5 Fakta Mencengangkan Jelang Big Match Liga Champions PSG vs AC Milan

Rabu, 25 Oktober 2023 14:01 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Prediksi Pertandingan antara Paris Saint-Germain vs AC Milan (Liga Champions).

INDOSPORT.COM - Berikut beberapa fakta mencengangkan jelang big match Liga Champions 2023-2024 antara Paris Saint-Germain (PSG) vs AC Milan, Kamis (26/10/23) pukul 02.00 dini hari WIB.

Seperti diketahui, Liga Champions Eropa 2023-2024 telah memasuki pekan ketiga. Duel yang paling menarik untuk ditunggu yakni laga PSG menjamu AC Milan.

Baca Juga

Dalam duel yang akan berlangsung di Parc des Princes dini hari WIB, kedua tim diprediksi akan bertarung sengit. Pasalnya, kedua tim tengah berada dalam tren positif.

tak tersentuh kekalahan dalam 4 pertandingan terakhir di kompetisi domestik, yang membuat mereka kini bercokol di peringkat 3 klasemen sementara Liga Prancis (Ligue 1).

Bertindak sebagai tuan rumah, PSG tentunya ingin melanjutkan tren positif mereka di Liga Prancis tersebut ke kompetisi Eropa. Apalagi, dalam pertandingan Liga Champions terakhir, mereka baru saja dipermalukan Newcastle United dengan skor mencolok, 1-4.

Di sisi lain, AC Milan juga bukan lawan yang mudah dikalahkan. Rossoneri, julukan AC Milan, mungkin baru saja kalah oleh Juventus di Liga Italia, namun itu tak mengubah status mereka sebagai salah satu tim berpenampilan terbaik di Negeri Pizza saat ini.

Hingga pekan ke-9, skuat Stefano Pioli masih nyaman di peringkat 2 klasemen Lga Italia, hanya terpaut 1 poin atas musuh bebuyutan mereka, Inter Milan, di puncak. 

AC Milan juga memegang rekor mentereng setiap saat melawan PSG di kompetisi Eropa. Mereka tak pernah tersentuh kekalahan dalam 3 pertemuan.

Baca Juga

Namun, status sebagai tim tamu tentunya akan sedikit menyulitkan Rossoneri. Pasalnya PSG dikenal cukup perkasa saat bermain di kandang.

Dengan situasi ini, para penggemar kedua tim agaknya harus bersiap menyaksikan tim kesayangan mereka berbagi angka dalam laga Kamis dini hari WIB nanti.

Jelangg big match Liga Champions antara PSG vs AC Milan, INDOSPORT juga telah merangkum adanya beberapa fakta mengejutkan. Apa saja itu?

Baca Juga

1. PSG dan AC Milan Bertemu Lagi Setelah 23 Tahun

Prediksi Pertandingan antara Paris Saint-Germain vs AC Milan (Liga Champions).

PSG dan AC Milan akhirnya dipertemukan kembali setelah penantian 23 tahun lamanya. Terakhir kali mereka bersua saaj fase grup Liga Champions musim 2000-2001 silam.

Dalam duel dua leg di fase grup kala itu, PSG dan AC Milan sama-sama bermain imbang dengan skor sama yakni 1-1.

Beberapa tahun sebelumnya, AC Milan dan PSG juga pernah bertemu di semifinal Liga Champions 1994-1995 silam.

Kala itu AC Milan sukses memenangkan laga dengan skor agregat 3-0. Zvonimir Boban mencetak gol kemenangan pada menit ke-90 pada leg pertama di Parc des Princes.

Di leg kedua, AC Milan menang 2-0 berkat dua gol Dejan Savicevic di San Siro dan menyelesaikan kemenangan agregat 3-0.

Sama-sama Diterpa Badai Cedera

Dalam big match Liga Champions antara PSG dan AC Milan, kedua tim sama-sama diterpa kabar buruk dengan cederanya sejumlah pilar.

Kabar buruk datang dari Marco Asensio usai menjalani tugas internasional bersama Timnas Spanyol. Pada laga kontra Georgia, Jumat (8/9/23) lalu, ia harus meninggalkan lapangan jelang akhir babak pertama.

Dilansir dari PSG Talk, Asensio harus meninggalkan lapangan karena mengalami memar pada kakinya.

Kemudian ada Presnel Kimpembe yang mengalami cedera terbilang parah. Cedera pada tendon achilles sebelah kanan memaksanya sampai harus naik meja operasi.

Selian itu, ada Penjaga gawang Paris Saint-Germain, Sergio Rico, mengalami kecelakaan yang membuatnya mendapatkan beberapa cedera berat di kepala. Hal itu didapat saat berkuda pada Mei lalu, hingga ia mengalami koma.

Pada bulan lalu, Rico akhirnya terbangun dari koma dan tetap harus mendapat perawatan serius di intensive care unit (ICU), Rumah Sakit Virgen, Seville.

Di kubu AC Milan, mereka telah mengonfirmasi bahwa bek tengah Italia, Mattia Caldara, akan absen sepanjang sisa tahun ini setelah menjalani operasi cedera pergelangan kaki yang sukses. 

Meskipun berhasil, pemulihan dari jenis cedera ini memerlukan waktu yang cukup lama. Caldara diharapkan absen selama setidaknya tiga bulan saat dia berjuang untuk pulih sepenuhnya.

Selanjutnya ada Samuel Chukwueze cedera saat menjalani tugas internasional bersama timnas Nigeria. Kabarnya ia mengalami cedera hamstring.

Masalah itu dialami Chukwueze di paha kirinya. Akibatnya ia absen membela Nigeria di laga lawan Mozambik.

Kemudian Ismael Bennacer mengalami cedera lutut saat AC Milan tumbang dari Inter di semifinal Liga Champions pertengahan Mei kemarin.

Sang gelandang sendiri sudah menjalani operasi untuk memulihkan problem di lutut kanannya, dan kini hanya perlu menjalani rehabilitasi untuk penyembuhan total.

Perang Saudara

Bek sayap PSG, Lucas Hernandez dan bek Milan, Theo Hernandez merupakan saudara. Keduanya lahir di Marseille, mereka menandatangani kontrak dengan Atletico de Madrid pada 2007 silam.

Keduanya tercatat dalam catatan klub hingga Theo menandatangani kontrak dengan Real Madrid pada 2017 lalu.

Dua musim berseragam Real Madrid, Theo Hernandez memutuskan untuk hengkang ke AC Milan di bursa transfer musim panas 2019.

Berbeda dengan Lucas Hernandez yang masih bertahan di Atletico hingga 2019 dan memilih bergabung ke Bayern Munchen.

Dari Bundesliga Jerman, Lucas Hernandez kemudian hengkang ke PSG pada bursa transfer musim panas 2023 lalu.

Head to Head dan Catatan 5 Laga Terakhir Kedua Tim

Head to Head

5 Pertandingan Terakhir PSG

5 Pertandingan Terakhir AC Milan

Liga ChampionsAC MilanParis Saint-GermainPSG

Berita Terkini