x

Ancur Lebur di Liga Champions, 5 Pelatih Ini Layak Gantikan Stefano Pioli di AC Milan

Kamis, 26 Oktober 2023 12:36 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Paris Saint Germain, Lucas Hernandez bersama Theo Hernandez pemain AC Milan setelah pertandingan pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Prancis, Kamis (26/10/23). (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

INDOSPORT.COM - AC Milan diambang tersingkir dari Liga Champions karena mereka belum juga meraih kemenangan, posisi pelatih Stefano Pioli pun terancam dipecat.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan Liga Champions babak penyisihan grup F antara Paris Saint-Germain (PSG) vs AC Milan pada Kamis (26/10/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Bermain di Stadion Parc de Princes, PSG sukses meraih kemenangan telak 3-0. Padahal di menit-menit awal, AC Milan mampu mengimbangi perlawanan tuan rumah.

Hal itu bisa dilihat dari tidak adanya gol hingga setengah jam babak pertama. Kebuntuan baru pecah di menit ke-32, lewat aksi Kylian Mbappe.

Ia mengecoh Fikayo Tomori, lalu melepas tendangan ke tiang dekat yang sanggup membuat Mike Maignan tidak berkutik. Proses gol ini diawali dari penetrasi Zaire-Emery di lini tengah.

Skor 1-0 bertahan hingga jeda. Memasuki babak kedua, AC milan coba mengejar ketertinggalan, tetapi upayanya masih bisa dipatahkan.

Baca Juga

Alih-alih mencetak gol, gawang Mike Maignan malah kembali kebobolan di menit ke-53 lewat aksi Randal Kolo Muani. Skor berubah 2-0. 

Jelang berakhirnya pertandingan, PSG memperbesar keunggulan jadi 3-0 melalui gol Lee Kang-in menit ke-89. Skor itu bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini membuat PSG memuncaki klasemen Grup F dengan 6 poin, dan berpeluang lebih cepat untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Nasib berbeda dialami oleh AC Milan yang semakin sulit untuk memperpanjang nafasnya di ajang ini, karena sampai kini mereka tenggelam di dasar klasemen dengan 2 poin.

Hasil ini membuat PSG memuncaki klasemen Grup F dengan 6 poin, dan berpeluang lebih cepat untuk lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Nasib berbeda dialami oleh AC Milan yang semakin sulit untuk memperpanjang nafasnya di ajang ini, karena sampai kini mereka tenggelam di dasar klasemen dengan 2 poin.

Nama pelatih Stefano Pioli pun menjadi sorotan karena tak kunjung mengangkat performa AC Milan di Liga Champions musim ini, ia juag jadi sosok yang paling bertanggung jawab andai Rossoneri tersingkir.

Bukan tidak mungkin ancaman pemecatan bakal segera ia terima, lalu siapa penggantinya?

Baca Juga

1. Andrea Pirlo

Mantan Pelatih Juventus, Andrea Pirlo

Legenda timnas Italia, Andrea Pirlo mengakui dirinya sudah sempat mendiskusikan peluang untuk melatih AC Milan jika ada kesempatan.

Melansir dari Goal, pengakuan itu diutarakan oleh Pirlo ke mantan direktur olahraga AC Milan, Paolo Maldini, terkait niatnya untuk duduk di kursi panas San Siro.

Baca Juga

"Kami sudah membicarakan itu (peluang latih AC Milan). Akan tetapi, itu hanya obrolan antara kawan (dengan Maldini)," akui Pirlo.

"Sayangnya beberapa orang merasa tersinggung karena melihat kinerja saya memulai karier pelatih di Juventus tanpa kemanjuan signifikan," tambahnya.

"Saya kemudian lebih memilih untuk membiarkan lapangan yang berbicara," katanya lagi.

Akan tetapi keinginan itu masih belum terwujud, karena ia memilih untuk menukangi Sampdoria. Di sisi lain, AC Milan juga telah memecat Maldini.

Tetapi namanya bisa saja jadi pertimbangan jika Pioli dipecat, karena Pirlo merupakan salah satu legenda klub yang mengenal betul tim ini.

Baca Juga

Antonio Conte

Melansir dari Corriere Della Sera, AC Milan, Inter Milan, AS Roma dan Juventus disebut-sebut jadi kandidat yang bakal dilatih Antonio Conte musim depan.

Sang alenatore sendiri saat ini tengah menganggur tak mempunyai klub usai dipecat oleh Tottenham Hotspur pada Maret 2023 lalu.

Berstatus pengangguran, Antonio Conte kini mulai menimbang-nimbang klub manakah yang akan merasakan tangan dinginnya.

Untuk AC Milan, nama Conte sudah sering disebut oleh petinggi klub untuk jadi pelatih berikutnya saat Direktur Olahraga masih era Paolo Maldini.

Baca Juga

Bahkan Maldini dikabarkan sudah sejak lama melakukan pendekatan terhadap Conte, bahkan sebelum sang pelatih dipecat Tottenham Hotspur.

Jika AC Milan kini mulai bergerak untuk mendekati Conte, maka ini akan jadi drama ‘pembelotan’ untuk kesekian kalinya dari Inter Milan.

Seperti diketahui, sebelum melatih Tottenhan Hotspur, Antonio Conte pernah mengantarkan rival tetangga AC Milan, Inter, memenangkan gelar Liga Italia 2020-2021.

Di sisi lain, upaya AC Milan untuk mendatangkan Antonio Conte nantinya juga bakal membuat nasib juru taktik Rossoneri saat ini, Stefano Pioli, berada di ujung tanduk.

Roberto De Zerbi

Rumor mendekatnya Roberto De Zerbi sebagai pelatih baru AC Milan sejatinya memang sudah berhembus sejak beberapa musim terakhir.

Pasalnya, tangan dingin pelatih asli Italia tersebut dianggap bisa mengembalikan atau minimal mempertahankan laju impresif AC Milan.

Musim lalu, AC Milan mampu bertengger di papan atas Liga Italia dan bisa menembus babak semifinal Liga Champions. Namun musim ini, mereka babak belur.

AC Milan tak bisa berbuat banyak ketika berhadapan dengan tim-tim besar baik di kompetisi domestik maupun Eropa. Di Serie A, Rossoneri selalu tumbang melawan dua tim tangguh, Inter dan Juventus.

Di Liga Champions lebih parah lagi, mereka tak bisa meraih kemenangan satu pun dari 3 pertandingan sejauh ini. Alhasil AC Milan kini tenggelam di dasar klasemen grup F.

Roberto De Zerbi diharapkan bisa memperbaiki performa AC Milan sebelum terlambat.


2. Ignazio Abate

Ignazio Abate, bek AC Milan.

Ignazio Abate tumbuh dan berkembang dari akademi sepak bola AC Milan. Dia pernah memenangkan gelar Serie A selama bermain untuk Rossoneri.

Setelah pensiun pada 2019, Abate menekuni karier sebagai pelatih. Dia memulai karier kepelatihannya bersama tim U-16 Rossoneri.

Pada Juli 2022, Abate dipercaya untuk menangani tim u-19 Milan. Jika Stefano Pioli harus pergi, Abate punya peluang naik menggantikannya.

Daniele Bonera

Saat ini Daniele Bonera menjabat sebagai salah satu pelatih teknik AC Milan. Dia bisa dipertimbangkan manajemen Rossoneri apabila mereka berpisah dengan Stefano Pioli.

Bonera pernah memimpin skuad Milan ketika Pioli harus menepi karena terpapar COVID-19. Mantan bek Rossoneri tersebut punya rekam jejak yang bagus ketika memimpin Simon Kjaer dan kolega.

Dari tiga pertandingan yang dijalani, Bonera tampil tak terkalahkan dengan rincian dua kemenangan dan satu hasil imbang. Itu bisa menjadi modal bagi dirinya jika ditunjuk sebagai pelatih kepala Milan.

Liga ChampionsAC MilanStefano Pioli

Berita Terkini